Kerja dari Rumah

5 Tips Memulai Usaha Setelah PHK

Salah satu dampak dari pandemi virus Corona adalah banyak karyawan yang kehilangan pekerjaan. Hal ini dilakukan oleh beberapa perusahaan untuk bisa bertahan ditengah krisis saat ini.

Untuk Anda yang terkena PHK (pemutusan hubungan kerja), jangan putus asa. Anda tetap bisa mempunyai penghasilan dengan memulai usaha mandiri. Oleh karena itu PencariNafkah.com akan mencoba memberikan beberapa tips memulai usaha setelah PHK.

Tips Memulai Usaha Setelah PHK

Berikut Tips Memulai Usaha Setelah PHK

1. Alokasikan Dana Darurat

Ketika Anda di PHK, pasti mendapatkan uang pesangon. Segeralah alokasi uang pesangon yang Anda miliki untuk Dana Darurat.

Karena Anda tidak tahu pasti apa yang akan terjadi dimasa depan. Oleh karena itu dana darurat sangat penting untuk keluarga.

Berapa besaran dana darurat?

Bila Anda sudah berkeluarga dan memiliki satu anak, maka besaran minimal adalah 12 kali pengeluaran rutin bulanan.

Setelah itu sisanya bisa Anda alokasikan untuk keperluan usaha.

2. Mulai Usaha Kecil Dulu

Untuk memulai usaha setelah PHK Anda bisa memulai dengan usaha yang kecil. Untuk bertahan dikeadaan yang tidak menentu saat ini, jangan mengambil resiko yang besar.

Pilihlah model bisnis yang bisa menghasilkan Cashflow (arus kas) rutin setiap hari atau setiap bulan.

Belum punya gambaran mau usaha apa? Bisa baca artikel kami tentang 10 Ide Usaha Rumahan, Analisa Usaha Es Buah, Peluang Usaha Jualan Gorengan.

3. Membeli Paket Usaha Kemitraan

Untuk Anda yang tidak bisa membuat produk sendiri. Anda bisa mencoba membeli paket kemitraan dengan harga yang murah sekitar 3-5 jutaan. Anda sudah bisa mendapatkan paket lengkap seperti resep, bahan baku beserta booth untuk jualan.

Untuk referensinya Anda bisa baca disini 14 Daftar Waralaba Franchise Minuman dan Daftar Paket Waralaba Franchise Makanan.

4. Pisahkan Uang Usaha dan Uang Pribadi

Setelah memulai usaha, Anda harus disiplin untuk memisahkan uang usaha dan uang pribadi/harian. Ingat, usaha mandiri berbeda ketika Anda menjadi karyawan.

Disini pencatatan arus kas sangat penting untuk melihat usaha yang Anda jalankan berjalan dengan baik atau tidak.

5. Belajar Instrumen Investasi

Jika Anda sudah memulai berinvestasi, saya ucapkan selamat! Jika belum, Anda bisa mulai belajar investasi mulai sekarang.

Kenapa Investasi penting? Karena investasi dapat menjadi tambahan pemasukan. Dengan berinvestasi, tentunya menjadi kesempatan bagi Anda menambah nilai atas uang yang dimiliki.

Apa saja contoh instrumen investasi?

  • Saham
  • Deposito
  • Reksadana
  • Cryptocurrency
  • Obligasi (Surat Hutang)
  • Emas
  • Properti

Kesimpulan

Itulah beberapa tips memulai usaha setelah PHK yang bisa Anda coba. Intinya lakukan apapun untuk bisa bertahan ditengah keadaan yang tidak menentu saat ini. Atau Anda mau banting setir untuk menjadi pengusaha saja? Anda bisa membaca beberapa tips ini.

Kontributor pencarinafkah.com. Blogger asal Klaten - Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.