13 Jenis dan Tips Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil

Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil Untung Besar yang Kekinian
Sumber : https://www.pexels.com/

Makanan ringan merupakan makanan yang sering menjadi andalkan di waktu senggang. Jajanan ringan memberikan penikmatnya kepuasan karena bersifat tidak terlalu berat. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun juga gemar dengan jajanan terutama jajanan rumahan. Oleh karena itu banyak sekali yang mencoba membuka usaha jajanan rumahan modal kecil.

Menjalankan bisnis jajanan rumahan memang bukanlah hal yang mudah namun juga bukan hal yang terbilang sulit. Jika Anda ingin memulai usaha jajanan rumahan, maka Anda harus mengetahui peluang jajanan apa yang sangat diminati oleh masyarakat sekitar.

Bacaan Lainnya

Usaha Jajanan rumahan dengan modal kecil bisa Anda lakukan dengan menitipkan jajanan yang akan Anda jual di warung atau kedai terdekat. Usaha kecil-kecilan ini mampu memberikan tambahan penghasilan.

Jajanan Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Siapa bilang mustahil dengan modal kecil bisa mendapatkan untung besar? Menjajakan jajanan rumahan mungkin bisa menjadi jawabannya. Usaha jajanan rumah modal kecil dengan mendapatkan untung besar belakangan ini memang banyak diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Jajanan rumahan terbilang usaha yang cukup mudah dilakukan dengan tidak memerlukan banyak modal. Berikut ini daftar jajanan rumahan yang bisa Anda pilih untuk berbisnis di rumah:

Donat Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil
Sumber : https://www.pexels.com/

1. Aneka Keripik

Aneka keripik dengan berbagai bahan memang menjadi jajanan yang digemari oleh banyak orang. Keripik yang sering kita jumpai adalah keripik singkong yang mempunyai varian rasa yang berbeda. Seperti rasa manis asin, rasa bawang hingga rasa balado.

Akan tetapi banyak sekali bahan makanan yang dapat Anda jadikan keripik, seperti pisang, tahu, tempe, sukun, kentang hingga bayam. Anda bisa membuat kripik dari varian bahan tersebut dengan tampilan yang unik dan berbeda. Selain unik pastikan memperhatikan kualitas rasanya.

2. Tokkebi atau Hotdog Kentang

Siapapun yang suka melihat drama Korea pasti tidak asing dengan jajanan ini. Ya, tokkebi atau hotdog kentang mungkin menjadi salah satu pilihan usaha jajanan rumahan modal kecil kekinian yang bisa Anda coba.

Jajanan satu ini sangat digemari oleh remaja karena kepopulerannya. Eksistensi tokkebi di beberapa serial drama Korea membuat para penontonnya ingin juga merasakan bagaimana rasanya. Jajanan ini sering kali menjadi salah satu menu jajanan street food.

Tokkebi di Indonesia sendiri mendapat julukan sebagai hotang atau hotdog kentang. Jajanan ini dibuat dari sosis dan keju yang dibalut dengan kentang kemudian digoreng hingga crispy. Jajanan kekinian ini bisa Anda jual dengan offline membuka outlet sendiri, atau menjualnya secara online.

3. Tahu Crispy

Jika tadi telah menyinggung mengenai tahu yang dibuat kripik, kali ini tahu juga bisa dijadikan tahu crispy yang sangat enak. Usaha jajanan rumahan modal kecil satu ini bahannya akan sangat mudah Anda dapatkan. Selain mudah didapatkan, bahan dasar jajanan ini juga terbilang lumayan murah.

Tahu crispy bisa menjadi salah satu jajanan ringan yang digemari oleh anak sekolahan. Jajanan ini praktis dan juga menguntungkan. Makanan tahu memang menjadi salah satu makanan yang mempunyai banyak penikmat di masyarakat. Anda bisa menambahkan varian bumbu tabur untuk menambahkan kenikmatan jajanan kekinian ini.

4. Banana Nugget

Jajanan satu ini tidak kalah viral dengan tokkebi. Ya, banana nugget merupakan usaha jajanan rumahan modal kecil dengan bahan yang sangat mudah dijumpai. Siapa yang tidak mengenal buah pisang? Pasti semua orang tahu dengan pisang.

Banana nugget mampu menggeser kepopuleran pisang goreng yang konvensional dengan rasa dan teksturnya yang lembut serta gurih. Kepopuleran banana nugget kini bahkan bisa dijumpai juga di mall-mall.

Olahan pisang ini merupakan perpaduan antara pisang dibalut dengan tepung roti yang gurih lalu disajikan dengan berbagai jenis saus di atasnya. Jajanan rumahan ini sangat cocok untuk camilan sore dengan secangkir teh.

5. Bola Ubi Kopong

Bentuk dan tekstur yang unik menjadi keunggulan dari olahan rumahan satu ini. Anda bisa membanderol jajanan ini dengan harga mulai Rp500 hingga Rp1000 per bola. Selain itu Anda bisa mengemasnya dengan harga Rp5000 per bungkus.

Jajanan rumahan ini dibuat dari bahan dasar ubi. Bahan yang mudah Anda dapatkan dan juga murah ini bisa menjadi salah satu pilihan usaha jajanan rumahan modal kecil selanjutnya.

6. Martabak Aneka Rasa

Siapa yang tidak mengenal martabak? Usaha jajanan rumahan modal kecil satu ini menjadi salah satu jajanan favorit banyak orang. Martabak merupakan jajanan khas Bandung yang telah terkenal hingga seluruh nusantara. Martabak terkenal dengan variasi harganya, ada yang murah ada juga yang mahal.

Selain terkenal, menjajakan martabak juga sangat menguntungkan. Jajanan rumahan ini juga bisa Anda jumpai di mall-mall. Ada yang berukuran besar maupun kecil. Martabak mini bisa Anda buat dengan 4 varian rasa dalam satu bungkus.

7. Bakso

Bakso merupakan makanan yang sangat digemari, baik di dalam maupun luar negeri. Usaha bakso merupakan usaha yang paling banyak dibuktikan oleh banyak orang. Berjualan bakso bukan jenis usaha yang bermodal besar, terutama bakso yang dijual di rumah.

Baca Juga : 10+ Rekomendasi Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

8. Siomay dan Batagor

Siomay dan batagor (bakso tahu goreng) merupakan salah satu jajanan yang berasal dari Bandung. Akan tetapi eksistensi siomay dan batagor telah tersebar hingga ke seluruh penjuru negeri. Peminatnya pun juga dari berbagai kalangan, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sangat menggemari jajanan satu ini.

9. Aneka Gorengan

Anda bisa membuka usaha rumahan dengan berjualan aneka macam gorengan yang bisa Anda buat dengan rasa yang enak. Jika lokasi rumah Anda dekat dengan tempat gosip emak-emak atau tempat nongkrong anak-anak maka itu adalah modal yang bagus untuk berjualan apa saja termasuk gorengan.

Sebab dari anak-anak sampai orang dewasa pasti banyak yang suka dengan gorengan. Jadi tidak ada salanya jika Anda mencoba untuk jualan gorengan di rumah.

10. Brownies

Membuat brownies memang membutuhkan waktu yang sedikit lama namun sebagai usaha rumahan brownies sangat bisa untuk Anda lakukan. Anda bisa memulainya dengan modal kecil dan dengan cara pre order. Kemudian pemasarannya bisa memanfaatkan sosial media yang Anda gunakan.

Jangan salah kalau banyak orang Indonesia yang suka dengan makanan manis jadi jualan brownies mungkin bisa menjadi terobosan yang baru untuk Anda.

11. Donat

Masih ngomongin yang manis-manis, selain brownies jajanan yang laris di rumahan itu sepertinya donat. Apabila lingkungan rumah Anda banyak anak kecil maka usaha ini patut untuk Anda coba. Selain anak kecil masih banyak juga orang dewasa yang suka dengan donat.

12. Roti Bakar

Selain martabak, brownies, dan donat. Roti bakar juga bisa menjadi usaha jajanan rumahan yang mempunyai rasa manis. Tidak perlu takut untuk mencobanya sebab roti bakar juga sudah terkenal di Indonesia dan banyak yang suka.

Anda bisa membuka usaha roti bakar di rumah dengan modal kecil terlebih dahulu kemudian kalau prospeknya bagus Anda bisa mengembangkan usaha roti bakar tersebut dengan menambah varian rasa atau memperbesar usaha Anda.

13. Aneka Jus

Setelah beberapa poin kita sudah membahas usaha jajanan rumahan untuk kategori makanan maka untuk kategori minuman Anda bisa mencoba untuk berjualan aneka jus. Dengan modal kecil, Anda bisa menjual jus dengan porsi kecil juga dan gunakan harga jual yang murah serta terjangkau agar tetangga Anda selalu memesan jus di rumah Anda.

Tips Memulai Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil

Usaha jajanan rumahan memang menjadi salah satu bisnis kecil-kecilan. Usaha ini tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan untung yang besar. Untuk memulai berbisnis jajanan rumahan, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

Tips Jualan Jajanan Rumahan
Sumber : https://www.pexels.com/

Memilih Jajanan

Usaha jajanan rumahan modal kecil mengharuskan Anda untuk pintar dalam membaca selera pasar. Anda harus bisa membaca selera dari masyarakat sekitar. Bahkan Anda perlu melakukan riset tentang jajanan apa yang sedang kekinian saat ini.

Cara untuk mengetahui selera masyarakat sekitar adalah dengan melakukan percobaan kepada keluarga atau tetangga untuk mencicipi jajanan yang Anda buat. Setelah itu, Anda perlu menanyakan respon mereka. Jika responnya baik, maka jajanan yang Anda pilih memang layak untuk dijual.

Merencanakan Packaging yang Unik dan Menarik

Setelah rasa, penampilan menjadi nilai yang paling penting untuk menarik minat masyarakat. Sesuatu yang sederhana bisa menjadi menarik dengan packaging yang unik dan mengundang minat pembeli. Penampilan menarik, menjamin usaha jajanan rumahan modal kecil Anda akan laku keras di pasaran.

Memang untuk membuat packaging yang unik ini Anda akan keluar modal lagi, namun bisa jadi modal kecil yang Anda keluarkan untuk membuat packaging dapat membuat usaha Anda semakin maju.

Harga Sesuai Kualitas

Membanderol harga memang menjadi hal yang perlu Anda pikirkan matang-matang. Jangan takut untuk memasang harga yang tinggi, dengan syarat Anda yakin dengan kualitas yang dapat Anda berikan. Ada harga, ada kualitas, begitulah pendapat dari beberapa pembeli.

Sebaliknya jika kualitas dari usaha jajanan rumahan Anda tidak terlalu bagus maka Anda bisa memberikan harga yang terjangkau.

Promosi

Jangan lupa untuk mempromosikan jajanan Anda. Keberadaan media sosial bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan jajanan rumahan yang Anda jual. Selain murah, promosi melalui sosial media juga bisa menarik banyak pemirsa. Buatlah promosi yang menarik dan juga konsisten.

Jika Anda sudah membuka usaha jajanan rumahan modal kecil mungkin Anda bisa melakukan promosi di grup WhatsApp Anda atau ke teman-teman dekat Anda terlebih dahulu.

Baca Juga :

Nah, itulah jenis jajanan rumahan serta tips memulai usaha jajanan rumahan yang bisa Anda terapkan. Usaha jajanan rumahan modal kecil ini akan membuat Anda tetap produktif berbisnis meskipun harus tetap di rumah saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.