Persyaratan Pendaftaran CPNS 2021 Yang Bisa Anda Siapkan Jauh Hari

Dokumen Persyaratan Pendaftaran CPNS

Pendaftaran CPNS hampir selalu ada setiap tahun, meskipun pada tahun kemarin CPNS tidak membuka lowongan karena pandemi selama tahun 2020. Namun di tahun berikutnya seleksi CPNS akan ada lagi. Bagi anda yang bercita-cita untuk menjadi PNS anda bisa menyiapkan persyaratan pendaftaran CPNS dari jauh hari.

Menyiapkan persyaratan CPNS dari jauh hari membuat anda mempunyai banyak waktu luang untuk mengurus sisanya dan memperbanyak kesempatan saat melamar di lowongan CPNS apabila sudah dibuka nantinya.

Bacaan Lainnya

Dengan menyiapkan beberapa persyaratan yang bisa berlaku lama ini selanjutnya anda hanya perlu membuat persyaratan yang masa berlakunya singkkat seperti SKCK, Surat Sehat, dll.

Jadi beberapa persyaratan ini wajib anda siapkan jauh hari agar anda lebih siap dalam mendaftarkan diri ke lowongan CPNS karena apabila semuanya anda lakukan secara mendadak maka kemungkinan dalam mengurus berkas-berkasnya akan anti sehingga waktu anda melakukan pendaftaran jadi semakin sedikit.

Persyaratan Pendaftaran CPNS

Pendaftaran CPNS adalah peluang bahkan impian oleh banyak orang, dalam hal ini anda akan bersaing dengan jutaan orang di Indonesia. Apabila anda tidak mempersiapkan diri dengan matang kesempatan yang ada di hadapan anda mungkin akan hilang dan harus menunggu kesempatan berikutnya.

Selain latihan soal, menyiapkan persyaratan pendaftaran CPNS juga merupakan hal penting yang masih jarang dilakukan oleh banyak orang. Berikut ini adalah beberapa berkas yang bisa anda siapkan untuk menyiapkan persyaratan pendaftaran CPNS yang akan datang.

List Persyaratan Pendaftaran CPNS

Persyaratan Umum CPNS

  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Transkip Nilai
  5. Pas Foto & Swafoto
  6. SKCK
  7. Dokumen Lain

Untuk yang bisa anda siapkan jauh hari mungkin dari yang nomer 1 sampai 5. Sedangkan untuk SKCK anda bisa membuat atau memperpanjang mendekati adanya lowongan CPNS.

Kemudian untuk dokumen lain seperti Surat Lamaran atau dokumen pendukung untuk masing-masing posisi anda perlu menunggu kebijakan resmi. Sebab format surat lamaran untuk CPNS biasanya sudah disediakan.

Swafoto & Pas Foto

Swafoto adalah foto yang diambil saat anda memegang KTP atau Surat Keterangan dengan posisi landscape atau melebar. Kemudian buat gambar tersebut berukuran maksimal 200 Kb dan berformat JPEG.

Sedangkan untuk Pas Foto anda bisa menggunakan latar belakang merah, jika ternyata latar belakang yang berlaku bukan merah anda tidak perlu panik karena anda hanya tinggal mengedit latar belakang menjadi warna merah.

Sekarang ini sudah banyak aplikasi yang bisa mengubah warna latar belakang dengan mudah.

Jangan lupa siapkan Pas Foto dengan format JPEG/JPG dengan ukuran maksimal 200 Kb.

Baca Juga : Gratis Kompres Foto, File PDF/PNG/JPEG Tanpa Aplikasi

KTP

Hasil scan E-KTP sebaiknya terlihat jelas dan tidak blur kemudian siapkan hasil scan dengan format JPG dan maksimal ukuran 200 Kb.

Apabila anda belum mempunyai E-KTP anda bisa menggunakan Surat Keterangan Perekaman dari Dukcapil.

Ijazah & Transkip Nilai

Scan Ijazah asli anda kemudian ubah formatnya menjadi PDF dengan ukuran maksimal 700 Kb. Jangan lupa untuk Ijazah pastikan sudah terdaftar di SIVIL (Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik).

Baca Juga : Disini Letak Nomor Ijazah SD, SMP, SMA, SMK, D3, S1, S2 Yang Benar

Lalu anda juga perlu melakukan scan Transkip Nilai dengan format PDF dan ukuran maksimal 500 Kb.

Nah itulah persyaratan pendaftaran CPNS yang bisa anda persiapkan jauh hari. Kemudian saat lowongan CPNS tersedia anda harus memperhatikan dokumen yang lain seperti Sertifikat Akreditasi, Surat Lamaran, Surat Tanda Registrasi, Sertifikat Pendidik, atau sertifikat yang lain sesuai dengan persyaratan dari lowongan yang ingin anda lamar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.