Email Penipuan

8 Ciri-Ciri Panggilan Kerja Penipuan Yang Memakan Banyak Korban

Anda tidak akan pernah mendapatkan panggilan kerja penipuan jika anda tidak sembarangan dalam melamar pekerjaan. Artinya sebelum anda mendapatkan panggilan kerja, anda pasti melakukan pendaftaran atau melamar pekerjaan dari sumber yang tidak jelas.

Pada kesempatan sebelumnya kami sudah membahas mengenai ciri – ciri lowongan kerja palsu atau penipuan agar anda tidak mendapatkan panggilan kerja penipuan sehingga terhindar dari kerugian atau terkena penipuan ketika sedang mencari pekerjaan.

Baca Juga : Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu / Penipuan Yang Wajib Anda Ketahui

Baiklah mari kita anggap anda masih kurang teliti dalam melihat lowongan pekerjaan palsu sehingga anda mendapatkan surat panggilan seleksi kerja penipuan.

Agar anda tidak menjadi korban selanjutnya, anda perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri panggilan kerja penipuan yang sudah sering terjadi.

Ciri-Ciri Panggilan Kerja Penipuan

Panggilan Seleksi Kerja Terlalu Cepat

Modus Panggilan Kerja Penipuan

Jadi misalkan begini ; Ketika pagi hari ini anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan ternama dan langsung di siang atau sore hari anda mendapatkan panggilan untuk melaksanakan proses rekrutmen.

Meskipun masih ada perusahaan yang mempunyai respon cepat namun kalau setiap melamar pekerjaan anda selalu mendapatkan respon yang terlalu cepat, hal ini perlu dipertanyakan.

Menggunakan Email Gratisan

Email Penipuan

Jika anda mendapatkan panggilan melalui email cek dulu apakah panggilan tersebut menggunakan domain gratisan seperti @gmail, @yahoo, @hotmail, dan sejenisnya atau tidak.

Jikapun mendapatkan panggilan dari email profesional anda juga perlu melihat apakah domain email yang dipakai relevan dengan nama perusahaan yang anda lamar atau tidak.

Panggilan Masuk ke Kotak Spam

Modus Panggilan Kerja Penipuan Masuk ke Spam Email

Karena terlalu sering mengirimkan panggilan melalui email dan sudah banyak yang melaporkan, panggilan mereka yang melalui email bisa secara otomatis masuk kedalam kotak spam email anda.

Jika emailnya saja sudah dianggap sebagai spam maka anda perlu curiga terhadap panggilan kerja tersebut.

Panggilan Menggunakan Nomer Ponsel Biasa

Memindahkan WhatsApp ke HP Baru Tanpa Menghilangkan Data & Chat

Jika anda menerima panggilan berupa SMS dari nomer ponsel biasa, perusahaan besar masih ada yang menggunakan cara ini. Tapi kalau anda mendapatkan panggilan telepon dari nomer biasa anda perlu hati – hati karena pada umumnya perusahaan besar biasanya menggunakan nomer kantor.

Untuk lebih berhati – hati begitu anda mendapatkan panggilan kerja, anda perlu mengecek identitas nomer tersebut menggunakan truecaller atau bisa bertanya di grup lowongan kerja Facebook.

Panggilan Bersifat Membujuk

Modus Panggilan Kerja Penipuan

Jika anda mendapatkan panggilan yang sifatnya membujuk untuk segera melakukan action maka anda perlu curiga terhadap panggilan tersebut.

Panggilan kerja yang asli meskipun mengadakan jadwal mepet namun mereka tidak pernah mendesak anda karena jika anda tidak hadir mereka masih bisa mencari pengganti.

Berbeda dengan panggilan kerja dari penipu yang biasanya bersifat seperti mendesak / nguber – uber, karena mereka sudah mendapatkan calon korban yang perlu difollow-up agar melakukan tindakan yang mereka inginkan.

Contoh yang sering terjadi adalah ketika penipu sudah mengirimkan panggilan seleksi kerja melalui email namun malah masuk ke kotak spam pada email anda kemudian mereka menelfon anda untuk mengecek email dari kotak spam tersebut.

Alamat Kantor Penipuan

Alamat Panggilan Kerja Penipuan

Saat mendapatkan panggilan kerja hal yang perlu anda lihat dan cek adalah alamat kantor yang digunakan untuk proses seleksi / rekrutmen. Perusahaan besar memang ada yang menyerahkan rekrutmen karyawan kepada Yayasan atau BKK, Namun jika yayasan atau alamat kantor dalam surat panggilan tersebut terasa asing maka anda perlu berhati – hati.

Di internet sudah banyak sekali yang menyebutkan alamat – alamat kantor yang digunakan untuk menipu para pencari kerja.

Kami tidak berani menyebutkan alamat – alamat tersebut karena kami masih berharap kantor – kantor tersebut mulai melakukan penyaluran kerja dengan benar dan tidak menipu lagi.

Yang jelas jika anda mendapatkan surat panggilan kerja dengan alamat yang perlu dikunjungi tersebut bukan alamat perusahaan yang anda lamar atau lembaga yang sudah ditunjuk oleh perusahaan sebaiknya anda diskusikan dengan rekan – rekan anda yang lain.

Menggunakan Agen Travel

Modus Penipuan Menggunakan Agen Travel

Panggilan kerja penipuan yang paling sering terjadi adalah mereka bekerja sama dengan agen travel dan menunjuk lokasi tes yang jauh dari tempat tinggal anda serta jauh pula dari alamat perusahaan baik cabang maupun induk perusahaan, maka bisa dipastikan itu adalah modus penipuan yang mengincar korban para pencari kerja.

Jika lokasi tes memang diadakan di luar kota biasanya sudah diumumkan pada surat lowongan pekerjaan, bukan pada surat panggilan seleksi kerja.

Diminta Untuk Membayar Sejumlah Uang

Umumnya jika mencari pekerjaan melalui Yayasan atau BKK, anda hanya akan diminta untuk membayar uang member saja atau uang tes jika tidak ada uang member dan uang ini nominalnya masih dalam tahap wajar.

Baca Juga :

Ciri penipuan adalah anda akan diminta untuk membayar sejumlah uang dengan nominal besar diawal serta dijanjikan masuk kerja. Bahkan yang lebih parahnya lagi akan ada pemungutan biaya untuk setiap tes yang mereka adakan.

Untuk menghindari pemalakan tersebut setiap anda mencari pekerjaan dengan mendatangi kantor yang belum anda kenal, saran kami cukup dengan membawa uang maksimal Rp 100.000 saja.

Karena jika nantinya anda sudah terkena modus penipuan yang ada malah anda akan semakin tertekan dalam mencari pekerjaan.

Nah itulah beberapa ciri-ciri dari surat panggilan seleksi kerja yang kemungkinan besar adalah modus penipuan. Silahkan beritahu rekan – rekan anda yang lain agar tidak terkena modus penipuan saat mencari pekerjaan.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.