Cara duduk saat wawancara

Kumpulan Contoh Pertanyaan Interview dan Jawabannya

Bila anda ingin memasuki dunia kerja, ada beberapa hal yang harus anda lewati untuk diterima di sebuah perusahaan. Salah satunya adalah interview kerja, meskipun pertanyaannya sederhana namun banyak orang yang ragu akan jawabannya sendiri.

Untuk itulah kami membuatkan rangkuman contoh pertanyaan interview dan jawabannya untuk membantu anda menghadapi proses wawancara kerja.

Interview kerja merupakan salah satu tahapan seleksi kerja yang harus dilewati oleh para pelamar, dimana pelamar kerja akan berhadapan dengan perwakilan dari sebuah perusahaan untuk melihat apakah calon kadidat cocok bekerja di perusahaannya atau tidak.

Interview kerja akan menjadi tantangan seorang pelamar kerja karena akan diberikan pertanyaan cukup penting. Apabila bisa menjawabnya dengan tepat dan sesuai dengan apa yang diharapkan, kesempatan besar untuk lolos seleksi kerja akan semakin besar.

Supaya anda bisa lolos seleksi interview kerja, anda bisa melakukan latihan terlebih dahulu. Banyak cara yang bisa anda pelajari agar bisa lolos seleksi kerja. Apalagi sekarang ada teknologi internet yang menjadikan anda lebih mudah dalam belajar.

Anda bisa melihat tutorial wawancara kerja di YouTube, Google dan lain sebagainya. Kira-kira bagaimana cara menjawab pertanyaan interview kerja yang sering muncul.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan interview kerja beserta jawabannya yang sering ditanyakan.

Contoh Pertanyaan Interview dan Jawabannya

Menjawab Kelebihan dan Kekurangan

Ceritakan Tentag Diri Anda?

Pertanyaan yang sudah pasti muncul di sesi wawancara pelamar kerja adalah menceritakan tentang diri anda. Disini anda harus menjelaskan secara detail mengenai identitas anda mulai dari nama, alamat, asal sekolah, dan lain-lain. Dalam menjelaskan identitas diri dilakukan dengan jawaban yang tegas dan tidak berbelit-belit.

Contoh jawaban yang bisa dipakai :

“Nama saya Yanto Sutejo, saya alumni dari SMK YPT 2 Purbalingga, saya beralamat di Desa Karangsari, Kecamatan Kalimana, Purbalingga”.

Setelah itu, anda bisa menjelaskan kelebihan yang dimiliki oleh diri anda sendiri

Mengapa Anda Memiliih Jurusan… ?

Ada banyak jurusan disaat anda kuliah atau sekolah SMK yang harus dipilih. Disini akan menjadi pertanyaan dari HRD mengapa anda memilih jurusan tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan seperti ini bisa anda jelaskan mengenai kesukaan anda terhadap jurusan tersebut. Selain itu, anda bisa menjelaskan keahlian yang dimiliki dalam jurusan yang dipilih.

Contoh jawaban yang bisa dipakai :

“Saya suka sekali dengan jurusan komputer karena memang sejak kecil saya suka mengotak atik komputer. Dengan mengambil jurusan ini akan menjadikan saya lebih berkembang mengenai ilmu yang bisa didapatkan di dunia komputer”

Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?

Pertanyaan seperti ini sering kali menjadikan banyak pelamar gagal. Padahal mereka harus menjawab kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri. Namun jawaban yang kurang tepat tidak akan membuat HRD menerima interview anda.

Baca Juga : Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Pada Saat Interview Kerja

Contoh jawaban yang bisa dipakai :

“Kelebihan saya adalah jujur, disiplin dan pekerja keras. Sementara kelemahan saya adalah suka lupa. Akan tetapi, saya akan berusaha sekeras mungkin untuk mengatasi kelemahan saya dengan cara mencatat hal-hal yang penting di selembar kertas”

Berapa Gaji Yang Diharapkan Untuk Posisi Ini?

Pastikan anda tidak menjawab pertanyaan ini dengan jawaban terserah. Berikan jawaban dengan nominal yang masuk akal.

Contoh jawaban yang bisa dipakai :

“Saya berharap, saya bisa memperoleh gaji Rp. 4 juta untuk posisi yang saya lamar ini”

Bagaimana Jika Saya Tidak Bisa Membayar Gaji Yang Anda Minta?

Jika anda mendapatkan pertanyaan seperti ini, anda bisa mengalah untuk menurunkan sedikit gaji yang anda minta.

Contoh jawaban yang bisa dipakai :

“Bagaimana kalau Rp. 3,5 juta?”

Apakah Anda Suka Bekerja Secara Individu Atau Secara Tim?

Ketika anda mendapatkan pertanyaan seperti ini, anda bisa menjawabnya dengan sangat mudah. Namun jangan sampai anda menjawabnya secara singkat seperti memilih salah satu pekerjaan yang dilakukan secara individu atau tim.

Contoh jawaban yang bisa dipakai :

“Bergantung pada pekerjaan yang harus saya selesaikan. Meskipun saya suka bekerja sendiri, namun saya juga dapat bekerja secara tim”

Apakah Anda Memiliki Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja?

Jenis pertanyaan HRD yang satu ini sering kali mengecoh para pelamar yang sudah pernah bekerja di suatu perusahaan. Disini anda harus menghindari jawaban yang menjelek-jelekan pihak lain. Hal itu akan kurang disukai oleh HRD.

Contoh jawaban yang bisa dipakai :

“Ya, saya pikir hubungan saya dengan rekan kerja semua berjalan dengan baik. Memang saya pernah memiliki masalah dengan seorang rekan kerja terkait tanggung jawab. Namun kami menyelesaikan masalah tersebut dengan cara berdiskusi bersama, sehingga memiliki tanggung jawab masing-masing”

Bisakah Anda Bekerja di Bawah Tekanan?

Pertanyaan ini juga sering kali muncul dimana anda harus menjawabnya dengan tepat. Ketika anda mendapatkan pertanyaan seperti ini, jawaban harus benar-benar dijawab dengan matang.

Contoh jawaban yang bisa dipakai :

“Ya, selama ini saya bisa mengatasi tekanan pekerjaan yang saya lakukan. Menurut saya tekanan yang diberikan kepada saya akan menjadikan hal itu lebih positif karena dapat mengeluarkan berbagai inisiatif, potensi dan keterampilan untuk menyelesaikan pekerjaan menjadi lebih mudah”

Mengapa Anda Pindah Kerja Dari Perusahaan Sebelumnya?

Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini tidak diharuskan memberikan jawaban yang menjelekan perusahaan lainnya. Anda bisa memberikan jawaban yang lugas terkait kepindahanan dari perusahaan sebelumnya.

Contoh jawaban yang bisa dipakai :

“Saya ingin pekerjaan yang lebih menantang dan menurut saya perusahaan ini dapat memenuhi keinginansaya”

Apakah Anda Pernah Bolos Bekerja?

Apabila anda mendapatkan pertanyaan seperti ini dan anda menjawabnya terus terang pernah melakukannya. Hal ini tentu akan membuat diri anda sulit diterima di perusahaan yang anda lamar.

Pastikan anda memberikan jawaban yang pas terhadap pertanyaan yang dilontarkan HRD.

Contoh jawaban yang bisa dipakai :

“Selama saya bekerja, yang saya ingat tidak pernah melakukan hal itu. Setiap saya tidak masuk itu karena ada kepentingan dan saya selalu ijin kepada atasan saya untuk tidak masuk bekerja sesuai kepentingan yang ditentukan.

Apakah Anda Bersedia Bekerja Lembur?

Lembur kerja menjadi salah satu hal yang harus disiapkan oleh para pelamar. Hal ini dikarenakan perusahaan bisa saja mengadakan lembur kerja terkait produk yang diminta. Maka dari itu, pertanyaan seperti ini seringkali dimunculkan ke para pelamar kerja.

Contoh jawaban yang bisa dipakai :

“Ya, saya siap untuk lembur,itu tidak menjadikan masalah bagi saya”

Disini anda harus menyatakan siap terkait pertanyaan apakah anda bersiap untuk lembur.

Menurut Anda, Perusahaan Kami Itu Seperti Apa?

Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, anda harus memberikan jawaban kelebihan dari perusahaan tersebut. Jangan sampai anda menjawab kekurangan dari perusahaan yang anda lamar karena akan berpotensi buruk pada anda sendiri.

Contoh jawaban yang bisa dipakai :

“Menurut saya, perusahaan ini sangat baik karena sudah sangat terkenal produknya. Selain itu, banyak dari media yang sudah meliput perusahaan ini. Sebab itulah mengapa saya tertarik untuk bekerja di perusahaan ini”.

Apakah Anda Siap Menerima Tanggung Jawab Yang Lebih Besar?

Pertanyaan seperti ini bisa anda jawab dengan tangkas bahwa anda siap untuk menerima tanggung jawab yang diberikan perusahaan kepada anda.

Contoh jawaban yang bisa dipakai :

“Ya saya siap, dalam pandangan saya, disini saya harus menerima tanggungjawab yang besar dan posisi yang lebih tinggi untuk mencapai karier yang diinginkan. Dengan cara ini dapat menjadikan saya menjadi lebih baik”

Baca Juga :

Itulah beberapa contoh pertanyaan interview dan jawabannya yang bisa anda pelajari dengan baik agar anda tidak lagi mengalami gagal saat melakukan tes wawancara kerja.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.