Peluang Usaha Ternak Ikan Lele

Analisa dan Peluang Usaha Ternak Ikan Lele Paling Menguntungkan

Usaha ternak ikan lele menjadi pilihan banyak orang karena untuk membudidayakan ikan satu ini terbilang cukup mudah, selain itu juga Lele merupakan jenis ikan yang mudah sekali berdaptasi di lingkungan apapun baik dataran tinggi maupun dataran rendah.

Lele juga merupakan jenis ikan yang mampu bertahan hidup di volume air yang cukup terbatas, sehingga ketika musim kemarau, jenis ikan seperti ini masih dapat hidup dengan sehat.

Berbicara tentang analisa dan peluang usaha ternak lele tentunya anda berpikir bagaimana cara mengembangkan peternakan lele untuk mendapatkan untung yang maksimal.

Kami merangkum informasi ini sedetail mungkin untuk memberikan gambaran kepada anda tentang bisnis usaha lele yang digandrungi banyak orang. Mari kita lihat informasinya dibawah ini.

Peluang Usaha Ternak Ikan Lele

Peluang Usaha Ternak Ikan Lele

Ikan Lele merupakan jenis ikan yang mudah sekali untuk di budidayakan karena pada dasarnya ikan ini mampu berdaptasi dengan lingkungan apapun.

Sebagai contoh saja, air untuk tempat hidup ikan lele ini tidak harus bersih atau bening, kemudian jenis pakannya juga tidak pilih – pilih. Anda hanya cukup menyediakan lokasi kolam dengan terpal atau kalau memang ada lahan bisa membuat denah kolam.

Prospek untuk ternak lele ini cukup tinggi, banyak masyarakat Indonesia yang menyukai ikan satu ini karena memiliki rasa yang gurih dan cocok sekali diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan.

Harga ikan lele di pasar juga cenderung stabil, baik naik atau turun karena di pengaruhi permintaan pasar. Harga bibit lele juga terbilang murah, sehingga anda bisa mendapatkan harga bersih dari penjualannya nanti.

Hal-Hal Yang di Persiapkan

Bagi anda yang ingin memulai usaha ternak lele, ada beberapa hal penting yang wajib untuk di perhatikan. Silahkan simak dibawah ini.

  • Pemilihan bibit lele kualitas unggul
  • Penyediaan lahan untuk kolam lele
  • Alat-alat untuk menunjang pertumbuhan lele
  • Pakan lele
  • pangairan kolam lele
  • Perawatan

Konsumen Ikan Lele

Membicarakan mengenai konsumen, hampir semua orang yang ada di desa maupun kota menyukai ikan lele.

Biasanya ikan jenis ini banyak dijadikan sebagai hidangan untuk acara – acara tertentu seperti Hajatan, seminar, rapat dan masih banyak lagi yang lainnya. Terbilang lebih praktis dibandingkan jenis ikan lainnya.

Lele juga merupakan ikan yang paling umum di konsumsi oleh kebanyakan orang, jadi anda tidak perlu kesulitan untuk mencari target konsumen panen lele anda.

Kelebihan Usaha Lele

Kelebihan dari usaha ternak lele ini cukup banyak, pertama mudah sekali untuk mencari bibit lele dengan harga yang murah, mencari paken lele juga cukup mudah, perawatan dan pengairan kolam yang tidak terlalu sulit dan yang lebih penting pada saat panen sudah memiliki target konsumen seperti rumah tangga, restauran atau ke pengempul.

Baca Juga :

Kekurangan

Mengenai kekurangan dari ternak ikan lele ini adalah pada saat proses pertumbuhan lele, ikan jenis ini “kanibal” atau suka memakan sesama jenis yang ukurannya lebih kecil.

Jadi anda harus rutin untuk memindahkan antara yang kecil dan besar.

Analisa Modal Ternak Ikan Lele

Mengenai modal sendiri kami pastikan tidak lebih dari 10 juta rupiah, cukup mengeluarkan uang sebesar 2.750.000 saja anda sudah bisa ternak ikan lele di pekarangan rumah baik dengan kolam atau terpal.

Itu sudah termasuk total operasional yang anda keluarkan. Sedangkan untuk laba bersih di dapatkan dari Modal – keuntungan berjualan ( 12.000 kg x 400 kg ) ; 4.800.000

Nah itulah analisa kami mengenai peluang usaha ternak ikan lele yang semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.