Cara Mengisi Pengalaman Kerja di JobStreet Secara Benar

Cara Mengisi Pengalaman Kerja di JobStreet
Sumber: https://www.pexels.com/photo/person-holding-brown-wooden-clip-5915208/

Cara mengisi pengalaman kerja di JobStreet bisa Anda lakukan melalui beberapa langkah. Berbagai platform untuk mencari kerja bisa dengan mudah ditemukan. Salah satu yang cukup populer di kalangan pencari kerja yaitu JobStreet. Agar bisa mendapatkan pekerjaan lebih cepat, Anda harus menyajikan pengalaman kerja yang menarik. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda!

Cara Mengisi Pengalaman Kerja di JobStreet

Sebelumnya, terlebih dahulu Anda harus membuat akun dengan mendaftarkan email yang aktif. Selanjutnya, Anda bisa mengakses JobStreet dan mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Anda inginkan.

Bacaan Lainnya

Untuk bisa mengisi pengalaman kerja, Anda bisa melakukannya melalui dua cara. Masing-masing cara memiliki langkah yang berbeda. Anda bisa menggunakan cara termudah dan paling dipahami untuk mengisi pengalaman kerja.

Cara mengisi pengalaman kerja di JobStreet dapat Anda lakukan dengan cara berikut:

Cara Mengisi Pengalaman Kerja di JobStreet
Sumber: https://www.pexels.com/photo/resume-lettering-text-on-black-background-5598289/

1. Via Menu Profil JobStreet

Pertama, Anda bisa menggunakan menu ‘Profil ’pada JobStreet. Fitur yang satu ini menjadi salah satu kemudahan untuk para pencari kerja menyajikan resume dengan kerangka yang terorganisir.

Fitur yang bisa Anda temukan di JobStreet ini sangat direkomendasikan untuk dicoba. Pasalnya, hal ini bisa memudahkan perusahaan tertentu untuk melihat profil Anda seringkas mungkin. Cara melakukannya antara lain sebagai berikut:

  • Memasuki akun JobStreet
  • Memilih menu ‘My JobStreet’
  • Klik menu ‘Profil Saya’🡪 ‘Buat Profil’
  • Isilah setiap kolom yang tersedia secara lengkap, jika data yang diinput masih kurang akan ditandai dengan tanda silang merah (error)

Menggunakan fitur pembuatan profil di JobStreet akan memudahkan para pelamar. Selain itu, Anda juga bisa mengedit profil sesuai kebutuhan. Pasalnya, terdapat fitur ubah profil untuk bisa menambahkan pengalaman kerja dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Melamar Kerja Tanpa Pengalaman. Ini Rahasianya!

2. Unggah Resume Secara Langsung

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengunggah resume secara langsung. Dalam hal ini, Anda harus menyiapkan dokumen terlebih dahulu. Sebelumnya, Anda bisa membuat profil yang lengkap dengan pengalaman kerja semenarik mungkin, sehingga resume yang tersaji pun lebih maksimal.

Untuk bisa mengunggah resume di JobStreet, Anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah berikut:

  • Gunakan akun aktif untuk memasuki JobStreet
  • Selanjutnya, pilihlah menu ‘My JobStreet’ untuk diarahkan pada menu ‘Perbarui Resume’
  • Temukan opsi ‘Resume Unggah’ yang berada di bagian kiri
  • Kemudian klik ‘Unggah Sekarang’
  • Pilihlah dokumen resume
  • Tunggu prosesnya hingga resume berhasil diunggah

Setelah selesai mengunggah, Anda juga bisa meninjau resume terunggah dengan mengklik menu ‘Lihat’. Selain itu, terdapat fitur untuk mengubah dokumen resume yang ingin diunggah. Umumnya, resume yang diunggah harus memiliki format .doc,.txt,.rtf, dan .pdf. Ukurannya pun sebaiknya tidak lebih dari 1 MB.

Ketika Anda membuat resume, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Anda tidak bisa menyajikannya secara asal-asalan. Pastikan resume dibuat seunik mungkin, tampilan menarik bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk perusahaan tertentu. Perhatikan pula hal-hal berikut:

  • Ringkas dan sederhana
  • Menyajikan pengalaman kerja yang relevan
  • Untuk fresh graduate, sajikan pengalaman melakukan berbagai proyek di sekolah, baik dalam organisasi ataupun dalam kegiatan freelance

Baca Juga: Contoh Body Email Lamaran Kerja Fresh Graduate dan Berpengalaman

Sudah melamar kerja di jobstreet tapi belum diterima juga? Bisa jadi informasi profil Anda belum lengkap. Jobstreet hingga saat ini sudah menghubungkan pencari kerja dengan bermacam perusahaan baik perusahaan lokal maupun mancanegara.

Perusahaan pada umumnya sudah menentukan kualifikasi pada saat membuka lowongan. Oleh karena itu sebagai pelamar kerja di jobstreet Anda juga harus benar-benar memperhatikan informasi profil agar perusahaan dapat mempertimbangkan Anda.

Salah satu hal yang tidak boleh disepelekan adalah pengisian informasi pengalaman kerja. Pada sebuah lowongan kerja beberapa perusahaan menentukan persyaratan kepada pelamar bahwa syarat melamar kerja harus memiliki pengalaman kerja minimal satu tahun, di jobstreet sendiri sudah ada menu untuk menambahkan informasi pengalaman kerja.

Langkah-Langkah Cara Mengisi Pengalaman Kerja di Jobstreet

Lalu bagaimana cara mengisi pengalaman kerja di jobstreet. Berikut adalah beberapa cara untuk mengisi pengalaman kerja di jobstreet:

1. Masuk ke Website atau Aplikasi Jobstreet

Pastikan Anda sudah memiliki akun jobstreet. Sebelum mengisi informasi pengalaman kerja, Anda harus login ke website aplikasi jobstreet dengan menggunakan email dan kata sandi yang sudah Anda daftarkan.

2. Masuk Menu Profil

Jika sudah berhasil login langkah selanjutnya adalah masuk ke menu profil. Bagi yang menggunakan aplikasi jobstreet di smartphone langsung klik menu saya di bagian pokok kanan bawah dan bagi yang menggunakan website bisa langsung klik nama akun di bagian pojok kanan atas di halaman web.

3. Tambahkan Pengalaman Kerja

Jika sudah berhasil login dan masuk di menu profil, langkah selanjutnya adalah menambahkan pengalaman kerja. Jika Anda menggunakan aplikasi pilih menu kelola profil kemudian klik menu tambahkan pada bagian pengalaman kerja maka Anda bisa langsung menambahkan pengalaman kerja.

Lalu bagi yang menggunakan website jobstreet klik menu Lihat Profil dan pilih menu pengalaman di bagian kiri atas kemudian klik menu tambah pada bagian pengalaman.

4. Masukkan Informasi Pengalaman Kerja

Setelah melakukan ketiga langkah di atas selanjutnya isikan pengalaman kerja dengan detail dan benar. Ada beberapa isian penting yang wajib Anda isikan pada menu pengalaman kerja ini.

Beberapa isian yang harus Anda isi meliputi Jabatan / Posisi, Nama Perusahaan, Spesialisasi, Industri Perusahaan, Tingkat Jabatan, Tanggal Mulai Bekerja dan Tanggal Berakhir Bekerja, dan yang terakhir adalah deskripsi pekerjaan.

Baca Juga : Cara Mengisi Additional Information di Jobstreet

Bagian Yang Perlu Anda Perhatikan Saat Mengisi Pengalaman Kerja di Jobstreet

a. Jabatan atau Posisi

Pada bagian ini isilah isian pada menu tersebut dengan jabatan terakhir Anda pada saat bekerja di perusahaan sebelumnya.

b. Nama Perusahaan

Ketikan nama perusahaan terakhir Anda pada isian tersebut dan nantinya akan muncul beberapa opsi tentang perusahaan-perusahaan yang sudah masuk daftar jobstreet lalu pilihlah nama perusahaan sebelumnya.

c. Spesialisasi

Pada menu ini pilih bidang pekerjaan Anda di perusahaan sebelumnya dengan memilih opsi pada halaman.

d. Industri Perusahaan

Pada menu ini pilih jenis industri perusahaan sebelumnya dengan memilih opsi pada halaman.

e. Tingkat Jabatan

Pada menu ini pilihlah tingkat jabatan terakhir Anda pada saat Anda bekerja sebelumnya.

f. Tanggal Mulai dan Tanggal Berakhir

Pada bagian ini masukkan informasi tentang tanggal pertama kali Anda bekerja dan kapan Anda berhenti bekerja atau resign.

g. Deskripsi Pekerjaan

Pada menu ini ketikkan beberapa hal penting yang berkaitan dengan skill dan kemampuan Anda yang bisa berguna di perusahaan sebelumnya. Jangan bertele-tele dan langsung ke poin utamanya saja.

Baca Juga : Inilah Cara Mengetahui Lamaran Diterima JobStreet!

Itulah penjelasan singkat mengenai cara mengisi pengalaman kerja di JobStreet yang bisa Anda terapkan supaya profil Anda semakin lengkap bagi yang sudah mempunyai pengalaman kerja. Karena pengalaman kerja bisa menjadi nilai lebih pada bagian atau pekerjaan yang sesuai. Sajikan semenarik mungkin, sehingga peluang diterima perusahaan pun bisa meningkat. Selamat mencoba!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *