Perbedaan Ikan Cupang HMPK, OHMPK dan Plakat

Cupang OHMPK
Sumber : instagram.com/bettaneo_89/

Jenis ikan cupang HMPK, OHMPK maupun Plakat adalah jenis ikan cupang yang sama-sama mempunyai ekor pendek. Sekilas ketiga jenis ikan ini hampir serupa dan pantas saja kalau banyak orang yang tidak tahu perbedaannya.

Jika di Thailand segala jenis cupang mereka sebut sebagai Plakad, namun di Indonesia Plakat adalah julukan untuk ikan cupang yang mempunyai ekor pendek. Karena ekor cupang pendek masih mempunyai beberapa bentuk, maka istilah HMPK, OHMPK dan yang lainnya ini ada.

Bacaan Lainnya

Perbedaan Cupang HMPK, OHMPK dan Plakat

Sebelum membahas perbedaannya mungkin sebaiknya anda mengenal dulu istilah dari HMPK dan OHMPK ini.

  • HPMK merupakan singkatan dari Halfmoon Plakat.
  • OHMPK merupakan singkatan dari Over Halfmoon Plakat.

Baik HMPK dan OHMPK masih menggunakan nama Plakat sebab ekor dari ikan cupang jenis ini termasuk pendek, hanya sedikit saja perbedaan yang bisa anda lihat.

Ikan Cupang HMPK

Jenis ikan cupang HPMK atau Halfmoon Plakat terdapat ciri-ciri yang bisa anda lihat pada ekornya yang menyerupai huruf D atau berbentuk busur 180 derajat.

Berikut ini adalah salah satu jenis ikan cupang HMPK. Silahkan anda perhatikan pada bagian ekornya.

Ikan Cupang HMPK
Sumber : instagram.com/bettavillage.id/

Ikan Cupang OHMPK

Seperti namanya yaitu Over Halfmoon Plakat maka ciri dari ekor ikan cupang OHMPK ini adalah ukurannya melebihi dari HMPK.

Jika ekor cupang HMPK mempunyai 180 derajat dan menyerupai huruf D maka untuk OHMPK lebih dari itu dan mempunyai bentuk yang hampir menyerupai huruf C.

Untuk bentuknya bisa anda perhatikan pada gambar di bawah ini.

Cupang OHMPK
Sumber : instagram.com/bettaneo_89/

Plakat Tradisional

Meski semua ikan cupang berekor pendek bisa disebut dengan cupang plakat namun plakat tradisional mempunyai ciri ekor yang berbeda dengan HMPK maupun OHMPK.

Bentuk ekor ikan cupang plakat cenderung lebih kecil dari kedua jenis yang sudah dibahas di atas tadi.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini, bentuk ekornya tidak sampai 180 derajat.

Cupang Plakat
Sumber : instagram.com/mugiwara_betta/

Baca Juga : Perbedaan Cupang Giant dan Plakat, Jelas Beda!

Silahkan perhatikan dengan baik ketiga contoh yang sudah kami berikan di atas. Kami yakin anda akan mudah untuk mengenali perbedaan bentuk ekornya.

Jika anda perhatikan dengan seksama maka anda akan menemui sebuah kesamaan untuk ketiganya yaitu sama-sama mempunyai ciri sirip trapesium atau lancip pada ujungnya.

Mengingat ada banyak sekali jenis ikan cupang jadi kami tidak bisa membahas semuanya sekaligus. Semoga dengan adanya artikel singkat ini bisa membantu anda dalam membedakan jenis ikan cupang dengan melihat ekornya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.