10 Penyebab Ikan Cupang Mati Yang Jarang Diketahui Pemula

Kenapa ikan cupang mati? Salah satu hal yang sering dialami oleh pemula adalah ikan cupang meninggal hanya berselang beberapa hari saja setelah membelinya dari orang lain. Jika anda mengalami hal serupa berarti ada hal yang salah dalam merawat ikan cupang.

Sebagai pemula selain belajar cara ternak dan memberi makan ikan cupang sebaiknya anda juga memperperhatikan hal-hal yang bisa mengakibatkan ikan cupang menjadi cepat K.O padahal baru beberapa hari saja anda miliki.

Bacaan Lainnya

Penyebab Ikan Cupang Mati

Beberapa hal yang jarang anda perhatikan ini sebenarnya bisa membuat ikan cupang tidak sehat kemudian mengakibatkan dia kehilangan nyawanya.

Penyebab ikan cupang mati

Air Yang Tidak Diolah

Tidak semua air bisa digunakan untuk menaruh ikan cupang, meskipun ikan cupang merupakan hewan yang tidak mudah mati akan tetapi kalau airnya tidak cocok nyawanya hanya tinggal beberapa hari saja setelah anda mengganti airnya.

Anda bisa bertanya kepada penjual ikan cupang mengenai air yang cocok supaya cupang bisa bertahan hidup lama. Jika anda belum menyiapkan air untuk ikan cupang anda bisa menggunakan air dari penjual ikan cupang ke dalam aquarium anda.

Air Mengandung Bahan Kimia

Apabila anda tinggal di perumahan mungkin air yang ada di tempat anda tersebut sudah tercampur bahan kimia seperti pembunuh bakteri atau yang lainnya. Air yang terlihat jernih di mata manusia belum tentu baik untuk ikan cupang.

Untuk itu anda sangat perlu mempelajari cara mengelola air jika ingin memelihara ikan cupang. Pelajari cara merawat ikan cupang di rumah untuk pemula agar cupang anda bisa bertahan hidup dalam waktu yang lama.

Volume Air Yang Sangat Sedikit

Ikan cupang memang akan terlihat bagus apabila berada di dalam botol yang kecil, hal tersebut sebenarnya tidak masalah asalkan volume airnya cukup banyak dan kualitas airnya terjamin.

Tapi akan lebih baik kalau anda menaruh ikan cupang di tempat yang sedikit besar selain agar ikan cupang bebas beraktivitas tempat yang besar juga otomatis mempunyai kapasitas untuk menaruh air yang lebih banyak.

Semakin sedikitnya air maka apabila terkontaminasi bisa menyebar dengan cepat.

Suhu Terlalu Rendah

Ikan cupang adalah jenis ikan yang tidak tahan dengan suhu dingin, jika anda menaruh ikan cupang di tempat yang dingin maka itu adalah kesalahan fatal.

Anda juga harus memperhatikan air yang anda gunakan, sebaiknya jangan menggunakan air yang dingin untuk ikan cupang. Anda bisa menjemur ikan cupang bersama dengan airnya di pagi hari selama beberapa menit supaya air menjadi hangat setelah melewati malam yang dingin.

Terlalu Banyak Memberikan Pakan

Makan adalah hal yang penting untuk semua makhluk hidup, namun makan berlebihan juga tidak baik termasuk untuk ikan cupang. Para pemula biasanya memberi makan ikan cupang terlalu sering karena efek kegembiraan mempunyai ikan cupang baru di rumahnya.

Namun apabila anda tidak memperhatikan kualitas dan kuantitas makanan yang anda berikan kepada cupang anda hal tersebut hanya akan membuatnya menderita.

Baca Juga : 9 Makanan Ikan Cupang Yang Penuh Nutrisi

Membiarkan Sisa Makanan Tetap di Aquarium

Saat ikan cupang tidak menghabiskan makanannya sebaiknya anda segera melakukan penanganan dengan mengambil sisa makanan tersebut. Jangan biarkan sisa makanan berada di aquarium terlalu lama.

Sisa makanan yang berada di aquarium lama kelamaan pasti akan membusuk. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya kontaminasi sehingga bisa mengakibatkan ikan cupang keracunan.

Memberikan Jentik Nyamuk Yang Sudah Tua

Jentik nyamuk memang salah satu jenis makanan yang baik untuk ikan cupang, namun akan berbeda jika jentik nyamuk yang anda berikan ternyata sudah tua.

Jentik nyamuk yang sudah tua sudah terlalu keras sebagai makanan ikan cupang. Sehingga menjadi sulit dicerna dan bisa mengakibatkan ikan cupang mati.

Untuk itu anda harus benar-benar menerapkan pola makan ikan cupang dengan baik agar ikan cupang tidak mudah mati.

Ikan Cupang Terkena Penyakit

Ada banyak sekali faktor yang mengakibatkan ikan cupang terkena penyakit. Bahkan jenis penyakit untuk ikan cupang juga ada beraneka ragam.

Anda harus memperlajari jenis-jenis penyakit yang bisa terjadi pada ikan cupang dan belajar juga cara penanganannya.

Menaruh Beberapa Ikan Cupang dalam Satu Aquarium Yang Sama

Ikan cupang memang bisa berada dalam satu tempat yang sama, namun hal ini sangat jarang terjadi dan sebagai pemula anda tidak kami sarankan melakukannya.

Sebaiknya taruh satu ikan cupang dalam satu wadah dan pisahkan dengan yang lain, jangan lupa pula untuk diberikan sekat agar mereka tidak bisa saling melihat satu sama lain.

Termasuk sebaiknya anda tidak menaruh kaca di dalam atau di samping aquarium yang mengakibatkan ikan cupang bisa bercermin.

Hal tersebut bisa memicu stress dan membuat ikan cupang mati secara perlahan.

Desain Aquarium Yang Kurang Sehat

Aquarium memang akan terlihat lebih cantik apabila kita bisa mendekor dengan baik. Sebagai pemelihara ikan cupang pemula sebaiknya anda tidak asal dalam menaruh benda ke dalam aquarium.

Sebab bisa saja ikan cupang menderita akibat benda-benda kurang ramah lingkungan untuk ikan cupang. Anda dilarang memasukkan benda tajam, kotor atau mengandung bahan kimia.

Baca Juga : 10 Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Makan

Sebelum ikan cupang mati biasanya mereka akan mengalami stres terlebih dahulu. Saat masa stres ini sebenarnya ada kesempatan untuk menolong nyawa cupang anda jika melakukan penanganan yang baik. Tapi ada juga ikan cupang yang langsung mati mendadak.

Hindari beberapa hal yang sudah kami sampaikan di atas supaya anda bisa melihat ikan cupang dalam waktu yang lama di rumah anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.