8 Usaha Paling Sukses di Desa dan Tips Mengembangkannya

Peluang Usaha Paling Sukses di Desa
Sumber : https://www.pexels.com/

Membuka usaha di desa bisa menjadi peluang yang menjanjikan asalkan Anda bisa memilih jenis usaha paling sukses di desa yang sesuai dengan target pasar. Perlu Anda ketahui bahwa saat membuka usaha di desa maka Anda harus menyesuaikannya dengan kebiasaan masyarakat desa setempat. Tidak sedikit warga desa yang menggantungkan hidupnya dari hasil alam seperti berkebun dan bertani.

Meskipun demikian, prinsip membuka peluang usaha di desa maupun di kota sama saja, yaitu dengan memanfaat segala kesempatan yang ada. Jika Anda tidak memiliki lahan untuk bertani atau berkebun di desa, ternyata masih ada puluhan peluang bisnis lainnya yang cocok dengan kondisi masyarakat kampung dan dapat Anda coba.

Bacaan Lainnya

Di bawah ini kami akan memberikan beberapa jenis rekomendasi peluang usaha paling menguntungkan di desa yang dapat Anda pertimbangan secara matang. Penasaran apa saja rekomendasinya? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

8 Jenis Usaha yang Paling Sukses di Desa

Dalam membuka sebuah usaha unik di desa, Anda harus menyiapkan banyak hal. Kesiapan mental dan dana menjadi salah satu contoh yang juga harus Anda pertimbangkan. Nah untuk mengetahui apa saja rekomendasi jenis usaha yang menguntungkan di desa, yuk simak rekomendasi berikut ini.

1. Konter Pulsa

Meskipun di desa, ternyata tidak sedikit penduduk yang membutuhkan pulsa untuk menggunakan smartphone yang dimiliki. Biasanya konter pulsa di desa harus ditempuh dengan jarak jauh, nah untuk membantu warga kampung mendapatkan pulsa dengan mudah maka Anda bisa menjadikannya sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

2. Ternak Ayam Kampung

Tahukah Anda bahwa ayam kampung merupakan salah satu jenis hewan yang dapat menjadi peluang usaha paling sukses di desa. Menariknya adalah Anda tidak perlu menyiapkan modal besar untuk memulai jenis usaha yang satu ini.

Anda hanya perlu menyiapkan dana untuk modal awal dan biaya perawatan. Hasil dari peternakan ayam kampung ini berupa telur yang dapat Anda jual di warung terdekat. Apalagi sekarang ini ayam kampung juga sudah mulai populer lagi di kalangan masyarakat. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga :

3. Pom Bensin Mini

Siapa yang sering kesulitan menemukan pom bensin di desa? Tempatnya yang jauh dari perkotaan membuat tidak banyaknya pom bensin di desa. Dengan demikian, manfaatkanlah momentum ini untuk membuka peluang usaha pom bensin mini di pinggir kota. Besar kemungkinan usaha Anda ini akan laris manis sekaligus membantu warga desa untuk mendapatkan bensin dengan mudah.

4. Toko Sembako

Peluang usaha di desa yang paling menguntungkan adalah toko sembako. Biasanya jenis toko yang satu mudah diminati oleh warga desa karena jarak pasar yang terlalu jauh. Bukalah sebuah toko yang menawarkan berbagai sembako dan kebutuhan sehari-hari dengan lengkap agar warga desa selalu belanja di toko milik Anda.

5. Usaha Galon

Bukan hanya toko sembako yang selalu diminati oleh warga desa, ternyata usaha galon juga menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Biasanya di desa kaya akan sumber mata air yang berkualitas, dan Anda bisa membuka sebuah depot air minum untuk masyarakat sekitar.

6. Usaha Pangkas Rambut

Tidak hanya di kota, ternyata usaha pangkas rambut ini tidak pernah sepi peminat meskipun di desa. Tidak bisa dipungkiri bahwa tukang cukur rambut memang dibutuhkan, dan Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha sukses di desa. Namun sebelum itu, pastikan untuk mempelajari skill potong rambut Anda agar tidak mengecewakan penduduk sekitar yang mencoba potong rambut di tempat Anda.

7. Jasa Titip Ke Kota

Jasa titip ke kota ini maksudnya jika Anda pergi ke kota maka warga setempat dapat menitipkan sejumlah barang yang harus dibeli di kota kepada Anda. Nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan dari ongkos kirim sesuai kesepakatan. Jenis usaha yang satu ini cukup terkenal dan sangat menguntungkan. Selain itu, cara kerjanya cukup mudah serta tidak membuat jenuh.

Baca Juga : 6 Tips Menjalankan Bisnis JASTIP Tanpa Modal Dan Menguntungkan

8. Agen Gas Elpiji

Meskipun banyak warga desa yang masih menggunakan cara masak tradisional, tidak bisa dipungkiri banyak pula yang menggunakan gas elpiji. Karena masih sedikit agen gas di desa, hal ini dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha untuk Anda menjadi agen gas di desa, usaha ini pun tidak kalah menjanjikan. Namun, pastikan untuk memiliki izin usaha terlebih dulu dan melengkapi berbagai syarat lainnya.

Nah itulah beberapa rekomendasi usaha paling sukses di desa yang dapat Anda coba. Sejatinya setiap usaha akan menguntungkan jika Anda memiliki strategi yang tepat. Untuk membantu Anda mengembangkan usaha di pinggir kota, yuk simak tips berikut ini tentang bagaimana cara memulai usaha di desa.

5 Tips Sukses Mengembangkan Usaha di Desa

Tips Untuk Usaha Paling Sukses di Desa
Sumber : https://www.pexels.com/

Sebelum membuka usaha yang cocok di desa pinggir jalan, sebaiknya Anda memahami bahwa bisnis yang akan Anda lalui tidaklah mudah. Pola pikir dan kebiasaan yang berbeda menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini kami akan memberikan tips dan solusinya untuk Anda.

1. Memahami Potensi Bisnis di Desa

Tips pertama yang harus Anda perhatikan agar bisa membuka peluang usaha yang lancar di desa adalah dengan memahami apa saja potensi bisnis yang dapat dijalankan di sana. Jika desa tempat Anda tinggal banyak lahan kosong, maka pikirkanlah untuk membuka usaha seperti berkebun atau bertani. Potensi ini akan menjadi tolak ukur keberhasilan usaha yang Anda jalankan.

2. Libatkan Perangkat Desa

Selain potensi, agar usaha di desa sukses tidak ada salahnya untuk melibatkan perangkat desa. Anda bisa mulai bergabung dengan karang taruna atau organisasi sejenisnya untuk memahami bagaimana pengembangan usaha di desa setempat. Nantinya masyarakat desa yang terlibat di karang taruna pun akan membantu Anda untuk menjalankan usaha tersebut.

3. Manfaatkan Teknologi

Untuk menarik perhatian warga desa, disarankan untuk menggunakan teknologi canggih saat membuka sebuah usaha di sana. Pasalnya di desa masih awam terkait penggunaan teknologi ini dan jika Anda mulai mengenalkan ke penduduk sekitar maka akan membuat mereka antusias dan semakin tertarik kepada bisnis yang Anda buka.

4. Ketahui Minat Penduduk Sekitar

Memilih peluang usaha paling sukses di desa tidak akan cukup jika Anda tidak melakukan survey terkait minat penduduk sekitar. Pilihlah jenis usaha yang banyak diminati oleh warga sekitar untuk menarik perhatian mereka. Jangan sampai Anda membuka usaha yang tidak sukai oleh penduduk karena tidak akan dilirik sekalipun.

5. Tentukan Harga yang Pas

Tidak bisa dipungkiri bahwa usaha jangka panjang di desa yang berhasil adalah bisnis yang memiliki harga terjangkau. Penduduk desa biasanya lebih tertarik pada toko yang menawarkan pilihan harga murah. Inilah tugas Anda untuk memperhitungkan berapa harga yang cocok untuk target pasar yang Anda tuju.

Baca Juga :

Memilih jenis usaha yang tepat di pinggir kota memang bukan hal yang sederhana. Hal utama yang harus menjadi pertimbangan adalah minat warga desa yang akan menjadi target pasar bisnis Anda. Yuk segera mulai buka peluang usaha paling sukses di desa dan dapatkan keuntungan dari sana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.