9 Makanan Ikan Cupang Yang Penuh Nutrisi

Jenis Makanan Untuk Ikan Cupang

Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara oleh orang-orang. Ada keistimewaan tersendiri yang ada di dalam ikan Cupang, sehingga mereka tertarik untuk memeliharanya. Baik itu dari segi ukuran, bentuk tubuh, kecantikan, dan beberapa faktor lainnya. Pastinya ada salah satu hal yang yang membuat orang-orang tertarik untuk memelihara ikan Cupang. Oleh sebab itu anda tidak boleh memberikan makanan ikan cupang dengan makanan yang sembarangan

Ada banyak sekali jenis ikan Cupang yang bisa anda pilih, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Setiap ikan Cupang yang ada biasanya dijual dengan harga yang berbeda-beda. Semakin baik kualitasnya, maka semakin tinggi nilai jual dari ikan Cupang tersebut.

Bacaan Lainnya

Makanan Ikan Cupang

Dalam memelihara ikan Cupang, ada banyak hal yang harus anda lakukan. Salah satunya adalah memberikan makanan kepada ikan Cupang. Tentu tidak sembarang makanan yang bisa anda berikan ke Cupang kesayangan anda. Hal ini akan berpengaruh terhadap tumbuhnya ikan Cupang yang anda pelihara.

Adapun beberapa macam makanan ikan Cupang yang terbaik untuk digunakan adalah sebagai berikut.

Jenis Makanan Ikan Cupang

1. Jentik Nyamuk

Siapa sangka, ternyata ikan Cupang juga suka dengan jentik nyamuk. Jentik nyamuk merupakan salah satu makanan favorit dari ikan Cupang itu sendiri. Jenis makanan yang satu ini juga kaya akan protein yang pastinya cocok untuk pakan Cupang yang masih dalam masa pertumbuhan.

Supaya bisa mendapatkan jentik nyamuk, anda bisa mengisi sebuah ember dengan air bekas cucian dan tempatkan di tempat gelap dan terbuka.
Tunggu saja hingga nyamuk bertelur dan menghasilkan jentik-jentik.

Setelah itu, anda bisa memberikan jentik nyamuk tersebut kepada ikan Cupang. Atau anda juga bisa membelinya di pasar karena ada banyak sekali orang-orang yang sengaja memelihara jentik-jentik untuk dijual di pasaran. Harganya pun terjangkau bilamana memberikan Cupang dengan makanan yang satu ini.

2. Cacing Darah

Cacing Darah atau Bloodworm merupakan salah satu makanan ikan Cupang yang direkomendasikan untuk anda gunakan. Jenis makanan yang satu ini kaya akan protein yang pastinya bagus untuk pertumbuhan ikan Cupang. Kandungan gizi yang ada di dalamnya sama seperti halnya menu makanan lainnya.

Namun banyak orang yang percaya bahwa makanan yang satu ini bisa menghasilkan hasil warna yang lebih cantik dan indah. Sangat cocok sekali jika anda memberikan ikan Cupang dengan jenis yang satu ini. Banyak dari mereka yang sudah membuktikan keberhasilannya dengan memberikannya kepada ikan Cupang.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Cupang dengan Baik dan Benar

3. Cacing Sutra

Salah satu makanan yang paling disukai oleh ikan Cupang adalah Cacing Sutra. Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Cacing Sutra memiliki keunggulan tersendiri sebagai salah satu makanan favorit Cupang. Banyak dari para pemelihara ikan Cupang yang memilih menggunakannya.

Anda tidak perlu khawatir akan kandungan gizi yang ada di dalam Cacing Sutra untuk ikan Cupang. Cacing sutra sangat baik untuk pertumbuhan dan memberikan hasil tubuh yang indah terhadap ikan Cupang milik anda pastinya. Anda juga dapat membeli makanan Cupang yang satu ini jika malas mencarinya. Anda juga bisa membeli Cacing Sutra di pasaran.

4. Microworms

Microworms merupakan salah satu jenis pakan alami yang baik untuk ikan Cupang. Jenis makanan yang satu ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan sangat cocok sebagai makanan ikan Cupang. Jika anda ingin memberikan makan Microworms, maka anda harus membelinya atau memeliharanya sendiri.

Membudidayakan Microworms ini tidaklah sulit, anda cukup membeli Microworms dari pedagang dan letakan di dalam toples. Berikan sedikit roti tawar di dalamnya dan diremah-remah, maka Microworms dengan sendirinya akan berkembangbiak di dalamnya. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi anda karena tidak perlu repot-repot dalam mencari pakan ikan Cupang lagi.

5. Kutu Air

Jenis makanan ikan Cupang lainnya yang bagus adalah Kutu Air. Siapa sangka, Kutu Air menjadi salah satu makanan favorit Cupang. Banyak dari pemelihara ikan Cupang yang menggunakan Kutu Air untuk diberikan kepada ikan Cupang. Memang ada keistimewaan tersendiri bilamana memberikan makanan Kutu Air terhadap ikan Cupang.

Karena kandungan lemaknya yang rendah, Kutu Air menjadi salah satu makanan favorit Cupang yang cukup baik. Anda juga dapat memberikan variasi terhadap pakan kutu air dengan pakan lainnya supaya rasanya menjadi lebih enak. Ikan Cupang pun akan lebih senang pastinya.

6. Kuning Telur

Apakah anda sedang mencari pakan ikan Cupang? Kuning Telur menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk anda gunakan. Banyak dari pemelihara ikan Cupang yang sudah menggunakan Kuning Telur. Hal ini terbukti memberikan hasil yang berkualitas terkait ikan Cupang yang telah dipelihara.

Kuning Telur sendiri mengandung banyak protein yang pastinya akan sangat baik untuk pertumbuhan ikan Cupang. Selain itu, dengan mengonsumsi Kuning Telur akan membuat kondisi ikan Cupang memiliki tampilan yang lebih cantik.

Namun ingat, jangan terlalu sering memberikan makanan ini jika kondisi aquarium anda tidak ingin kotor. Dengan begitu, kesehatan ikan Cupang pun akan terganggu nantinya.

Baca Juga : 10 Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Makan

7. Burayak Guppy

Salah satu makanan ikan Cupang yang direkomendasikan untuk anda pilih selanjutnya adalah Burayak Guppy. Mungkin agak asing di telinga anda, Burayak Guppy ini merupakan jenis ikan yang mudah berkembang biak. Namun anak-anak dari jenis ikan yang satu ini dapat dijadikan makanan untuk Cupang.

Sangat populer di kalangan masyarakat yang menggunakan Burayak Guppy untuk pakan ikan Cupang. Karena kandungan nutrisinya yang sangat baik, hal ini akan sangat membantu pertumbuhan dari ikan Cupang tersebut. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi anda yang memelihara ikan Cupang.

8. Artemia

Makanan Cupang yang direkomendasikan untuk anda selanjutnya adalah Artemia. Jenis makanan yang satu ini merupakan udang kecil yang hidup di laut atau yang terkenal dengan nama brine shrimp. Ukurannya yang kecil dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi menjadikan makanan ikan Cupang yang satu ini banyak dipilih oleh orang-orang.

Selain itu, kandungan protein dari makanan ikan Cupang yang satu ini sangat baik. Anda bisa membeli Artemia di tempat penjualan pakan ikan ataupun secara online. Banyak dari mereka yang menjual jenis makanan ikan yang satu ini.

9. Lalat

Lalat juga menjadi salah satu makanan yang cocok untuk ikan Cupang. Jenis makanan yang satu ini memiliki gizi yang sangat baik untuk Cupang. Akan tetapi, anda tidak harus memberikan pakan lalat secara berlebihan kepada ikan Cupang. Dan anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting dalam memberikan umpan tersebut.

Untuk bagian kepalanya, alangkah baiknya dibuang terlebih dahulu supaya ikan Cupang mau memakannya. Jika anda memilih lalat sebagai makanan ikan Cupang, sebaiknya jangan dijadikan makanan utama. Sebab tidak semua jenis ikan Cupang menyukai lalat sebagai menu makanannya.

Nah itulah beberapa jenis makanan ikan cupang yang bisa anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan cupang agar selalu sehat. Jangan beri beri cupang anda mendapatkan makanan yang tidak baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.