10 Penyebab Kenapa Ikan Cupang Tidak Mau Makan

Plakat Nemo Galaxy

Salah satu persoalan yang sering dialami oleh pemilik ikan cupang adalah terkadang ikan cupang tidak mau makan seperti biasanya meskipun sudah diberi makanan sesuai jadwal.

Jika hal tersebut terjadi pada jenis ikan cupang yang paling mahal milik kita, sebagai pemilik pasti kita akan merasa sangat khawatir dengan perilaku yang tidak biasa tersebut.

Bacaan Lainnya

Sayangnya ada banyak penyebab kenapa ikan cupang menjadi tidak mau makan. Anda harus bisa mengamati dengan baik apa penyebab ikan cupang anda tidak doyan makan seperti biasa.

Inilah Penyebab Kenapa Ikan Cupang Tidak Mau Makan

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan ikan tidak mau menyentuh atau menghabiskan makanan yang sudah diberikan.

Alasan ikan cupang tidak mau makan

1. Sakit

Biasanya ikan cupang yang sedang sakit cenderung tidak mempunyai nafsu makan. Sedangkan ada beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang ikan cupang yang perlu anda ketahui.

Jenis penyakit yang bisa menyerang ikan cupang adalah : sisik nanas, white spot, velvet, pop eye, sembelit, dan penyakit kandung kemih.

2. Stress

Jika tidak diurus dengan baik maka ikan cupang bisa stress yang kemudian kehilangan nafsu makan. Ciri-ciri ikan cupang stress adalah malas bergerak atau cenderung berada di dasar soliter, tidak agresif, pucat, dan kehilangan warna tubuhnya.

3. Bosan dengan Makanan yang Itu-itu Saja

Ikan cupang juga bisa merasakan bosan dengan menu makanan yang sama setiap hari dalam jangka waktu yang lama. Untuk menjaga nafsu makan cupang anda sebaiknya gunakan menu makanan yang bervariatif dia mau makan dan warnanya tetap terjaga.

Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa digunakan untuk membuat menu makanan yang bervariasi seperti ; pelet, cacing sutra, cacing darah, kutu air, jentik nyamuk, dhapnia, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga : 28 Jenis Ikan Cupang Plakat dengan Gambar dan Ciri-cirinya

4. Tidak Sadar dengan Makanan

Ikan cupang yang baru mengenal akuarium atau soliter kebanyakan tidak langsung mau makan pelet, kemungkinan dia belum tahu kalau pelet tersebut adalah makanan sebab di alam liar ikan cupang tidak makan pelet.

Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa menggunakan makanan hidup atau beku.

5. Makanan Beku

Sebenarnya makanan beku itu baik untuk cupang, namun sayangnya tidak semua ikan cupang mau makan makanan beku sampai dicairkan dengan benar.

Jadi jika cupang anda tidak mau memakan makanan yang beku cobalah untuk dicairkan terlebih dahulu. Jangan lupa kalau makanan beku bisa mengembang dengan menyerap air.

Jangan berikan makanan yeng mengembang tersebut kepada ikan cupang karena bisa mengakibatkan sembelit atau penyakit kandung kemih.

6. Masih Baru

Kalau anda membeli ikan cupang baru akan ada beberapa yang menolak makan pada awalnya, bisa saja karena mereka stress karena baru pindah ke lingkungan yang baru.

Untuk menangani hal ini cobalah matikan lampu selama beberapa hari serta berilah makan diwaktu pagi dan sore hari. Jangan lupa mengambil makanan yang tidak dimakan bila sudah 10 menit di dalam soliter.

7. Memberi Makan Terlalu Banyak

Biasanya hal ini dilakukan oleh pemula yang saking senangnya mempunyai ikan cupang kemudian memberikan makan terlalu banyak sehingga tidak semua makanan habis dan ada yang mengambang.

Jika anda melihat makanan ikan banyak yang mengambang karena tidak habis cobalah untuk mengurangi porsinya.

Baca Juga : 10 Ikan Cupang Black Vampire dan Harganya +Gambar

8. Makanan Tidak Berkualitas

Ada banyak sekali jenis makanan untuk cupang dari harga yang sangat murah sampai yang mahal. Biasanya barang yang berkualitas rendah akan dijual dengan harga murah.

Baca Juga : 7 Jenis Ikan Cupang Mahal, Harganya Ada Yang Sampai Puluhan Juta!

Akan tetapi tidak selalu barang murah itu kualitasnya rendah, jadi memang perlu melakukan percobaan terhadap jenis makanan untuk ikan cupang demi mendapatkan pakan yang cocok dan berkualitas.

9. Suhu Air

Saat anda menaruh ikan cupang kedalam air yang terlalu dingin hal itu dapat berakibat fatal kepada ikan cupang. Ikan cupang akan lesu dan metabolisme tubuh mereka juga akan melambat.

Sehingga ikan cupang tidak mau makan seperti yang anda harapkan. Sebaiknya pelajari dulu bagaimana air yang cocok untuk menaruh ikan cupang.

10. Lingkungan

Demi membuat nafsu makan ikan cupang terjaga anda juga harus memperhatikan lingkungannya. Air yang terlalu kotor atau air yang sudah tercampur dengan bahan kimia bisa membuat ikan cupang tidak mau makan.

Nah itulah beberapa penyebab kenapa ikan cupang tidak mau makan atau menghabiskan makanan seperti biasanya. Anda harus tahu apa penyebab ikan cupang anda kehilangan nafsu makan. Kemudian berhati-hatilah dalam menanganinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.