7 Daftar Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan

Usaha Ternak Modal 300 ribu

Usaha hewan ternak cukup menjanjikan sebab menjadi konsumsi masyarakat karena mengandung berbagai vitamin dan menyehatkan tubuh. Tak ayal usaha ternak menjadi usaha yang menguntungkan, Anda bisa mulai usaha ternak modal 300 ribu di rumah. Pilihlah jenis hewan ternak yang sesuai dengan apa yang Anda sukai agar semangat saat menjalankan usaha ternak.

Ada berbagai usaha ternak yang bisa Anda mulai di lahan yang sempit. Namun seiring berjalannya waktu pastinya Anda tetap akan membutuhkan lahan yang lebih luas karena semakin besar usaha ternak maka akan membutuhkan lahan yang besar juga.

Bacaan Lainnya

Daftar Usaha Ternak Modal Kecil Tapi Menguntungkan

Usaha ternak juga mempunyai banyak peminat karena pangsa pasarnya luas dan tidak pernah sepi. Anda bisa memulai usaha di rumah dengan peralatan seadanya, dan bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Berikut ini adalah beberapa usaha ternak yang mudah dan murah, antara lain:

1. Budidaya Ikan Hias

Ikan Hias

Pecinta ikan hias tersebar di seluruh daerah, walaupun harga ikan hias tergolong mahal tetapi usaha ternak ikan hias modalnya terjangkau. Anda bisa memilih jenis ikan hias yang diminati masyarakat, misalnya ikan cupang, ikan mas, ikan guppy dan lainnya.

Budidaya ikan hias termasuk usaha ternak yang bisa Anda jalankan dengan modal 300 ribu dan berpotensi mendapatkan keuntungan besar karena pecinta ikan hias semakin banyak. Selain itu perawatan ikan hias cukup mudah dan tidak menyenangkan bagi orang yang suka memelihara ikan.

Anda juga bisa memulai usaha ini meski hanya mempunyai lahan yang sempit di rumah. Jadi tidak ada alasan lagi soal lahan untuk memulai usaha ternak.

Baca Juga : 7 Tips Merawat Ikan Cupang Untuk Pemula di Rumah

2. Ternak Ayam

Tips Beternak Ayam Kampung

Ternak ayam menjadi pilihan masyarakat di pedesaan karena modalnya murah, Anda tinggal membeli beberapa ayam jantan dan betina untuk dipelihara di kandang. Bahkan lahan ternak ayam tidak terlalu luas, Anda bisa memelihara di halaman rumah maupun belakang rumah.

Ternak ayam termasuk usaha ternak yang menguntungkan, jika usaha tersebut berjalan lancar. Anda bisa menyewa lahan sempit untuk ternak ayam sehingga keuntungannya semakin besar. Jika dilakukan sungguh-sungguh, usaha ternak modal 300 ribu tersebut bisa sukses dan dikenal seluruh wilayah.

Atau Anda bisa membeli anak ayam kemudian dibesarkan dan dijual kembali. Jika sudah mempunyai banyak ayam, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari menjual telur ayam.

Baca Juga : Analisa dan Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Untung Besar

3. Usaha Ternak Lele

Usaha Ternak Lele Modal dari 300 ribu

Usaha ternak lele bisa menjadi pilihan lain jika modalnya minim. Anda bisa membeli terpal untuk membuat kolam lele di halaman rumah maupun belakang rumah, kemudian isi dengan air kolam tersebut. Taruh saja bibit lele pada kolam buatan tersebut, jangan lupa untuk memberikan pakan lele setiap hari agar pertumbuhannya cepat.

Anda juga bisa menggunakan media lain seperti ember bekas sebagai kolam. Beberapa waktu yang lalu juga sempat trend usaha lele dengan ember sambil menanam kangkung. Anda bisa meniru ide tersebut juga agar bisa memaksimalkan keuntungan.

Saat masa panen lele, Anda bisa menjalin kerjasama dengan penjual lele mentah maupun penjual lauk seperti pecel lele dan sebagainya. Otomatis Anda bisa cepat mendapatkan keuntungan karena bisa langsung diborong dan kerjasama juga bisa datang kapan saja saat Anda mulai dikenal sebagai peternak lele.

Baca Juga : Analisa dan Peluang Usaha Ternak Ikan Lele Paling Menguntungkan

4. Ternak Burung Puyuh

Telur Hasil Usaha Ternak Burung Puyuh modal 300 ribu

Usaha ternak modal 300 ribu selanjutnya adalah ternak burung puyuh. Daging dan telur burung puyuh pangsa pasarnya luas karena mempunyai rasa yang lezat. Jika ingin memulai usaha ternak burung puyuh, Anda bisa menyiapkan kandang untuk indukan, penetasan dan perawatan anak puyuh.

Ternak burung puyuh termasuk usaha ternak yang cocok untuk anak muda, apalagi cara perawatannya mudah. Untuk pakan puyuh juga harus diperhatikan agar cepat berkembang, puyuh dibawah 3 minggu berikan pakan tepung dan puyuh lebih dari 3 minggu bisa mengkonsumsi biji.

Baca Juga : Analisa dan Peluang Usaha Ternak Telur Burung Puyuh

5. Ternak Kelinci

Kelinci

Ternak kelinci juga termasuk usaha ternak modal 300 ribu yang keuntungannya besar. Apalagi daging kelinci bisa diolah menjadi nugget, sate, abon dan olahan lain yang diekspor ke luar negeri. Alhasil keuntungan bisa milyaran jika sudah ekspor ke negara tetangga.

Dengan modal 300 ribu, Anda bisa mendapatkan beberapa pasang kelinci yang dapat menjadi modal usaha ternak Anda di rumah.

Ternak kelinci mudah dilakukan dan tidak membutuhkan lahan luas, Anda bisa membuat kandang di sekitar rumah. Yang terpenting kebersihan kandang harus dijaga agar kelinci selalu sehat, pastikan kelinci bebas dari polusi udara dan suara bising.

6. Ternak Udang

Usaha Ternak Udang bisa dengan modal 300 ribu

Potensi penghasilan ternak udang sangat besar, padahal masih termasuk usaha ternak modal 300 ribu. Anda bisa membuat tambak ukuran besar agar penghasilannya besar, jika lahan sempit bisa membuat kolam di halaman rumah dari terpal.

Saat masa panen udang, carilah rekan bisnis seperti restoran dan badan usaha lain agar Anda bisa suplai udang ke tempat mereka. Udang bisa diolah menjadi kerupuk, terasi, olahan makan udang maupun rempeyek.

7. Ternak Jangkrik

Jangkrik

Dengan modal 300 ribu Anda bisa mencoba untuk melakukan usaha ternak jangkrik. Jangan salah, jangkrik bisa Anda jual setiap hari kepada para peternak burung dan ikan.

Jadi kalau lingkungan Anda sudah banyak peternak burung maka hal tersebut merupakan kesempatan yang bagus untuk mencoba ternak jangkrik dan mendapatkan keuntungan.

Baca Juga :

Sebenarnya masih banyak usaha ternak modal 300 ribu yang menguntungkan. Tetapi beberapa jenis usaha ternak tersebut bisa Anda coba di rumah, yang terpenting adalah berusaha dan pantang menyerah sehingga usaha ternak Anda bisa menghasilkan keuntungan besar nantinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.