Cara Membuat Surat Lamaran Kerja PDF Yang Mudah Dilakukan

Sebagai seorang pencari kerja tentunya Anda diwajibkan untuk membuat surat lamaran kerja yang ditujukan kepada perusahaan atau instansi yang akan Anda lamar. Biasanya beberapa perusahaan atau instansi akan menerapkan syarat khusus kepada para pelamar kerja dalam hal pengiriman format file bekas lamaran.

Misanya file surat lamaran yang dikirim harus berformat PDF, tentunya kita harus merubah terlebih dahulu format file dari Word ke PDF, JPG ke PDF dan sebagainya. Bagi sebagian pelamar kerja mungkin masih kebingungan tentang bagaimana cara merubah format file ke PDF. Untuk merubah format file ke PDF sebenarnya ada dua cara yang bisa kita lakukan.

Bacaan Lainnya

Pertama yaitu langsung dari MS. Word dan yang kedua adalah dengan menggunakan Web Convert Online. Berikut merupakan tata cara membuat surat lamaran kerja dengan format file PDF.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja PDF

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja PDF

1. Siapkan Surat Lamaran Kerja

Sebelumnya Anda perlu menyiapkan berkas lamaran pekerjaan, dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan Anda bisa menulis tangan pada kertas folio atau bisa langsung melalui Ms. Word, Pastikan format surat lamaran yang Anda tulis ditulis dengan baik dan benar ya.

Baca Juga :

2. Ubah Format File Word ke PDF

Bila file surat lamaran sudah siap saatnya Anda mengubah format file menjadi PDF. Jika format file surat lamaran Anda menggunakan Ms. Word, Anda bisa langsung mengubahnya melalui Ms. Word. Caranya yaitu pertama Anda harus membuka file lamaran pekerjaan pada Ms. Word setelah itu klik menu File, kemudian Save As, pilih folder yang akan digunakan untuk menyimpan file kemudian pada bagian Save As type pilihlah menu PDF Kemudian Klik Ok.

Jika sudah maka file yang semula berformat Word akan berubah menjadi PDF, dan file tersebut dapat langsung Anda gunakan untuk melamar pekerjaan.

3. Ubah Format File Menggunakan Converter Online

Jika Anda menulis surat lamaran dengan tulisan tangan dan Anda ingin merubahnya ke dalam format PDF maka sebelumnya Anda harus memfoto surat lamaran yang Anda tulis, Alangkah baiknya dalam memfoto surat lamaran kerja ini Anda menggunakan aplikasi Scanner lewat ponsel android agar margin dapat disesuaikan. Jika sudah selanjutnya Anda harus merubah format file, File foto dari android biasanya berformat JPG oleh karena itu Anda harus merubah format file dari JPG ke PDF.

Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah masuk ke Web Converter online. Ada banyak sekali jenis Web Converter yang dapat Anda temui di Google. Pilihlah salah satu Web Converter dan upload file .JPG tadi ke Web Converter tersebut dan pilih menu (.JPG to .PDF) setelah itu klik Convert online.

Setelah selesai mengconvert Anda harus mengunduh format file yang sudah berubah menjadi PDF tersebut. Sekarang File lamaran pekerjaan yang Anda tulis tangan sudah berformat .PDF dan siap digunakan. Sebenarnya dengan web Converter online Anda juga bisa mengubah berbagai macam format file tergantung kebutuhan.

Baca Juga : 6 Cara dan Tips Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Nah begitulah tata cara membuat surat lamaran kerja dengan format file PDF. dari beberapa cara diatas sebenarnya ada kelebihan dan kekurangannya. Jika menggunakan Ms. Word Anda bisa langsung mengubah format file dan langsung menyimpannya ke folder yang Anda inginkan, namun kekuranganya adalah Anda hanya bisa mengubah file dari Ms. Word saja dan tidak berlaku untuk format file yang lain.

Kemudian Kelebihan jika Anda menggunakan Web Converter adalah Anda bisa mengubah berbagai macam format file. Namun kekurangannya adalah Anda tidak bisa merubah dan menyimpan file secara langsung, Anda perlu melalui tiga tahapan yaitu mengupload file asli, mengubah format file lalu mengunduh file yang telah diubah. Semoga bermanfaat ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.