Surat Keterangan Bebas Narkoba, Penjelasan Lengkap!

Surat keterangan bebas narkoba merupakan salah satu surat dimana seseorang dinyatakan tidak terkena naroba. Biasanya hal ini berlaku sebagai syarat untuk mendaftar sesuatu yang harus benar-benar murni tanpa adanya kasus narkoba ataupun mengonsumsinya. Seperti halnya saat seseorang melamar sebuah pekerjaan, mendaftar sekolah dan lain sebagainya. Biasanya mereka harus memenuhi perysaratan yang satu ini.

Bagi anda yang ingin membuatnya bisa langsung kepada pihak yang terkait, datang saja ke rumah sakit untuk mengecek apakah anda terjerat narkoba atau tidak dan bisa mendapatkan surat keterangannya. Bilamana anda tidak mengonsumsi narkoba sama sekali, maka anda akan dinyatakan bebas narkoba.

Bacaan Lainnya

Surat keterangan bebas narkoba memang sebagai persyaratan utama dalam proses seleksi perekrutan pegawai atau pendaftaran mahasiswa. SKBN saat ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam surat keterangan berkelakuan baik yang telahdikeluarkanolehpihakkepolisian.

Beberapa tahun terakhir belakangan ini, surat bebas narkoba digunakan oleh instansi pemerintahan, perusahaan BUMN, hingga perusahaan swasta sebagai seleksi pejabat atau petinggi perusahaan. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui hal terkait surat bebas narkoba.

Cara Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba

Sebelum mendapatkan surat bebas narkoba, maka anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahlulu. Beberapa tempat yang dapat anda lakukan untuk mengurus SKBN diantaranya sebagai berikut!

Surat Keterangan Bebas Narkoba

Rumah Sakit

Rumah sakit menjadi salah satu tempat yang paling efektif untuk anda lakukan dalam mengurus SKBN. Namun hal ini tidak secara keseluruhan untuk setiap rumah sakit menyediakan surat bebas narkoba. Biasanya rumah sakit milik pemerintah dapat dijadikan rujukan untuk membuat surat keterangan bebas narkoba.

Untuk anda yang ingin mengajukan rujukan di rumah sakit harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya sebagai berikut!

  • Pas foto 4×6 sebanyak 2 lembar dengan warna background sesuai tahun kelahiran.
  • Mengisi formulir pendaftaran yang ada di tempat anda tuju.
  • Membayar biaya tes uji narkoba sesuai dengan harga yang tertera.

Bilamana perlengkapan sudah anda penuhi, maka anda tinggal melakukan uji narkoba dengan membuang air kecil yang nantinya akan diletakan di dalam wadah yang sudah disediakan. Sampel urine tersebut nantinya akan dicek oleh pihak rumah sakit untuk mengetahui apakah bebas narkoba atau tidak. Membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk mengetahui hasil uji tes..

Kantor Polisi

Selain di rumah sakit, anda juga dapat melakukannya di kantor polisi. Cara melakukannya seperti anda membuat SKCK, disini anda bisa mengurus surat keterangan bebas narkoba di kantor polisi. Akan tetapi, tidak sembarang kantor polisi dapat melakukannya, biasanya ada beberapa kantor polisi dengan level tertentu yang menyediakan uji tes keterangan bebas narkoba.

Tes narkoba dapat mendeteksi kandungan benzodiazepine, morfin, metamphetamine, amphrtamine dan tetrahydrocannobino lpada urine. Anda bisa mengurus SKBN di kantor Polres dan harus mempersiapkan beberapa hal seperti berikut!

  • Membawa KTP asli dan fotokopian sebanyak 2 lembar
  • Pas foto ukuran 4×6
  • Biaya tes urine sebesar Rp. 150.000

Bila anda sudah melengkapi beberapa persyaratan tersebut, anda akan menjalani prosedur tes narkoba yang sama halnya di rumah sakit. Anda tinggal melakukan buang air kecil yang ditempatkan di wadah yang disediakan. Kemudian berikan kepada petugas kepolisian.

Anda tinggal menunggu hasil tes yang dilakukan apakah anda positif narkoba atau tidak. Bila iya, siap-siap saja anda akan menjalani proses pemeriksaan yang lebih lanjut. Namun bila negatif hasilnya, anda akan mendapat surat keterangan bebas narkoba dan beberapa lembar SKBN yang sudah dilegalisir.

BNN

Tempat yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengecekan narkoba adalah BNN (Badan Narkotika Nasional). Sebenarnya melakukan pemeriksaan keterangan bebas narkoba gratis, hanya saja anda perlu membayar wadah untuk penampung urine yang anda gunakan. Bila anda melakukannya di BNN, maka anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 60.000.

Beberapa hal yang harus anda persiapkan diantaranya sebagai berikut!

  • KTP dan pas foto ukuran 4×6
  • Mengisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan di BNN
  • Memberikan surat pernyataan permohonan tes narkoba dengan menyatakan tujuan anda melakukan tes tersebut.

Proses melakukannya seperti di rumah sakit dan kepolisian, yakni dengan mengambil urine yang ada dalam diri anda. Setelah itu, membutuhkan waktu tidak lama untuk mengetahui hasilnya. Bila anda negatif, maka anda akan diberikan surat keterangan bebas narkoba dari pihak BNN.

Anda bisa memilih salah satu tempat yang digunakan untukmelakukan pengetesan narkoba. Masing-masing memiliki hasil yang sama untuk pengecekannya. Dengan begitu, anda akan terbebas dari narkoba bilamana hasilnya negatif.

Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba

Surat Keterangan Bebas Narkoba

Baca Juga :

Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba Di Kepolisian

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
DAERAH………..
RESOR…………..
SEKSI KEDOKTERAN DAN KESEHATAN

Surat Keterangan Bebas Narkoba
No: ……….

Saya yang bertandatangan di bawahini:

Nama : Ivan Aryansah
Tempat/ Tanggal Lahir : Purbalingga, 12 Mei 1999
Umur : 21 Tahun
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Karangpule Rt 03 Rw 02, Padamara, Purbalingga

Telah dilakukan pemeriksaan anamnesis, fisik, sertates urine terhadap narkoba pada hari … tanggal … dengan jenis pemeriksaan dan hasil diantaranya sebagai berikut:

a. Golongan morphin : ……….
b. Golongan THC : ……….
c. Golongan Amphetamin : ……….

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, maka yang bersangkutan pada saat pemeriksaan tidak terdapat zat-zat tersebut. Demikian surat pernyataan ini dibuat.

Purbalingga, …Januari 2021

Dokter Pemeriksa
……

Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit

PEMERINTAH KOTA ….
RUMAH SAKIT ….
Jl. Raya …..
Surat Keterangan Bebas Narkoba
No: ……….

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Lukman Hidayat
Tempat/ Tanggal Lahir :Purbalingga, 14 April 1998
Umur : 22 Tahun
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : KarangpuleRt 03 Rw 02, Padamara, Purbalingga

Telah dilakukan pemeriksaan anamnesis, fisik, sertates urine terhadap narkoba pada hari … tanggal … dengan jenis pemeriksaan dan hasil diantaranya sebagai berikut:

a. Golongan morphin : ……….
b. Golongan THC : ……….
c. Golongan Amphetamin : ……….

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, maka yang bersangkutan pada saat pemeriksaan tidak terdapat zat-zat tersebut. Demikian surat pernyataan ini dibuat.

Purbalingga, …Januari 2021

Pemeriksa Laboratorium
(nama)

Atas Nama Direktur RSUD…..
Kota…

Dr. …………
Nip:..……….

Itulah beberapa contoh surat keterangan bebas narkoba. Bagi anda yang menginginkan tes keterangan narkoba bisa melakukannya di beberapa tempat. Pastikan anda melakukannya di tempat resmi. Dengan begitu, hasil yang didapatkan pun akan terbukti dengan baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai surat keterangan bebas narkoba. Semoga informasi tersebut bermanfaat, terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.