Tips Membuat dan Membuka Usaha Cilok

Tips Usaha Cilok dan Cara Membuat Cilok Dirumah Anti Gagal

Siapa yang tidak kenal dengan cilok? tertarik mau usaha cilok atau tidak nih? Cemilan yang satu ini memang disukai oleh berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, rasa cilok yang enak dan khas selalu dirindukan oleh penggemarnya.

Hal inilah yang menjadikan usaha cemilan ini memiliki peluang yang bagus untuk dikembangkan. Terlebih cara membuat cilok yang enak sangat mudah dilakukan oleh siapa saja selama memperhatikan resep yang tepat.

Bagi Anda yang berencana ingin berbisnis cilok, tidak perlu mempersiapkan modal yang besar. Sebab bahan-bahan pembuatan cilok sangat mudah diperoleh di sekitar Anda.

Penjualan cilok bisa dilakukan dengan membuka lapak atau secara online bisa di pasarkan di Facebook dan WhatsApp.

Pelajari Disini :

Cara membuat cilok yang mudah dan modal yang tidak begitu besar tentu menjadikan bisnis ini semakin menguntungkan.

Tips Dalam Memulai Usaha Cilok

Memulai sebuah bisnis memang tidaklah mudah, sebab ada berbagai hal yang perlu anda persiapkan dan perhatikan. Begitu juga ketika anda memutuskan untuk membuka usaha cilok. Agar usaha tersebut banyak peminat maka selain cara membuat cilok, sebaiknya perhatikan juga beberapa tips berikut ini.

Tips usaha

1. Gunakan Bahan Terbaik

Usaha cilok merupakan usaha di bidang kuliner yang harus mengutamakan kebersihan, kualitas bahan dan rasa. Untuk menghasilkan cilok yang enak maka sebaiknya gunakan bahan-bahan terbaik dan tidak berbahaya.

Meskipun keuntungan yang diperoleh tidak terlalu besar, tetapi bahan terbaik dalam cara membuat cilok sederhana menjadikan rasa cilok lebih enak dan tidak membahayakan konsumen.

2. Mencari Resep Terbaik

Untuk menghasilkan cilok dengan citarasa yang enak maka Anda harus mencari cara membuat cilok yang terbaik. Dalam hal ini Anda harus melakukan uji coba resep terlebih dahulu hingga menemukan bahan-bahan dengan takaran yang tepat.

3. Memaksimalkan Modal yang Minim

Bagi anda yang ingin membuka usaha cilok dengan modal yang minim sebaiknya jangan dijadikan kendala. Justru modal yang kecil bisa dijadikan cambukan semangat agar memperoleh keuntungan yang lebih besar dan mengembangkan usaha.

4. Siap dengan Segala Risiko

Untuk pemula yang ingin membuka usaha cilok maka Anda harus siap menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Dalam berbisnis pasti akan ada kendala maupun pasang surut sebagai risiko dari sebuah bisnis. Hadapi risiko tersebut tanpa berkecil hati terutama ketika bisnis sedang sepi pembeli.

5. Bersiap Menghadapi Persaingan

Saat ini bisnis cilok memang semakin menjamur sehingga anda harus mempersiapkan mental yang kuat dalam menghadapi persaingan. Namun pastikan Anda bersaing secara sehat dan terus optimis dengan menjaga kualitas produk dan pelayanan kepada konsumen.

6. Terus Berinovasi

Supaya usaha cemilan ini dapat bertahan di tengah persaingan, maka Anda harus terus melakukan inovasi cara membuat cilok tersebut. Bila perlu berikan promo pada waktu tertentu agar lebih menarik minat konsumen.

Cara Membuat Cilok Bisa Dilakukan Dirumah

Tips Untuk Memasak dan usaha cilok

Sebelum memulai usaha cilok, maka Anda harus mengetahui cara membuat cilok yang enak. Selain cara membuat cilok aci khas Bandung, masih banyak resep cara membuat cilok lainnya.

Seperti cara membuat cilok isi telur, cara membuat cilok goreng, cara membuat cilok kuah dan lain sebagainya. Semua produk cilok sebetulnya menggunakan resep dasar yang sama. Berikut ini akan dijelaskan cara membuat cilok yang bisa Anda coba.

Bahan-bahan :

  • Tepung sagu 350 gram
  • Tepung terigu 75 gram
  • Garam 1 sendok teh
  • Merica ½ sendok teh
  • Bawang putih 2 siung haluskan
  • Penyedap rasa sesuai selera
  • Air hangat secukupnya

Cara membuat :

1. Campurkan semua bahan-bahan pembuatan cilok sampai merata.
2. Masukkanlah air hangat sedikit demi sedikit hingga adonan cilok dapat dibentuk.
3. Siapkan panci lalu isi dengan air sampai agak penuh dan didihkan. Bentuklah adonan cilok hingga membentuk bulatan kecil menyerupai kelereng. Masukan bulatan cilok ke dalam air yang sudah mendidih.
4. Bila cilok terlihat sudah mengapung maka tandanya cilok sudah matang dan bisa diangkat lalu ditiriskan.

Bahan Bumbu Kacang :

  • Kacang tanah 250 gram, goreng
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 1 siung
  • Cabai raqit sesuai selera
  • Cabai keriting 3 buah
  • Garam secukupnya
  • Kecap sesuai selera
  • Gula merah 2 sendok makan
  • Air secukupnya.

Cara membuat :

1. Haluskan kacang goreng, bawang merah, bawang putih, cabai keriting, cabai rawit dan sedikit air menggunakan blender sampai benar-benar halus.
2. Panaskan wajan di atas kompor.
3. Masukan bumbu kacang yang sudah halus ke dalam wajan. Tambahkan juga kecap, garam dan gula merah. Aduk perlahan sampai minyak keluar dari bumbu kacang tanda bumbu kacang sudah matang dan bisa diangkat.
4. Sajikan bumbu kacang dengan cilok yang sudah matang.

Baca Juga :

Memulai bisnis cilok memang mudah untuk dilakukan, selama Anda memperhatikan beberapa tips di atas. Selain itu, pastikan Anda menggunakan resep cara membuat cilok yang benar dan tepat agar menghasilkan cilok yang enak dan cocok dilidah para konsumen.

Jasa Artikel Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.