Cara Melamar Kerja Part Time bagi Mahasiswa, Ini Strateginya

Cara Melamar Kerja Part Time
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-mengisi-formulir-lamaran-kerja-di-kantor-dengan-atasan-5668858/

Cara melamar kerja part time ada beberapa langkah, dan mendapatkan pekerjaan walau hanya paruh waktu bukanlah hal yang susah. Yang penting Anda tahu strateginya sehingga mendapatkan pekerjaan idaman tanpa harus meninggalkan bangku kuliah. Dengan memiliki gaji dari pekerjaan part time maka bisa mendapatkan uang saku tambahan dan meringankan beban bapak serta ibu di rumah.

Sudah Tahu Cara Melamar Kerja Part Time? Simak Yuk

Berikut ini beberapa langkah untuk melamar kerja paruh waktu.

Bacaan Lainnya

1. Mencari Informasi Pekerjaan Paruh Waktu di Internet

Cara melamar kerja part time yang pertama tentu dengan mencari informasi lowongannya. Saat ini caranya mudah sekali, tak perlu berkeliling kawasan perkantoran sambil membawa map berisi surat lamaran kerja dan CV. Anda juga tak perlu membeli surat kabar tiap sabtu untuk menengok apa ada pekerjaan di kolomnya.

Jika ingin mencari kerja (walau hanya part time) cukup buka internet, biasanya di Jobstreet atau situs lain. Di sana ada banyak sekali informasi lowongan kerja paruh waktu dan sesuaikan saja dengan lokasi dan bidang yang Anda minati.

2. Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Terstruktur Rapi

Setelah Anda mendapatkan informasi tentang kerja paruh waktu maka saatnya membuat surat lamaran kerja. Buatlah surat lamaran yang terstruktur rapi. Ada pihak yang bilang kalau surat tersebut harus ditulis tangan (karena akan terbaca karakternya oleh HRD) akan tetapi jika tidak disyaratkan maka ketik saja.

Surat harus ditulis dengan terstruktur dan rapi agar disenangi oleh pihak HRD. Walau ‘hanya’ kerja part time tetapi surat lamaran ini harus Anda buat dengan serius, agar potensi Anda besar untuk diterima.

3. Menulis CV yang Memukau

Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Untuk Melamar Kerja Part Time

Cara melamar kerja part time yang selanjutnya adalah menulis CV (curriculum vitae) yang memukau. Tuliskan apa saja prestasi Anda, organisasi yang pernah diikuti, kegiatan apa saja yang pernah dilakukan (misalnya mengikuti pertukaran pelajar waktu SMA), dll. Jika melamar ke perusahaan kreatif seperti agen periklanan maka buatlah CV berwarna cerah dan desainnya unik karena mereka memang mencari pegawai part time yang kreatif.

Baca Juga: Contoh Body Email Lamaran Kerja Fresh Graduate dan Berpengalaman

4. Memperbaiki Isi Media Sosial

Mengapa harus memperbaiki isi sosmed saat ini juga? Penyebabnya karena pihak HRD sebenarnya tak usah membaca karakter calon pegawai dari tulisan tangannya, tetapi cukup melihat jejak digitalnya. Jika di sosmed ia terlihat alay, emosional, bahkan suka memaki, maka cenderung tidak dipilih sebagai pegawai walau hanya berstatus part time. Oleh karena itu perbaiki status-status di sosmed dan buatlah branding positif.

5. Menjalani Wawancara dengan Santai tapi Serius

Cara melamar kerja part time pada langkah selanjutnya adalah menjalani wawancara dengan santai tetapi tetap serius. Jika Anda sudah dalam tahap ini maka persiapkan diri (dan juga mental). Kalau bisa latihan dulu di depan cermin agar nanti ketika wawancara lancar menjawab berbagai pertanyaan dari HRD. Tersenyumlah dan jalani wawancara tanpa harus grogi.

Baca Juga: Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Pada Saat Interview Kerja

6. Menunggu Hasilnya dengan Sabar

Ketika sudah selesai wawancara maka tinggal pulang dan berdoa serta sabar menunggu hasilnya. Janganlah sedikit-sedikit menelepon ke kantor perusahaan untuk bertanya apakah Anda diterima kerja part time? Penyebabnya karena hal ini malah dianggap sangat mengganggu dan malah Anda kehilangan peluang untuk diterima jadi pegawai paruh waktu karena dianggap kurang sabar.

Cara melamar kerja part time memiliki step by step yang harus dijalani dengan runtut dan sabar. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dan sesuaikan dengan jadwal kuliah agar tidak bentrok. Dengan bekerja paruh waktu maka Anda tak hanya mendapat gaji tetapi juga pengalaman yang sangat berharga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *