Skill yang Wajib Dimiliki Pengusaha

Skill Yang Wajib Dimiliki Pengusaha Agar Sukses Berbisnis

Menjadi seorang pengusaha tidak semudah membalikan telapak tangan. Banyak masalah dan tantangan yang dihadapi.

Oleh karena itu seorang pengusaha juga dituntut memiliki beberapa skill untuk mendukung kesuksesannya membangun bisnisnya.

Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Rumah 2020

Skill yang Wajib Dimiliki Pengusaha

Berikut Skill yang Wajib Dimiliki Pengusaha

1. Fokus

Seorang pengusaha wajib untuk fokus apa yang akan dikerjakan. Fokus pada satu bidang usaha dan tidak mudah terpengaruhi dengan hal lain.

2. Komunikasi

Pengusaha tidak akan pernah lepas dengan kemampuan berkomunikasi. Karena kemampuan inilah yang akan membantu Anda dalam menjalin kerjasama.

Keahlian berkomunikasi ini tak didapat di bangku sekolah tapi berasal dari kebiasaan. Oleh karena itu sering-seringlah belajar komunikasi dengan orang sekitar.

3. Negosiasi

Seorang pengusaha tidak pernah lepas untuk menjalin relasi, dan kerjasama dengan pihak lain. Karena itu kemampuan ini sangat penting.

Anda sebaiknya terbiasa mendengarkan, mempelajari situasi, dan mengidentifikasi.

Sebaik mungkin hindari negosisasi yang bersifat intimidatif. Carilah opsi-opsi yang win-win solution.

4. Manajerial

Kemampuan manajerial adalah kemampuan untuk mengatur, mengoordinasikan dan menggerakkan para bawahan ke arang pencapaian tujuan yang telah ditentukan.

Kemampuan ini bakal teruji di saat-saat kritis. Bagaimana Anda mengambil keputusan yang tepat tanpa mengorbankan orang lain. Jadi kemampuan ini sangat penting.

5. Manajemen Emosi

Belajarlah mengontrol emosi. Pengusaha selalu mengandalkan rasionalitas bukan emosi. Jadi semua keputusan harus diambil secara rasional.

Bagaimana jadinya kalau keputusan diambil berdasarkan emosi? bisa berantakan.

6. Mengatur Arus Kas

Nyawanya bisnis adalah kas. Anda harus belajar mengelola keuangan usaha yang dimiliki. Ingat ya, berbisnis itu mencari untung bukan buntung.

Kan bisa merekrut karyawan akuntan?

Iya memang And bisa merekrut seorang akuntan, tetapi juga wajib tahu bagaimana arus kas itu dicatat, minimal Anda tahu dasar-dasarnya saja.

7. Inovatif dan Kreatif

Seorang pengusaha dikenal dengan orang yang kreatif dan inovatif. Karena mereka sudah terbiasa menghadapi masalah sehingga dengan kreativitasnya mampu mencari jalan keluar dan mencipta peluang bisnis baru.

Itulah beberapa skill yang wajib dimiliki pengusaha/pebisnis. Tentu saja semuanya tidak bisa Anda pelajari banyak sekaligus. Harus satu persatu, nanti lama kelamaan akan terasah dilapangan. Selamat mencoba!

Kontributor pencarinafkah.com. Blogger asal Klaten - Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.