7 Tips Merawat Ikan Cupang Untuk Pemula di Rumah

Tips Merawat Ikan Cupang

Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara oleh orang-orang, baik itu kalangan anak-anak atau pun dewasa. Memang ikan Cupang ini memiliki keistimewaan tersendiri yang menjadikan orang-orang tertarik untuk memeliharanya. Untuk itulah Anda perlu menyimak tips merawat ikan cupang dengan baik berikut ini. Anda bisa mendapatkan ikan Cupang dengan cara membelinya. Ada banyak sekali penjual ikan Cupang yang ada di sekitar daerah anda.

Mereka yang membeli ikan Cupang biasanya memiliki alasan tersendiri. Seperti halnya karena tampilannya yang cantik, sehingga mereka tertarik untuk membelinya. Harganya pun bervariatif antara ikan Cupang yang satu dengan yang lainnya. Masing-masing jenis Ikan Cupang memiliki nilai harga yang berbeda. Jika anda tertarik untuk memeliharanya, maka akan sangat efektif bagi anda untuk membeli ikan Cupang.

Bacaan Lainnya

Akan tetapi, banyak orang juga yang menjadikan ikan Cupang sebagai peluang usaha untuk mendapatkan keuntungan. Melalui ternak Cupang, anda pun berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan. Banyak dari mereka yang sudah membuktikan keberhasilannya menjual ikan Cupang. Alhasil, keuntungan yang didapatkan pun sangat lumayan dan bermanfaat pastinya.

Tips Merawat Ikan Cupang

Bagi anda yang sudah memiliki ikan Cupang, pastinya ada satu hal yang harus anda lakukan yaitu perawatan. Jangan membiarkan ikan Cupang di dalam wadah saja, namun anda juga harus merawatnya sebaik mungkin. Bila perlu, anda harus mengembangbiakannya jika memiliki sepasang ikan Cupang. Dengan begitu, anda dapat melakukan perawatan secara matang.
Adapun beberapa tips merawat ikan Cupang yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut.

1. Mengganti Air 2 Kali Sehari

Tips yang dapat anda lakukan salah satunya adalah mengganti air sebanyak 2 kali sehari. Kebersihan dan kesehatan air menjadi salah satu hal penting yang dapat mempengaruhi kondisi ikan Cupang. Hal ini akan membuat ikan Cupang merasa lebih nyaman dengan kondisi air yang masih baru.

Maka dari itu, anda harus mengganti air sebanyak 2 kali sehari secara rutin. Selain memberikan kesehatan kepada ikan Cupang. Keindahan dari ikan Cupang milik anda juga akan tetap terjaga karena tidak ada kotoran yang menempel pada tubuh akibat kondisi air yang kotor.

2. Memindahkan Tanpa Menyentuh

Menyentuh ikan Cupang akan membuat kondisinya kurang baik, bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh. Kondisi yang sudah indah akan berubah menjadi jelek bilamana anda tidak bisa memindahkannya dengan baik. Untuk melakukannya, anda bisa menggunakan alat khusus untuk memindahkan ikan Cupang dari tempat satu ke tempat lainnya.

Biasanya dari tempat penjual cupang menjual alat untuk memindahkan ikan Cupang sekaligus. Anda bisa membelinya jika ingin melakukan perawatan ikan Cupang dengan baik. Dengan begitu, kondisi dari ikan Cupang tersebut nantinya tidak akan merusak kecantikannya.

3. Berikan Makanan Yang Tepat

Sudah pastinya perawatan ini wajib untuk anda lakukan agar kondisi ikan Cupang tetap terjaga. Akan tetapi, anda tidak boleh asal-asalan dalam memberikan makanan terhadap ikan Cupang. Terdapat dua macam makanan yang dapat dikonsumsi, yakni pakan yang hidup dan pakan yang mati.

Ikan Cupang akan lebih efektif bilamana diberikan pakan yang masih hidup. Seperti halnya anda menggunakan cacing sutra sebagai pakan ikan Cupang. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dari ikan Cupang dibandingkan dengan jenis makanan yang mati. Contoh untuk makanan kering seperti halnya pelet.

Meski begitu, memberikan makanan ikan Cupang jenis apapun tidak menjadikan permasalahan selama ikan Cupang menyukainya. Namun sebisa mungkin anda memberikan makanan terbaiknya agar ikan Cupang suka. Dengan begitu, ikan Cupang akan terawat dengan baik hingga jangka waktu yang panjang. Memberikan makanan yang tepat menjadi salah satu cara merawat ikan Cupang yang wajib anda lakukan.

Baca Juga : 10 Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Makan

4. Beri Daun Ketapang Kering

Tips yang selanjutnya dapat anda lakukan untuk merawat ikan Cupang adalah memberikan daun ketapang yang kering ke dalam kolam air. Hal ini bertujuan sebagai antibiotik terhadap ikan Cupang. Sehingga, kondisi kesehatan dari ikan Cupang itu sendiri akan terjaga dengan baik pastinya.

Daun ketapang kering merupakan antibiotik alami bagi ikan cupang. Ada keuntungan yang bisa anda dapatkan bilamana anda memberikan perawatan yang satu ini terhadap ikan Cupang. Salah satunya adalah ph air yang lebih optimal dan bagus untuk memulihkan kesehatan ikan Cupang. Perawatan yang satu ini harus anda lakukan jika ingin kondisinya tetap sehat.

5. Taruh Garam Untuk Ikan Cupang Hias

Bagi anda yang memelihara ikan Cupang hias, memberikan garam ke dalam air menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat untuk anda lakukan. Anda bisa memberikan garam secukupnya ke dalam air agar kondisi ikan Cupang merasa lebih baik.

Garam yang digunakan ini berfungsi sebagai penyeimbang osmosis dalam tubuh ikan cupang. Selain itu, garam tersebut mampu membantu penyembuhan luka dan menstabilkan metabolisme dari tubuh ikan cupang milik anda. Akan sangat cocok bagi anda bilamana menerapkan garam ke dalam tempat ikan Cupang yang anda pelihara. Untuk penaburan garam sebaiknya 0,1% saja supaya tidak menimbulkan efek samping.

6. Beri Metil Biru Saat Ekor Cupang Patah

Ekor ikan Cupang yang patah tentu menjadi salah satu hal yang cukup mengesalkan karena mempengaruhi kecantikan ikan Cupang. Akan tetapi, ada juga ikan Cupang yang masih tetap cantik meskipun ekornya patah-patah. Tergantung dari jenis ikan Cupang yang mengalami kondisi seperti ini.

Baca Juga : 28 Jenis Ikan Cupang Plakat dilengkapi Gambar dan Ciri-cirinya

Patahnya ekor ikan Cupang seringkali membuat panik, dan anda pastinya ingin menumbuhkannya kembali. Anda bisa memberikan metil biru secukupnya di air aquarium supaya kondisinya menjadi lebih baik. Dengan waktu kurang lebih satu minggu akan memberikan hasil yang memuaskan pastinya. Kondisi ikan Cupang anda yang ekornya patah akan berubah kembali seperti semula.

7. Obati Ikan Cupang yang Lemas atau Sakit

Ikan Cupang biasanya sering terkena penyakit atau mudah lemas. Tentu hal tersebut terjadi karena beberapa faktor seperti kondisi air yang tidak sehat, terlalu sering beraktivitas, dan berbagai macam hal lainnya. Hal ini dapat menimbulkan pada kesehatan ikan Cupang yang tadinya kondisi kesehatannya baik-baik saja, tiba-tiba berubah menjadi sakit.

Hal seperti ini tentu harus anda segera ditindak lanjuti, jangan membiarkan ikan Cupang terkena penyakit begitu saja. Anda bisa memberikan tetes metil biru, garam ikan, obat tetra chlor dan pomate bilamana ikan Cupang mengalami kondisi seperti ini. Hal tersebut tentu akan memulihkan kesehatan dari ikan Cupang yang anda pelihara. Perawatan yang satu ini sangat wajib untuk anda lakukan bilamana kondisi ikan Cupang sudah mengalami kendala tersebut.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips merawat ikan Cupang yang dapat anda lakukan. Perawatan pada ikan Cupang wajib untuk dikuasai oleh pemelihara ikan Cupang. Sehingga, ikan Cupang yang dipelihara akan terjaga kondisinya dan akan memberikan hasil yang berkualitas pastinya. Semoga informasi tersebut bermanfaat, terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.