Menjawab Kelebihan dan Kekurangan

Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Pada Saat Interview Kerja

Menjawab pertanyaan ‘apa kelebihan dan kekurangan anda’ pada saat interview kerja tidak boleh sembarangan. Sebab ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering muncul ketika proses wawancara.

Selain paling sering muncul pertanyaan apa kelebihan dan kekurangan anda adalah pertanyaan yang sangat susah bagi sebagian orang.

Jujur saja banyak pelamar yang malah bingung ketika ditanya apa kelebihan dan kekurangannya. Padahal anda hanya tinggal menyebutkan apa saja yang bisa anda lakukan dan yang belum bisa anda lakukan.

Ada baiknya sebelum memulai interview anda siapkan dulu apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan anda karena pertanyaan ini sering sekali muncul dalam interview.

Baca Juga : Tips Interview Kerja Agar Sukses Diterima Perusahaan

Jika anda adalah orang yang belum bisa menjawab pertanyaan apa kelebihan dan kekurangan anda maka silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Kami akan memberikan contoh cara menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan pada saat interview kerja.

Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan

Pandangan saat interview

#Kelebihan

Tips dalam menyebutkan kelebihan anda adalah…

Berikan jawaban singkat dan jelas, persiapkan minimal 5 kelebihan yang ada pada diri anda dan sesuaikan dengan posisi yang sedang anda lamar.

Coba Sebutkan Kelebihan Anda?

Contoh Jawaban Yang Salah : “Saya tidak bisa melihat kelebihan saya atau menurut saya, orang lain lebih tahu tentang kelebihan saya”

Jelas jawaban diatas adalah salah karena hanya anda yang seharusnya paling tahu apa kelebihan dari diri anda.

Contoh Jawaban Yang Benar : “Kelebihan saya, saya ini orang yang sangat terorganisir, rapi, disiplin, sangat menguasai dengan baik Ms. Office dan saya terbiasa mengetik dokumen administrasi”

Jika anda berani menyebutkan bahwa anda menguasai Ms. Office dan sudah terbiasa mengetik dokumen administrasi pastikan anda mengetahui dengan baik kedua hal tersebut.

Ingat ya jawaban ini hanyalah sebagai contoh jadi silahkan sesuaikan dengan diri anda sendiri.

#Kekurangan

Tips dalam menyebutkan kekurangan anda adalah…

Berikan jawaban yang anda juga memiliki solusi atas kekurangan tersebut, dan anda juga tidak perlu menyebutkan terlalu banyak kekurangan anda.

Coba Sebutkan Kekurangan Anda?

Contoh Jawaban Yang Salah : “Anda menyebutkan kekurangan yang bisa berdampak negatif pada pekerjaan atau posisi yang sedang anda lamar”

Contoh Jawaban Yang Benar :

HRD : Coba sebutkan apa kekurangan/kelemahan anda?

Pelamar : ‘Kelemahan saya, saat ini saya kurang mampu dan kurang percaya diri jika berbicara di depan banyak orang’.

Berikan Solusi : ‘Tetapi, saat ini saya terus belajar untuk meningkatkan kemampuan berbicara saya dengan ikut pelatihan, seminar, dan bergabung di komunitas’.

Baca Juga : 5 Kesalahan Interview Kerja Berdasarkan Pengakuan HRD

Pastikan anda menjawab dengan percaya diri dan jujur saat interview berlangsung baik itu pertanyaan kelebihan dan kekurangan atau pertanyaan lainnya.

Nah itulah cara menjawab kelebihan dan kelemahan semoga setelah ini anda sudah tidak takut lagi dengan pertanyaan tersebut.

Sumber : @liputankerja

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.