10+ Rekomendasi Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Makanan

Saat memulai menjual makanan, Anda harus paham bagaimana tips dan rekomendasi jualan makanan yang laku setiap hari. Persaingan yang ketat membuat Anda harus pintar dalam menggunakan strategi dagang agar keuntungan bisa datang setiap saat.

Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa bisnis makanan merupakan salah satu usaha yang paling diminati karena kebutuhan pangan masyarakat sangat tinggi.

Bacaan Lainnya

Hampir semua masyarakat Indonesia akan berdatangan untuk mencoba kuliner yang ada. Saking banyaknya pedagang yang menjual makanan khas mereka, inilah tugas untuk menggunakan rencana yang tepat dan matang agar bisnis yang Anda jalankan bisa berkembang serta mempunyai banyak peminat dari berbagai kalangan.

Selain karena kebutuhan pangan, ternyata masih ada beberapa alasan lainnya kenapa Anda harus membuka usaha kuliner, yaitu sebagai berikut:

  • Mudah dikembangkan menjadi waralaba
  • Banyak ide dan pemikiran baru
  • Cepat laris
  • Potensi pasar lebih besar
  • Modal terjangkau
  • Mudah beradaptasi
  • Lebih sederhana

Baca Juga : Daftar Paket Waralaba Franchise Makanan Ringan Murah & Kekinian

Nah jika Anda sudah yakin untuk membuka usaha makanan, maka langkah selanjutnya adalah dengan memahami apa saja tips dan cara memulai bisnis makanan online seperti yang akan kami bahas di bawah ini. Penasaran apa saja tips dan triknya? Yuk simak ulasan lengkap berikut ini.

5 Tips Jualan Makanan Agar Laku Tiap Hari

Agar bisnis kuliner yang Anda rintis bisa diminati oleh banyak orang dan mendatangkan pundi-pundi rupiah setiap hari, Anda harus paham bagaimana cara jualan makanan yang laku setiap hari. Dengan demikian, simak informasi di bawah ini untuk membantu Anda memahami bagaimana strateginya.

1. Tentukan Jenis Jualan Makanan

Sebelum masuk ke tahap yang lebih matang, jangan sampai Anda melewatkan langkah yang satu ini, yaitu menentukan jenis makanan yang akan Anda geluti. Bisnis kuliner sendiri merupakan sebuah usaha yang luas. Anda bisa memilih jenis makanan yang sudah ada atau membuat produk makanan baru yang bisa bersaing di pasaran.

2. Hitung Modal

Jika jenis jualan makanan yang laku setiap hari sudah Anda tentukan, langkah selanjutnya adalah dengan menghitung jumlah modal yang diperlukan. Tetunya modal menjadi aspek terpenting dalam memulai sebuah bisnis.

Kami sarankan Anda untuk memulai bisnis makanan dari skala kecil terlebih dulu, lalu jika rasanya bisnis tersebut dapat berkembang dan akan menghasilkan keuntungan yang menjanjikan maka perluas skala pasarnya, bisa menjadi restoran atau rumah makan.

3. Pertimbangkan Lokasi

Perlu Anda ketahui bahwa lokasi tempat berjualan menunjang keberhasilan bisnis yang dijalankan bahkan bisa menjadi syarat membuka usaha makanan yang paling utama. Kenapa demikian?

Pasalnya jika Anda berjualan di tempat yang sepi, maka akan sulit mendapatkan pembeli. Beda halnya jika Anda membuka usaha kuliner di lokasi yang strategis dan banyak dikunjungi orang, keuntungan pun bisa saja akan datang tiap hari.

4. Cita Rasa

Selain urusan teknis, rasa dari makanan yang Anda tawarkan ke pembeli juga harus diperhatikan. Tentunya cita rasa ini sangat berpengaruh karena jika rasa yang Anda suguhkan enak maka besar kemungkinan pembeli akan kembali untuk mencoba kuliner Anda lagi.

Jadi, jika Anda ingin mengembangkan bisnis kuliner dengan mudah, usahakanlah untuk melakukan uji coba tentang cita rasa makanan yang akan dijual.

5. Pilih Target Pasar

Meskipun bisnis jualan makanan yang laku setiap hari ini terbuka untuk berbagai kalangan, tetapi jangan lupakan untuk menentukan target pasar yang akan Anda bidik. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memilih sasaran yang tepat dengan cita rasa yang ditawarkan.

Jika sasaran bisnis Anda adalah anak muda, maka bukalah usaha makanan yang sedang diminati oleh kaum milenial. Jika banyak yang membeli, maka kalangan lain pun akan ikut tertarik mencoba kuliner Anda.

Nah setelah mengetahui bagaimana cara memulai usaha kuliner kecil kecilan, apakah Anda sudah memantapkan pilihan akan merintis kuliner jenis apa? Jika Anda masih bingung, maka kami akan memberikan rekomendasi jualan makanan yang cocok untuk Anda.

10+ Rekomendasi Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Menentukan jenis makanan yang akan dijadikan sebagai usaha kuliner memang bukan hal yang mudah. Pasalnya Anda terlebih dulu melakukan riset dan penelitian pasar apakah produk tersebut akan laku atau tidak. Meskipun demikian, Anda bisa mempertimbangkan beberapa rekomendasi jualan makanan yang laku setiap hari yang akan kami ulas berikut ini.

Rekomendasi Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari
Sumber : https://pixabay.com/id/photos/dapur-kerja-restoran-memasak-koki-731351/

1. Tahu Bulat

Siapa yang tidak kenal dengan tahu bulat? Makanan gurih yang enak di lidah dan memiliki harga terjangkau ini tidak pernah sepi peminat. Makanan dengan ciri khas bentuknya yang bulat ini memiliki potensi keuntungan yang besar, dan tentunya modal yang digunakan pun relatif lebih kecil karena tidak memerlukan banyak bahan dan alat.

Baca Juga : 13 Ide Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu Yang Bisa Anda Coba

2. Cemilan Buah dan Sayur

Cemilan buah dan sayur sangat diminati oleh para pecinta makanan sehat. Jika Anda tertarik menjual jenis kuliner yang satu ini, maka target yang harus Anda bidik adalah kalangan pecinta buah dan sayur. Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya tentang tips jualan makanan biar laris, dengan memilih target pasar yang tepat maka jualan Anda akan menguntungkan dan mudah berkembang.

3. Cilok

Makanan yang berbahan dasar tepung tapioka ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu, dan tetap mempertahankan eksistensinya sebagai makanan yang murah tetapi memiliki cita rasa yang lezat.

Karena sudah banyak penjual yang jualan makanan yang laku setiap hari berupa cilok, maka Anda bisa mengkreasikan makanan ini agar terlihat baru di mata pembeli.

Baca Juga : Tips Usaha Cilok dan Cara Membuat Cilok di Rumah Anti Gagal

4. Sate

Sate merupakan salah satu menu jualan makanan yang laku setiap hari yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Makanan khas Madura ini bisa dengan mudah Anda temui di berbagai daerah.

Nah tentunya Anda dapat memanfaatkan momentum ini untuk membuka kuliner sate yang dipadukan dengan produk menarik lainnya yang unik di kalangan masyarakat agar bisa menarik minat pengunjung.

5. Nasi Goreng

Meskipun nasi goreng bisa dibuat dengan mudah di rumah, tetapi tidak jarang pula pengunjung yang mencari kuliner nasi goreng saat sedang lapar. Nasi goreng yang Anda buat haruslah memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari nasi goreng pada umumnya. Perhatikan juga bagaimana cara sukses berdagang makanan agar bisnis nasi goreng yang Anda kembangkan bisa berhasil.

Jualan nasi goreng merupakan pilihan yang bagus mengingat sudah banyak orang yang suka dan bahan-bahan untuk membuatnya sangat mudah Anda dapatkan.

6. Mie Ayam

Mie ayam adalah salah satu menu makanan yang bisa Anda temui di berbagai kota di Indonesia. Mengingat mie ayam kurang bagus jika menjadi menu sarapan maka jika Anda ingin jualan mie ayam sebaiknya buka saat waktu menjelang siang sampai malam hari.

Jualan mie ayam bisa Anda mulai dari menggunakan gerobak kemudian berkeliling apabila Anda belum mempunyai modal untuk menyewa tempat untuk berjualan.

7. Bakso

Siapa pembaca Pencarinafkah.com yang tidak kenal dengan jenis makanan yang satu ini? Bakso adalah menu makanan yang sudah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia. Bahkan Anda pasti pernah memakannya juga kan?

Apabila Anda adalah orang Wonogiri maka menjual bakso adalah ide yang sangat bagus, sebab spanduk dengan tulisan bakso Wonogiri juga sudah tersebar luas di Indonesia.

Agar Anda mempunyai pelanggan yang tetap maka jualah bakso dengan berbagai varian rasa yang unik dan enak serta jangan lupa untuk mempertahankan rasa tersebut. Jualan bakso juga bisa Anda kombinasikan dengan mie ayam agar menu Anda semakin lengkap.

8. Gorengan

Gorengan juga merupakan salah satu menu jualan yang bisa laku setiap hari jika Anda tidak malu untuk menjalaninya serta mempunyai lokasi yang bagus untuk berjualan. Bahkan bisa saja usaha ini akan menjadi sumber penghasilan Anda yang lumayan bagus.

Anda bisa menjual gorengan dari pagi sampai sore hari mengingat gorengan kerap menjadi menu tambahan untuk ngopi dan juga berbuka puasa. Dan jangan lupa untuk menyediakan berbagai varian gorengan supaya dagangan Anda lebih lengkap.

Baca Juga : Peluang Usaha Jualan Gorengan Bisa Untung Besar

9. Bubur Ayam

Salah satu menu jualan makanan yang laku setiap hari atau lebih tepatnya di pagi hari adalah jualan bubur ayam. Jenis makanan ini sangat menjadi favorit apabila pagi hari meskipun Anda juga bisa menjualnya selain di pagi hari.

Dari balita sampai orang tua banyak yang suka makan bubur ayam, jadi ini adalah sebuah peluang untuk Anda apabila ingin mencoba berjualan makanan yang laku setiap hari.

10. Angkringan

Dalam menjalankan usaha angkringan maka Anda bisa menjual berbagai jenis makanan serta minuman. Anda bisa menjual nasi bungkus, berbagai macam gorengan dan lain-lain.

Meskipun sekarang ini sudah banyak angkringan di Indonesia namun jangan pernah takut untuk mencoba usaha ini sebab jika pelayanan dan rasa dari makanan Anda nyaman maka pembeli akan kembali lagi untuk nongkrong di angkringan Anda.

Jadi jangan pernah takut untuk membuka usaha meskipun sudah banyak orang yang sudah membuka jualan yang sama dengan Anda.

Baca Juga :

11. Minuman

Jika Anda tidak terlalu tertarik berjualan makanan, maka Anda bisa mencoba jualan minuman yang laku setiap hari. Saat ini sedang populer berbagai jenis minuman seperti es boba, Thai tea, hingga es kopi.

Jajanan ini tidak pernah sepi peminat, apalagi jika Anda berjualan di pinggir jalan yang mudah diakses oleh pengunjung. Tertarik mencoba?

Baca Juga : 14 Daftar Waralaba Franchise Minuman Murah Kekinian Dengan Keuntungan 100%

Selain memahami bagaimana cara mengembangkan bisnis kuliner, Anda juga harus memiliki tekad yang kuat karena dalam jualan makanan akan ada banyak kejadian yang harus Anda hadapi dan tentunya terkadang itu tidak mudah.

Dengan demikian, jangan lupa untuk kuatkan mental kemudian pilih jualan makanan yang laku setiap hari yang bisa Anda rintis sekarang juga. Jualan makanan apa pilihan Anda?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.