contoh surat lamaran kerja

Tips Interview Kerja Agar Sukses Diterima Perusahaan

Dalam proses tahapan seleksi penerimaan calon karyawan, tahapan interview menjadi proses terakhir yang harus dihadapi oleh seorang kandidat.

Sehingga tidak sedikit yang merasa tertekan atau gugup dalam proses wawancara. Untuk itulah tips interview kerja sangat membantu Anda agar sukses menghadapi wawancara dengan HRD.

Berikut Tips Interview Kerja

Tips Interview Kerja

Berlatih wawancara

Lakukan latihan wawancara kepada teman untuk membiasakan diri dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan oleh pewawancara.

Saat wawancara kerja dilakukan, anggaplah pewawancara sebagai teman atau saudara, sehingga Anda tidak akan merasa stres saat menjawab pertanyaannya.

Selalu Berpikir Positif

Dengan berpikir positif bahwa wawancara kerja dapat berjalan lancar hingga selesai, dapat meningkatkan motivasi dan percaya diri Anda.

Lakukan self-talk (berbicara kepada diri sendiri) yang positif untuk membuang pikiran negatif dan rasa cemas. Contohnya seperti ini, “Saya memenuhi syarat untuk posisi ini”, atau “Saya seorang kandidat yang kuat dan tepat untuk pekerjaan ini”.

Cari Informasi Tentang Perusahaan yang Anda Lamar

Tips interview kerja selanjutnya adalah cari informasi tentang perusahaan. Coba Anda cari informasi mengenai perusahaan tersebut, bergerak dibidang apa, hingga produk yang dijual.

Anda bisa dengan mudah mengetahuinya dengan membaca situs resmi perusahaan tersebut.

Dengan memperbanyak informasi mengenai perusahaan tersebut, Anda tidak akan kelabakan jika ditanya oleh pewawancara mengenai “apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?”

Baca juga: Cara Melamar Kerja Tanpa Pengalaman. Ini Rahasianya!

Attitude yang Baik

Attitude adalah sikap yang Anda tunjukan ke orang lain. Jika Anda terbiasa dengan attitude yang kurang baik, hal ini akan terlihat di mata pewawancara. Biasanya pewawancara dapat melihat attitude calon karyawan sejak interview.

Contoh attitude kurang baik, misalnya datang terlambat tanpa pemberitahuan, berkata dan bersikap tidak sopan, serta terkesan meremehkan proses interview.

Dibanding tips interview kerja yang lain, attitude yang baik menjadi hal penting yang wajib Anda miliki. Tanpa attitude yang baik, jangan harap Anda bisa masuk ke dalam tim perusahaan.

Perhatikan Body Language

Pada saat wawancara sering kali seorang kandidat tidak memperhatikan bahasa tubuhnya. Mungkin saja karena grogi atau terlalu cemas.

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa pewawancara menilai tidak hanya dari jawaban yang Anda berikan saja, melainkan dari sikap yang terlihat dari gerak-gerik tubuh Anda.

Cara Anda duduk, menatap seseorang, gerakan tangan, bahkan sampai gerakan kaki. Jadi usahakan kepala dan postur tubuh tetap tegak, lakukan kontak mata dengan pewawancara, dan jangan lupa berjabat tangan.

Datang Tepat Waktu

Datang tepat waktu juga bisa menandakan bahwa Anda orangnya disiplin waktu. Perusahaan mana yang tidak suka dengan karyawan seperti ini.

Dengan datang tepat waktu juga bisa memberimu kesempatan untuk bersantai dan menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan.

Otentik Jadi Diri Sendiri

Berusahalah untuk bersikap jujur saat melakukan diskusi. Jangan hanya fokus untuk memberi kesan terbaik pada pewawancara. Dan jangan mengubah kepribadian untuk bisa diterima perusahaan.

Itulah tips Interview kerja yang bisa Anda pelajari dan siapkan sebelum melakukan tahap wawancara.

Kontributor pencarinafkah.com. Blogger asal Klaten - Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.