Kenali Apa Saja Ciri-Ciri Ikan Cupang Cooper Hingga Cara Merawatnya

Ciri-Ciri Ikan Cupang Cooper
Sumber : infoikan.com

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara oleh berbagai kalangan karena bentuk dan warnanya yang indah. Ikan cupang sendiri memiliki berbagai jenis dengan keunikannya masing-masing, salah satunya adalah ikan cupang cooper yang memiliki ciri-ciri ikan cupang cooper yang khas.

Cupang cooper sedang digandrungi oleh para pecinta ikan hias karena memiliki corak warna dan bentuk tubuh yang unik. Bahkan ikan cupang avatar cooper pernah berhasil menembus angka 1 juta rupiah untuk satu ekornya, dan tidak sedikit penghobi cupang yang berani mematok harga hingga 8 juta untuk mendapatkan jenis ikan cupang yang mereka inginkan.

Bacaan Lainnya

Ikan cupang jenis copper ini terkenal karena memiliki warna keemasan yang tidak dimiliki oleh jenis lain. Cupang cooper biasanya dipelihara untuk menghasilkan genetik baru melalui persilangan dengan jenis ikan cupang lain. Nah jika Anda penasaran apa saja jenis ikan cupang cooper dan ciri-ciri ikan cupang cooper, berikut ini adalah pembahasannya.

Jenis dan Ciri-Ciri Ikan Cupang Cooper

Ikan Cupang FCCP

Menjadi salah satu jenis ikan cupang yang sedang populer, cupang cooper ternyata memiliki beragam jenis dengan ciri-ciri ikan cupang cooper yang ikonik pada setiap jenisnya. Untuk mengetahui apa saja jenis dari spesies ikan cupang yang satu ini, yuk simak informasinya di bawah ini.

Baca Juga : 28 Jenis Ikan Cupang Plakat lengkap dengan Gambar dan Ciri-cirinya

Hellboy Cooper

Jenis cupang cooper yang pertama adalah Hellboy Cooper, terkenal karena ciri-ciri ikan cupang cooper yang memiliki warna khas seperti warna tembaga atau copper dan warna merah. Nama Hellboy berasal dari salah satu tokoh animasi Hellboy yang merupakan seorang anak dengan kulit yang berwarna merah. Sedangkan Cooper memiliki arti tembaga dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga : Cupang Hellboy dan Cara Pemeliharaannya

Nemo Cooper

Ikan cupang nemo cooper identik dengan warna orange atau belang kuning yang vertikal dari sirip bagian atas hingga sirip bagian bawah. Jenis cupang yang satu ini memiliki warna yang menyerupai ikan nemo dan paduan dengan kombinasi warna tembaga atau copper dan mempunyai pola yang tidak beraturan.

Baca Juga : Cupang Nemo: Pengertian, Habitat dan Jenis

Full Mask Cooper

Dibandingkan dengan jenis ikan cupang cooper lain, Full Mask Cooper lebih mudah diidentifikasi karena memiliki warna yang menonjol dan unik. Full Mask Cooper memiliki warna tembaga, tetapi warna pada bagian kepala dan wajahnya berwarna lain. Inilah kenapa banyak penghobi ikan cupang yang memelihara jenis ikan cupang yang satu ini.

Marble Cooper

Ikan Marble Cooper terkenal dengan ciri-ciri ikan cupang cooper yang memiliki perpaduan warna yang nyentrik. Marble Cooper memiliki body warna marble dengan paduan tembaga sehingga membuat tubuh cupang ini terkesan mewah. Namun, Marble Cooper ini masuk ke dalam jenis cupang Halfmoon atau yang dikenal sebagai HMPK.

Fancy Cooper atau FCCP

Jika Anda menginginkan jenis ikan cupang yang memiliki kesan glamour, maka Anda bisa mencoba untuk memelihara cupang Fancy Cooper. FCCP memiliki perpaduan warna yang pas sehingga banyak digemari oleh penghobi cupang. Selain itu, jenis cupang yang satu ini merupakan kombinasi antara ikan cupang fancy dengan warna cooper.

Nah itulah 5 jenis dan ciri-ciri ikan cupang cooper. Setelah mengetahui apa saja ciri-cirinya, apakah Anda tertarik untuk memelihara ikan cupang? Jika Anda tertarik, maka Anda harus mengetahui bagaimana merawatnya. Dan berikut ini adalah elemen yang harus Anda perhatikan untuk memelihara ikan cupang cooper red dan jenis lainnya.

Elemen yang Harus Anda Perhatikan untuk Memelihara Ikan Cupang

Selain mengetahui apa saja ciri-ciri ikan cupang cooper, ternyata ikan cupang membutuhkan perawatan khusus agar dapat bertahan hidup. Dengan demikian, Anda harus mengetahui apa saja elemen pendukung untuk memelihara cupang seperti berikut ini.

Akuarium Khusus

Akuarium khusus yang digunakan untuk memelihara ikan cupang juga tentunya berbeda dengan jenis akuarium pada umumnya. Anda dapat menggunakan akuarium kecil mengingat ukuran tubuh cupang ini juga kecil. Hal ini juga membantu Anda agar tidak perlu repot-repot mencari tempat yang pas untuk menyimpan akuarium.

Dekorasi Akuarium

Selain akuarium khusus ikan cupang, Anda juga harus menambahkan berbagai ornamen dekorasi akuarium agar tampilannya lebih memukau dan menghias ruangan. Apalagi jika Anda hanya memelihara satu ikan cupang, akuarium tersebut akan terlihat kosong jika tidak ada dekorasi.

Makanan Ikan Cupang

Semakin tinggi harga cupang copper, maka semakin sehat kualitas tubuhnya. Inilah kenapa Anda harus selalu siap sedia makanan yang bergizi dan cocok untuk cupang. Anda tidak boleh sembarangan memberikan makanan ke cupang yang Anda pelihara, karena tidak sedikit jenis cupang yang memiliki makanan khasnya, salah satunya adalah ikan cupang FCCP.

Baca Juga : 9 Makanan Ikan Cupang Yang Penuh Nutrisi

Vitamin

Untuk menunjang kesehatan, Anda harus rajin memberikan vitamin ke ikan cupang yang Anda pelihara. Kebutuhan vitamin ini dapat menjadi salah satu penunjang untuk meningkatkan kualitas dan kegesitan siripnya. Anda dapat menemukan berbagai macam vitamin untuk cupang di pasaran dengan mudah.

Nah itulah berbagai informasi mulai dari jenis, ciri-ciri ikan cupang cooper, hingga elemen penunjang untuk memelihara cupang di rumah. Dengan adanya informasi di atas semoga dapat membantu Anda dalam memelihara ikan cupang yang Anda inginkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.