Tips Membuat CV Menarik Untuk Fresh Graduate

Curriculume Vitae atau yang disingkat dengan CV ini adalah salah satu berkas yang wajib ada untuk melamar pekerjaan. Jadi jika Anda ingin melamar pekerjaan maka Anda harus bisa membuat CV dengan baik dan benar.

Sebenarnya membuat CV yang baik dan benar adalah hal yang sangat penting, namun masih banyak sekali orang yang mengabaikan hal ini. Kebanyakan mereka hanya membuat CV yang biasa-biasa saja bahkan ada beberapa hal yang masih salah di dalamnya.

Bacaan Lainnya

Untuk posisi lowongan pekerjaan tertentu, CV yang mempunyai tampilan menarik juga bisa menjadi nilai tambah serta berpotensi untuk lebih dilirik oleh HRD. Jadi kesempatan Anda untuk mendapatkan kerja akan semakin terbuka lebar. Anda mungkin bisa membuat CV yang menarik namun Anda juga harus membuatnya dengan baik dan benar.

Sebab jika hanya mempunyai tampilan menarik tapi isinya masih banyak kekeliruan itu merupakan kesalahan yang sangat fatal dalam membuat CV. Usahakan Anda dapat membuat CV yang baik dan benar, baru Anda membuatnya menjadi menarik.

Tips Membuat CV Untuk Fresh Graduate

Sebagai fresh graduate yang mungkin belum tahu cara membuat CV yang baik dan benar, sebaiknya perhatikan beberapa poin penting berikut dalam pembuatan CV Anda.

1. Menggunakan Ketikan

Apabila tulisan Anda tidak cukup bagus untuk dibaca maka kami sarankan Anda membuat CV dengan ketikan. Di era yang sudah modern seperti sekarang ini membuat CV sudah bisa dilakukan dari smartphone, tinggal nanti Anda mencetaknya di jasa percetakan terdekat.

Apalagi sekarang ini sudah banyak lowongan pekerjaan yang bisa dilamar dengan cara online. Jadi mempersiapkan CV ketikan akan sangat berguna untuk melamar pekerjaan secara online maupun tidak.

Terlebih sekarang ini juga ada banyak sekali situs dan aplikasi yang siap membantu Anda untuk membuat CV dengan cepat, baik, dan menarik. Akan sangat disayangkan sekali jika Anda tidak mau menggunakan fasilitas yang sangat bagus seperti ini dengan cara gratis.

2. Jangan Typo

Baik itu tulisan tangan atau membuat CV ketikan sebaiknya Anda menghindari typo. Salah satu keunggulan membuat CV dengan ketikan adalah apabila Anda salah maka Anda bisa menggantinya dengan mudah. Lain halnya jika Anda menulis di kertas, apabila Anda melakukan kesalahan dalam menulis maka Anda harus mengganti kertas tersebut dan menulis ulang dari awal. 

Bayangkan apabila Anda masih suka salah dalam menulis? Ada berapa banyak kertas yang terbuang percuma?

3. Pasang Foto

Sebenarnya tidak ada kewajiban untuk menggunakan foto pada setiap CV. Namun kami rasa CV akan tampak profesional jika menggunakan foto. Jangan lupa untuk menggunakan foto yang terlihat rapih karena ini dapat mempengaruhi penilaian HRD saat melihat foto dalam CV Anda.

Perhatikan tatanan rambut, kerapihan baju, ekspresi wajah, dan warna latar belakang apabila Anda ingin memasang foto pada CV.

4. Bahasa 

Dalam membuat CV yang baik dan benar maka Anda juga harus menggunakan bahasa sesuai EYD. Anda juga tidak sebaiknya mencantumkan bahasa daerah dalam penulisan CV. Gunakanlah bahasa Indonesia dalam pembuatan CV.

Tapi jika ada persyaratan yang mengharuskan Anda untuk menggunakan CV bahasa Inggris maka Anda harus membuat CV dalam bahasa Inggris dan tidak dicampurkan dengan bahasa lain termasuk bahasa Indonesia. 

5. Singkatan

Sebagai orang yang suka menyingkat kata jika saat mengetik pesan, mungkin ini adalah sesuatu yang sulit untuk ditinggalkan. Dalam membuat CV Anda tidak boleh sembarangan menyingkat kata jika memang tidak diperlukan. Jadi hilangkan kebiasaan menyingkat kata jika Anda ingin membuat CV yang baik dan benar.

Tapi bukan berarti Anda tidak boleh menyingkat kata apapun dalam CV. Anda tetap bisa menyingkat kata Jalan menjadi Jl. Atau Jln., Sekolah Menengah Kejuruan menjadi SMK, atau beberapa singkatan yang memang sesuai dengan EYD.

6. Tampilkan Kelebihan

Jika Anda mempunyai kelebihan yang memang mendukung untuk pekerjaan atau bagian yang sedang Anda lamar maka wajib bagi Anda untuk menampilkan kelebihan yang Anda punya. Sebagai fresh graduate dengan mempunyai kelebihan dalam bidang yang sesuai adalah poin lebih yang akan menguntungkan Anda.

Jadi jangan pernah malu untuk menampilkan kelebihan yang Anda punyai meskipun Anda adalah fresh graduate.

7. Jangan Lupa Cantumkan Nomor HP

Sebagus apapun CV yang Anda buat jika tidak mencantumkan nomor HP maka Anda bisa kehilangan kesempatan begitu saja. Dalam melamar pekerjaan itu sangat penting sekali untuk mencantumkan nomor yang bisa dihubungi, sebab jika perusahaan ingin mengadakan seleksi maka mereka akan menghubungi Anda melalui nomor yang sudah Anda cantumkan.

Untuk itu usahakan nomor Anda selalu aktif dan mudah untuk dihubungi kapan saja.

Cara Membuat CV Menarik

Untuk membuat Curriculume Vitae dengan tampilan menarik Anda bisa menggunakan situs cvmenarik.com, di sana Anda hanya perlu memilih template kemudian mengisi bagian-bagian yang sudah tersedia seperti ; data diri, pendidikan, keterampilan, serta beberapa poin penting lainnya.  Setelah itu Anda hanya tinggal mengunduhnya ke perangkat yang Anda gunakan.

Jika menggunakan situs cvmenarik.com maka Anda tidak perlu menggunakan aplikasi yang dapat memenuhi ruang penyimpanan. Apalagi membuat CV juga tidak dilakukan setiap hari, jadi cukup dengan membuat di situs online saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.