Cara Menerapkan Media Promosi Untuk Pemasaran Online

Cara Menerapkan Media Promosi Untuk Pemasaran Online

Melakukan kegiatan pemasaran online saat ini sering dilakukan oleh para pelaku usaha, hal ini dikarenakan saat ini para pengguna internet dan sosial media makin hari semakin bertambah. Hal inilah yang mendorong para pengusaha untuk menawarkan produknya menggunakan internet dan sosial media. Kegiatan menawarkan produk secara online ini seringkali kita sebut dengan internet marketing. Lalu apa saja media promosi yang bisa kita manfaatkan untuk pemasaran online? Berikut merupakan media promosi yang bisa digunakan untuk menerapkan pemasaran online :

Cara Menerapkan Media Promosi Untuk Pemasaran Online

Marketplace

Marketplace merupakan pihak yang menyatukan antara penjual dengan pembeli secara online, contoh marketplace yang sering kita temui saat ini adalah shopee, tokopedia, bukalapak, olx dan masih banyak lagi. Dari marketplace inilah para penjual bisa langsung menawarkan produk yang dimiliki dengan cara mengunggah foto produk ke marketplace yang ingin digunakan.

Bacaan Lainnya

Facebook

Facebook merupakan sosial media dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, pada bulan agustus 2020 facebook melaporkan bahwa jumlah pengguna yang mengakses facebook mencapai sekitar rata-rata 2,7 miliar perbulanya, angka tersebut merupakan jumlah pengguna aktif bulanan secara global, sunngguh angka yang sangat fantastis bukan?

Nah, saat ini facebook tidak hanya sekedar berfungsi sebagai media sosial akan tetapi saat ini facebook juga digunakan sebagai media promosi bisnis. Saat ini fitur bisnis facebook yang bisa anda gunakan untuk media promosi antara lain adalah fitur Facebook Ads, Marketplace dan Grup Jual Beli.

Baca Juga : Promosi Bisnis dengan FB Marketing Organik yang Sudah Terbukti Ampuh

Dari fitur-fitur tersebut ada yang berbayar dan gratis, Untuk fitur berbayar anda bisa menggunakan Facebook Ads dan untuk yang gratis anda bisa menggunakan fitur marketplace dan grup jual beli. Yang membedakan antara media promosi berbayar dan gratis adalah jumlah jangkauan pembaca iklannya. Tentunya yang berbayar akan lebih mudah untuk mendapatkan jangkauan yang banyak.

Cara Menerapkan Media Promosi Untuk Pemasaran Online

Instagram

Saat ini sosial media ini merupakan bagian dari facebook. Instagram adalah aplikasi yang digunakan untuk berbagi foto dan video. Saat ini Instagram bisa digunakan untuk media promosi bisnis. Penerapannya anda bisa menggunakan akun instagram bisnis dan menggunakan fitur instagram ads.

Dalam instagram ads anda bisa menjangkau orang-orang tertentu sesuai dengan kriteria yang anda inginkan dengan konten-konten promosi berupa gambar dan video yang sesuai dengan produk dan target konsumen. Konten-konten promosi instagram dapat diletakkan di feed atau instagramstory. Sama halnya dengan Facebook Ads fitur Instagram Ads merupakan media promosi berbayar.

Baca Juga : Cara Membuat Profil Online Shop Yang Baik di Instagram

WhatsApp

Sama halnya dengan Instagram, WhatsApp merupakan bagian dari facebook, media ini umumnya digunakan untuk saling mengirim pesan. Namun saat ini WhatsApp bisa digunakan untuk menghubungkan antara pembeli dan penjual. Anda bisa menggunakan WhatsApp business untuk melayani pesan konsumen dan memposting foto produk di akun WhatsApp business anda.

TikTok

TikTok adalah aplikasi media sosial yang menampilkan video singkat di dalamnya yang sekarang ini sedang naik daun dan digemari oleh warna Indonesia. Bila anda perhatikan secara seksama sudah banyak konten TikTok yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah bisnis.

Bila anda pandai dalam membuat konten video pendek maka anda bisa mempromosikan bisnis anda melalui sosial media TikTok.

Youtube

Awalnya youtube adalah situs untuk berbagi konten video, namun saat ini youtube juga bisa digunakan untuk melakukan promosi. Dengan membuat konten iklan video tentang produkmu anda bisa menjangkau orang-orang yang menggunakan aplikasi youtube.

Google

Tak hanya sebagai mesin pencari, namun saat ini google bisa dimanfaatkan untuk media promosi online, anda bisa menampilkan nama usaha di situs google dengan fitur google location. Anda juga bisa menawarkan produk dengan google ads dimana produk yang anda jual akan di tampilkan di website tertentu. Dalam penggunaan google ads tentunya akan ada harga yang harus dibayar dalam penerapannya, akan tetapi hasilnyapun akan sebanding dengan harga yang dikeluarkan asalkan proses set iklan dilakukan dengan benar.

Baca Juga :

Itulah beberapa media promosi yang bisa digunakan untuk memasarkan produk secara online. Anda bisa mencoba semua media promosi yang kami sebutkan ini agar mendapatkan pasar yang tepat untuk bisnis anda. Semoga media promosi yang kami sebutkan ini minimal salah satunya akan berguna untuk anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.