Langkah Membuat Akun Instagram Bisnis

Langkah Membuat Akun Instagram Bisnis

Sekarang Instagram bukan lagi hanya sebagai sosial media biasa, melainkan sudah digunakan untuk lapak jualan online atau biasa disebut dengan olshop.

Untuk Anda sebagai pelaku bisnis, Anda wajib merubah profil pribadi ke profil bisnis. Kenapa begitu? Jika Anda ingin meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis, Anda wajib membuat akun Instagram bisnis. Anda akan mendapatkan fitur khusus yang hanya diberikan pada akun yang sudah beralih ke profil bisnis.

Untuk menambah pemahaman Anda mengenai akun instagram bisnis, simak penjalasan berikut.

Apa itu Instagram Bisnis?

Langkah Membuat Akun Instagram Bisnis

Instagram bisnis merupakan fitur khusus yang diberikan Instagram untuk keperluan pelaku bisnis/usaha. Sehingga akun Anda akan diubah dan di setting untuk keperluan promosi bisnis. Yang membuat akun Instagram bisnis spesial adalah fitur khususnya.

Apa saja fitur khusus Instagram Bisnis?

Di Instagram bisnis, Anda akan mendapatkan fitur khusus yang disebut Insight (wawasan). Di dalam fitur Insight akan dibagi menjadi tiga, yaitu konten, aktivitas, dan pemirsa.

Di dalam fitur Insight inilah Anda bisa menganalisa audience (followers), konten yang populer, sampai aktivitas audience.

Penjelasan Tiga Fitur Insight:

  • Konten: untuk memonitor aktivitas dan keterlibatan orang dengan postingan yang dibuat.
  • Aktivitas: untuk melihat jumlah jangkauan, tayangan, dan jumlah kunjungan profil.
  • Pemirsa: untuk melihat Demografi (usia, jenis kelamin) dan lokasi. Selain itu Anda juga bisa melihat hari atau jam paling aktif dari follower Anda, sehingga Anda bisa memposting di hari dan jam tersebut untuk mendapatkan performa postingan yang baik.

Langkah Membuat Akun Instagram Bisnis

Pastikan Anda sudah mempunyai akun Instagram pribadi. Untuk membuat akun Instagram Anda bisa cari tutorial di Internet karena ini gampang banget.

Merubah Profil Pribadi ke Profil Instagram Bisnis:

  1. Masuk ke Profil Akun Anda
  2. Pencet Garis 3 di pojok kanan atas
  3. Gulir ke bawah, Pilih Pengaturan
  4. Pilih Akun
  5. Pilih Beralih ke Profil Bisnis
  6. Klik Lanjutkan, lalu pilih jenis bisnis yang Anda jalankan
  7. Klik next atau lanjutkan. Pastikan alamat email dan nomor telepon yang dicantumkan sudah sesuai. Hal ini untuk memudahkan calon pembeli menghubungi Anda untuk melakukan aktivitas transaksi.
  8. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menyambungkan profil Instagram bisnis ke Facebook Page. Jika tidak ada, bisa juga klik pilihan don’t connect to Facebook (jangan terhubung ke Facebook).
  9. Sekarang Akun Instagram bisnis Anda sudah selesai.

Bagaimana, mudah bukan? Atau malah menemui kesulitan? Tulis dikomen ya!

Apa yang harus dilakukan selanjutnya jika sudah berhasil beralih ke profil bisnis? Langkah selanjutnya adalah mengoptimasi profil bisnis Instagram Anda.

Bagaimana caranya? Tunggu di artikel selanjutnya ya..

Akhir Kata

Itulah langkah-langkah membuat akun Instagram Bisnis dengan mudah. Silahkan dicoba dan jika menemui kesulitan atau ada pertanyaan tulis dikolom komentar dibawah.

Baca juga Seri Instagram Marketing:

Kontributor pencarinafkah.com. Blogger asal Klaten - Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.