cara melamar kerja tanpa penglaman

Cara Melamar Kerja Tanpa Pengalaman. Ini Rahasianya!

Cara Melamar Kerja Tanpa Pengalaman – Jika Anda fresh graduated dan belum punya pengalaman kerja pasti bingung ketika mengisi sebuah CV. Karena sebuah CV atau daftar riwayat hidup mewajibkan mengisi pengalaman kerja yang Anda punya.

Jika Anda belum mempunyai pengalaman kerja bagaimana? Apa yang harus di isi? Berikut tips dari PencariNafkah.com yang bisa Anda coba.

Cara Melamar Kerja Tanpa Pengalaman

1. Isi CV Dengan Pengalaman Organisasi

Jika Anda belum mempunyai pengalaman pekerjaan, Anda bisa mengisinya dengan pengalaman organisasi yang pernah Anda ikuti. Entah itu di LSM, Organisasi Desa, ataupun Sekolah/Kampus.

Selain itu, Anda juga bisa menuliskan pencapaian prestasi dalam organisasi yang Anda ikuti.

Dengan menulisan pengalaman organisasi Anda, perusahaan akan melihat Anda sebagai orang yang aktif dan berjiwa sosial.

Baca juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Benar Dan Cara Membuatnya

2. Tunjukkan Skill Khusus yang Anda Miliki

Selain pengalaman organisasi, Anda juga harus menunjukan skill yang dimiliki. Jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja, kemampuan atau keterampilan akan dilihat sebagai salah satu nilai tambah.

3. Cari Perusahaan Tanpa Kualifikasi Pengalaman Kerja

Cara melamar kerja tanpa pengalaman selanjutnya adalah pilihlah perusahaan yang tidak mewajibkan Anda punya pengalaman kerja. Perusahaan seperti ini biasanya akan memberikan pelatihan khusus atau training untuk para karyawan baru.

Berikut contoh bidang pekerjaan yang tidak membutuhkan pengalaman khusus, Staf restoran cepat saji, Sales, Staf layanan pelanggan, Home-care aids, Agen properti, Asisten PR, Pemandu wisata, penjaga toko, dan lain sebagainya.

Anda bisa memanfaatkan situs-situs pencari kerja seperti Glints.com, www.karirpad.com dan www.jobstreet.co.id. Anda bisa memfilter berdasarkan tanpa pengalaman kerja.

4. Aktif di Grup Pencari Kerja

Aktiflah digrup-grup pencari kerja seperti di facebook, Whatsapp, ataupun di website pencari kerja.

Dengan aktif bertanya dan berdiskusi akan berpeluang mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang sesuai untuk Anda.

5. Tunjukkan Soft Skill Anda Selama Wawancara

Soft Skill adalah kepribadian, atribut personal, serta kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk sukses dalam sebuah pekerjaan. Baiknya soft skill yang dimiliki memperlihatkan bagaimana Anda berinteraksi dengan lingkungan di sekitarmu.

Jadi selain hard skill, soft skill yang Anda miliki sangat penting. Dan soft skill Anda akan terlihat ketika saat wawancara. Sehingga HRD akan tahu, Anda sebenarnya mempunyai kepribadian seperti apa dan bagaimana berkomunikasi dengan orang lain.

Kesimpulan

Dalam mencari pekerjaan yang wajib Anda perhatikan adalah kualifikasi pekerjaan tersebut. Apakah sesuai dengan jurusan dan pengalaman yang Anda miliki.

Selain itu, Anda juga harus melatih soft skill yang dimiliki. Hard skill bisa Anda pelajari di sekolah, tetapi soft skill hanya bisa Anda pelajari dikehidupan Anda sehari-hari.

Kontributor pencarinafkah.com. Blogger asal Klaten - Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.