Contoh Body Email Lamaran Kerja Fresh Graduate dan Berpengalaman

Contoh body email lamaran kerja fresh graduate dan berpengalaman

Apakah Anda ingin mengirim lamaran melalui email namun tidak tahu bagaimana caranya atau apakah Anda sudah sering mengirim lamaran via email namun belum pernah mendapatkan panggilan dari perusahaan? Lalu apakah Anda sudah yakin dengan email yang Anda buat untuk melamar? Jika belum, mungkin Anda membutuhkan contoh body email lamaran kerja fresh graduate jika Anda adalah orang yang belum berpengalaman.

Perlu Anda ketahui bahwa body email untuk lamaran kerja tidak boleh Anda kosongi begitu saja. Sebab ini bisa menjadi tempat penting untuk menyampaikan tentang diri Anda. Jadi body email adalah hal yang perlu Anda isi dengan baik supaya lamaran kerja Anda bisa lebih sering mendapatkan panggilan.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas menganai body email untuk mengirim lamaran pekerjaan supaya Anda bisa mendapatkan panggilan untuk mengikuti proses seleksi pekerjaan di perusahaan yang Anda impikan.

Contoh Body Email Lamaran Kerja Fresh Graduate dan Pengalaman

Contoh body email yang akan kami bahas di sini bersifat tidak mutlak, jadi sebisa mungkin Anda harus membuat yang lebih baik dari contoh yang kami berikan. Yuk langsung saja simak penjelasan berikut.

Email Pengirim

Pada bagian From ini sebaiknya Anda harus menggunakan alamat email yang profesional. Contohnya seperti ; namaAnda@gmail.com, jangan gunakan nama-nama gaul untuk mengirim email lamaran kerja.

Apabila Anda tidak mempunyai email yang mirip dengan nama Anda, kami sarankan sebaiknya Anda membuat email baru terlebih dahulu. Jangan sampai Anda mengirim lamaran email menggunakan nama email tokoh kartun atau nama-nama yang tidak jelas.

Email Penerima

Untuk email penerima atau pada bagian To Anda harus menuliskan dengan benar alamat email perusahaan yang ingin Anda lamar. Pastikan alamat email perusahaan yang Anda tuju adalah asli dan bukan dari modus penipuan dengan mengatasnamakan perusahaan.

Baca Juga : Cari Random Email PT? Bookmark Kumpulan Alamat Email Perusahaan Ini

Subject Email

Pastinya Anda pernah mengisi subject email lamaran pekerjaan dengan hanya menuliskan “Lamaran Pekerjaan” atau menuliskan bagian yang ingin dilamar seperti; “Operator” saja. Sebenarnya itu juga bukanlah hal yang salah.

Hanya saja kami merekomendasikan Anda untuk menulis subject dengan format pekerjaan yang ingin Anda lamar kemudian tuliskan nama lengkap Anda juga. Jadi contohnya begini : Quality Control – Adika Frisky.

Contoh body email lamaran kerja fresh graduate dan pengalaman

Body Email (Pembukaan)

Setelah mengetahui beberapa point penting di atas, sekarang kita sudah masuk pembahasan tentang body email. Nah dalam pembahasan body email ini kami akan menjabarkan ke beberapa bagian agar mudah untuk Anda pelajari.

Langsung saja pada bagian pembuka bisa Anda isi dengan kata-kata seperti “Yth. Hrd PT Pencarinafkah.com”. Dalam bagian pembuka ini jangan sampai salah menuliskan nama perusahaan yang ingin Anda lamar lewat email.

Body Email (Paragraf Pertama)

Setelah menuliskan pembukaan yang paling tidak panjangnya hanya satu baris saja. Maka silahkan enter untuk membuat paragraf pertama di body email.

Nah di paragraf pertama ini bisa Anda isi dengan kata-kata yang menjelaskan posisi yang ingin Anda lamar serta sumber informasi lowongan yang Anda temukan.

Contoh body email lamaran kerja paragraf pertama;
Saya menemukan informasi lowongan kerja sebagai Content Writer Pencarinafkah.com di media sosial beberapa hari yang lalu. Oleh karena itu saya mengirim email ini dengan maksud mendaftarkan diri sebagai Content Writer.

Anda bisa menyesuaikan kata-kata di atas dengan posisi dan informasi yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ingin Anda lamar lewat email.

Body Email (Paragraf Kedua)

Pada paragraf kedua bagian body email Anda harus bisa menjelaskan menggunakan kata-kata alasan kenapa Anda cocok dengan lowongan atau posisi yang Anda lamar. Nah pada bagian inilah biasanya ada perbedaan antara fresh graduate dan berpengalaman dalam menyampaikan kata-kata tersebut.

Untuk yang fresh graduate Anda bisa menuliskan skill Anda yang cocok dengan posisi yang Anda lamar, atau Anda juga bisa menjelaskan tentang kelebihan Anda. Dan untuk yang sudah mempunyai pengalaman maka Anda bisa menceritakan pengalaman kerja Anda serta faktor apa saja yang bisa menjadi poin lebih atau sesuai dengan posisi yang sedang Anda lamar.

Contoh body email lamaran kerja paragraf kedua;
Sebelumnya, saya pernah bekerja sebagai Conten Writer di media online PushRanked.com selama 1 tahun. Dalam pengalaman tersebut, saya telah menghasilkan lebih dari 500 artikel dengan topik yang beragam, mulai dari Bisnis, Ekonomi, hingga Olahraga. Selain itu saya juga sudah mendalami dunia search engine optimization (SEO) yang sangat berguna untuk pembuatan konten saat ini.

Body Email (Paragraf Terakhir)

Lalu pada paragraf selanjutnya Anda bisa menuliskan kata-kata terima kasih karena telah mempertimbangkan lamaran ini. Ucapan terima kasih ini hampir sama dengan surat lamaran tulis tangan, jika Anda sering membuatnya maka Anda pasti sudah hafal dengan baik.

Contoh body email lamaran kerja paragraf terakhir;
Bersama email ini, saya lampirkan CV, cover letter, dan portofolio yang bisa Bapak/Ibu jadikan pertimbangan.

Terima kasih telah membaca dan mempertimbangkan saya untuk menjadi Content Writer di Pencarinafkah.com.

Body Email (Penutup)

Sama halnya dengan surat lamaran yang beli di fotocopy-an atau tulis tangan, jika Anda buat lamaran kerja lewat email maka di bagian penutup Anda juga harus memberikan kata “Hormat saya,” kemudian nama lengkap Anda.

Body Email (Signature)

Hal terakhir yang perlu Anda sampaikan pada body email adalah signature yang dapat berisi nama lengkap serta kontak Anda yang dapat dihubungi.

Anda bisa mencantumkan nama lengkap, email, dan nomer telepon atau WhatsApp.

Lampiran

Kemudian saat Anda buat email lamaran kerja jangan lupa untuk mengupload lampiran-lampiran yang bisanya digunakan untuk melamar pekerjaan. Jadi yang diupload itu bukan hanya CV saja ya, namun semua berkas yang dibutuhkan dan yang Anda punya.

Selain itu setiap lampiran sebaiknya dipisah agar HRD mudah saat memeriksa berkas Anda. Serta jangan lupa untuk mengubah semua dokumen menjadi format PDF. Lalu setiap berkas juga sebaikny Anda beri nama sesuai isi dari berkas tersebut.

Baca Juga :

Nah itulah contoh body email lamaran kerja fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman. Anda juga boleh meniru kata-kata untuk melamar kerja lewat email yang sudah kami contohkan di atas. Tapi jangan di copas secara mentah-mentah, Anda harus merubahnya agar sesuai dengan kondisi dan kemampuan Anda sendiri.

Semoga contoh body email lamaran kerja ini dapat bermanfaat untuk Anda, terutama Anda yang masih fresh graduate. Harapan kami adalah Anda bisa membuat body email dengan menggunakan kata-kata untuk melamar kerja lewat email yang lebih baik dari contoh kami.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.