Cupang Hellboy dan Cara Pemeliharaannya

Ikan Cupang Plakat Hellboy Copper

Cupang Hellboy menjadi salah satu jenis yang memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan usia maupun tingkat ekonomi. Agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, Anda perlu mengetahui beberapa pedukungnya mulai dari cara merawat, pemberian pakan, serta mengatasi penyakit.

Ulasan Singkat Tentang Cupang Hellboy

Cupang hellboy sendiri memiliki warna dasar merah yang mirip dengan animasi Hell Boy si bocah neraka. Seiring dengan banyaknya peternak yang mengembangkannya dengan ikan tertentu membuatnya memiliki bebrapa spesies menarik serta perpaduan beragam tampilan.

Bacaan Lainnya

Pada dasarnya ikan hellboy ini memiliki perpaduan warna yaitu saat dewasa adalah hitam dan merah. Namun ketika burayak sampai 2 bulan masih besgel karena termasuk cupang utasi. Saat ini jenisnya semakin beragam, sehngga tidak menutup kemungkinanan terdapat banyak spesies baru.

Bentuk tubuhnya menjadi salah satu daya tarik, karena memiliki ekor dan sirip dengan perpaduan warna beragam, salah satunya merah, biru dan perak. Hal tersebut membuatnya bersinar saat terkena cahaya. Agar tetap bagus, maka harus mengetahui terkait pemilihan pakan serta perawatan.

Habitat Cupang Hellboy

Secara umum ikan cupang hidup di air tawar, oleh sebab itu Anda akan mudah menemukannya mulai dari rawa, sungai maupun danau. Jika tertarik dengan jenis hellboy Anda dapat memliharanya pada beberapa tempat misalnya kolam, akuarium, toples, serta vas transparan dengan bentuk bulat.

Cupang sendiri sangat bergantung dengan air, jika terlalu panas maka akan panik bahkan bisa menjadi stres salah satu tandanya adalah terlihat panik dan tidak seperti biasanya. Agar hal tersebut dapat Anda minimalisir, sebaiknya pada tempat hidupnya diberi tumbuhan air.

Baca Juga : Cara Membuat Tempat Ikan Cupang dengan Mudah

Tumbuhan air sendiri berfungsi unntuk membuat lingkungannya semakin tenang dan keseimbangan pHnya terjaga. Pada saat melakukan pemijahan, para peternak dianjurkan untuk memberikan tumbuhan air, untuk meletakkan anakan nantinya karena bisa rusak jika terkena matahari berlebihan.

Jenis Makanan Cupang Hellboy

Bentuk cupang hellboy sendiri tidak jauh dengan lainnya yang membedakan yaitu pada perpaduan warnanya yang membuatnya tampil semakin estetis. Ikan ini memiliki corak beragam, oleh sebab itu banyak orang tertarik memilikinya. Agar tampilannya tetap bagus berikut jenis makanan pendukkung:

1. Flake Ikan Cupang

Hindari memilih jenis flake selain untuk cupang, karena kandungan proteinnya cenderung berbeda. Tujuan pemberian makanan jenis ini bertujuan untuk menambah nutrisi supaya bisa menjadi ikan unggulan. Salah satunya dengan warna serta kesehatan tubuh yang terjaga sehingga daya jualnya tinggi.

Baca Juga : 7 Jenis Ikan Cupang Mahal, Harganya Ada Yang Sampai Puluhan Juta!

Flake sendiri dirancang untuk meambah nutrisi pada ikan. Untuk itu, kurang tepat jika Anda menggunakannya secara berlebihan atau bahkan setiap hari. Setiap pemberian makan baik alami maupun buatan, terdapat takaran tertentu agar terhindar dari kelebhan zat tertentu.

2. Pelet Ikan Cupang

Hindari memilih pelet sembarangan, karena bisa mengakibatkan kembung dan masalah pencernaan. Oleh sebab itu, sebelum memberikannya usahakan merendamnya terlebih dahulu untuk menghidrasi, terutama jika cupang tersebut langsung memakan saat Anda memberikannya.

Jenis pelet sendiri saat ini smeakin beragam, untuk itu sebelum membelinya perhatikan kandungan serta manfaat yang ingin Anda dapatkan. Agar semakin maksimal, sebaiknya perhatikan juga kebersihan tempat hidupnya untuk menghindari datangnya beberapa penyakit kulit.

3. Makanan Beku – Kering

Agar lebih awet, seringkali peternak membuatnya menjadi beku seperti udang maupun belut. Sebaiknya perhatikan juga berapa lama waktu baiknya, karena jika berlebihan bisa mengurangi kandungan vitamin di dalamnya yang membuat kinerjanya tidak maksimal.

Sebelum memberikannya kepada cupang, silahkan merendamnya terlebih dahulu dalam air bersih untuk memisahkannya satu-persatu. Manfaat dari pebekuan makanan adalah untuk menguragi kandungan kuman dan bakteri sehingga bisa tahan lama dan berdampak baik pada ikan.

4. Lalat Buah

Hewan yang memiliki nama lain lalt cuka ini bisa Anda temukan di sekitar. Sebagai contoh saat orang sedang menaruh pisang, namun selang beberapa waktu terdapat hewan kecil yang terbang pada wilayah tersebut. Itulah yang bernama lalat buah dan sebagaian besar ikan cupang menyukainya.

Meski escara teknis terdapat penyakit, namun Anda bisa memilih jenis yang tanpa sayap. Selain murah juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk menunjang perkembangan ikan cupang. Sebelumnya perlu Anda perhatikan, hindari memberikannya secara berlebihan.

5. Spirulina

Merupakan jenis tumbuhan yang kaya akan manfaat untuk kesehatan ikan karena terdapat vitamin dan mineral. Selain itu kandungan phycocianin dapat mengurangi obesitas serta membuat ikan bertumbuh lebih sehat. Anda bisa menemukannya dala bentuk kering yang sudah dikemas.

Anjuran menggunakan bahan alami terutama yang masih segara bertujuan agar nutrisi di dalamnya masih maksimal sehingga menjadi nilai plus untuk cupang. Salah satunya pada spirulina ini, kandungan muco protein dapat membantu untuk menjaga kesehatan kulit.

6. Cacing Darah

Glycera merupakan larva midge, umumnya ikan akan memakan hewan ini di alam bebas. Jika cupang Ada mmeiliki nafsu makan sangat baik, cacing darah dapat menadi solusi terbaik sebab mengandung protein yang untuk menjaga kestabilan tubuhnya serta memperbaiki warnanya.

Meski memiliki banyak manfaat seta ketersedian di alam sangat banyak, namun hindari menjadikannya sebagai pakan eksklusif. Hal ini disebabkan karena dalam tubuhnya kekeurangan asama amino, usahakan memberikan secukupnya saja unruk mendapatkan zat besinya sebagai pewarna mearah.

7. Larva Nyamuk

Meski sering manusia anggap sebagai pengganggu, namun larva nyamuk dapat Anda manfaatkan untuk pakan bergizi bagi cupang. Jenisnya sendiri yaitu yang terdapat pada kubangan air keruh dan hindari jenis bening, sebab beresiko terdapat larva pembawa penyakit seperti demam berdarah.

Selain mengandung gizi yang baik untuk cupang, juga dapat meminimalisir persebara nyamuk pada lingkungan sekitar. Anda bisa mendapatkannya dengan langsung membeli ke toko penyedia perlengkapan ikan, jika ingin lebih mudah maka bisa mengembangbiakkannya sendiri.

Cara Pemberian Makan Cupang Hellboy

Ikan Cupang Plakat Hellboy Copper

Selain asupan makanan, hal penting Anda perhatikan adalah cara untuk memberikannya takaran yang tepat supaya tidak kekurangan maupun berlebihan. Hal tersebut tentunya tidak membuat kondisinya semakin baik, namun justru sebaliknya, untuk itu simak ulasan berikut ini:

  • Senin: 2-4 pelet dengan kadar 1-2 kali sehari.
  • Selasa: pakan hidup, denagn kadar 2-3 lembar sebanyak 1-2 kali dalam sehari.
  • Rabu: 2-4 pelet dengan kadar 1-2 kali sehari.
  • Kamis: bisa menyesuaikan kebutuhan misalnya memberi pelet atau pakan hidup.
  • Jumat: Anda bisa memilih baik yang hidup, beku, atau beku-kering. kadarnya 2-3 lembar, sebanyak 1-2 kali sehari.
  • Sabtu: berupa pelet dengan jumlah 2-4 tergantung aaktivitas cupang.
  • Minggu: berikang makanan lebih sedikit, untuk menjaga pencernaannya.

Baca Juga : 10 Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Makan

Saat proses pemakanan hindari memberinya secara berlebihan karena bisa membuatnya merasa sembelit, obesitas, kembung, masalah kandunng kemih, tertular penyakit, bahkan sampai kematian. Hal ini karena jika banyak sisa terutama pelet dapat membusuk.

Cupang Hellboy menjadi salah satu pilihan karena memiliki banyak keunggulan, salah satunya dari perpaduan warnanya. Terkait perawatannya setiap jenis memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, oleh sebab itu cari tahu secara detail sebelum membelinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.