Cara Membuat Lamaran Kerja

Contoh dan Panduan Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Bekerja menjadi salah satu kewajiban yang dilakukan oleh setiap orang, khususnya untuk para pria yang bakal menjadi kepala rumah tangga nantinya. Saat baru saja lulu sekolah SMA/SMK, biasanya mereka akan memilih untuk bekerja atau melanjutkan jenjang pendidikannya. Mereka yang memiliki keterbatasan uang tentu akan memilih untuk bekerja, namun ada juga yang memilih untuk bekerja sambil kuliah.

Sama sekali belum pernah menjalankan pekerjaan, ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam memasuki dunia kerja. Dimana masa kerja ini bukan lagi seperti halnya di sekolah, melainkan anda harus serius dalam menjalankan pekerjaan supaya berhasil meraih kesuksesan di masa depan.

Bacaan Lainnya

Salah satu hal penting yang harus anda lakukan adalah membuat surat lamaran pekerjaan. Hal ini harus anda kuasai untuk bisa mengajukan lamaran pekerjaan terhadap suatu perusahaan yang diinginkannya.

Dengan cara yang satu ini tentu akan sangat efektif untuk anda lakukan. Dengan membuat lamaran pekerjaan, nantinya anda akan berkesempatan untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Cara Membuat Lamaran Kerja

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan, tentu anda harus mengetahui berbagai macam poin penting yang ada di dalamnya. Anda harus bisa membuatnya seefektif mungkin supaya diterima di sebuah perusahaan yang ingin dilamar.

Berikut ini adalah beberapa cara membuat lamaran pekerjaan yang baik dan benar!

Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Bagian penting yang harus anda cantumkan dalam membuat surat lamaran pekerjaan adalah menuliskan tempat dan tanggal penulisan surat. Tuliskan kota tempat dimana anda tinggal sekarang dan tanggal saat anda membuat surat lamaran pekerjaan.

Kepada Siapa Surat Dituju

Bagian yang satu ini juga cukup penting untuk anda cantumkan dalam surat lamaran pekerjaan. Biasanya pada bagian tersebut dituliskan HRD atau pihak yang nantinya akan menyeleksi surat lamaran anda. Anda bisa mencari informasinya terlebih dahulu mengenai nama HRD dari pemilik perusahaan yang akan dilamar.

Alamat Lengkap Perusahaan Yang Dituju

Setiap perusahaan pastinya memiliki alamat lengkap tersendiri. Disini anda harus menuliskan alamat lengkap dari perusahaan yang ingin dilamar. Pastikan anda harus menulis alamat lengkapnya dengan benar supaya kesempatan diterima perusahaan semakin besar.

Salam Pembuka

Salam pembuka berisikan tentang pembukaan yang anda tulis untuk disampaikan kepada HRD. Disini anda bisa mengisinya dengan apa yang anda inginkan untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang dituju. Dengan adanya salam pembukaakan lebih sopan pastinya.

Kata Pengantar

Kata pengantar juga cukup penting untuk anda terapkan di dalam surat lamaran pekerjaan anda. Hal ini akan membuat surat lamaran pekerjaan menjadi lebih terisi dan dapat tertata secara resmi.

Biodata Pribadi

Salah satu bagian yang sangat penting untuk anda terapkan adalah biodata pribadi. Pada bagian yang satu ini berisikan identitas dari diri anda seperti nama lengkap, tempattanggallahir, alamat, jenjangpendidikan, danberbagaimacamidentitaslainnya. Pastikan anda mengisi identitasnya secara lengkap dan benar agar pihak perusahaan lebih percaya.

Pengalaman Kerja

Bagi anda yang pernah bekerja di suatu perusahaan dan ingin melamar pekerjaan kembali. Jangan lupa untuk mencantumkan pengalaman kerja anda di surat lamaran pekerjaan yang dibuat. Tulis pengalaman kerja anda dan juga jabatan anda di dalam surat lamaran pekerjaan. Dengan begitu, akan menjadi nilai tambah bagi anda yang mencantumkan pengalaman kerja.

Penutup

Bagian yang selanjutnya yaitu penutup, dimana ada pembukaan jangan lupa juga untuk mencantumkan bagian penutup. Dengan begitu, surat lamaran pekerjaan anda akan lebih terlihat resmi karena ada penutupnya.

Lampiran

Lampiran disini berisikan berbagai macam berkas yang anda bawa sebagai syarat untuk melamar pekerjaan. Seperti halnya foto 3×4, foto kopi ijazah, fotokopi KTP, fotokopi SKCK, dan lain sebagainya. Tulis sesuai dengan berkas yang anda bawa di dalam lamaran pekerjaan anda. Dengan begitu, akan menjadi poin penting untuk surat lamaran yang diajukan.

Tanda Tangan

Bagian penting terakhir yang harus anda cantumkan adalah tandatangan. Tulis nama terang dan juga tanda tangan anda di bagian akhir surat lamaran pekerjaan yang anda buat.

Itulah beberapa bagian penting yang harus anda cantumkan dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Dalam membuat surat lamaran pekerjaan, sebisa mungkin jangan melakukan kesalahan dalam menulis dan buat serapi mungkin supaya dilirik oleh perusahaan.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Buat Surat Lamaran Kerja Sebelum Habis Masa Kerja

Supaya lebih mudah untuk memahaminya, alangkah baiknya anda harus melihat contohnya terlebih dahulu. Dengan begitu, anda bisa menerapkannya secara langsung untuk surat lamaran yang ingin dibuat. Berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa anda gunakan!

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Panduan Membuatnya

Bandung, 28 Januari 2021

Hal : lamaran pekerjaan
Kepada Yth.
Bpk/Ibu Pimpinan
PT Maju Mundur
Jl. Batu Kali No. 66
Bandung

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari surat kabar xxx pada 5 Mei 2020, dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai content creator di PT Maju Mundur. Sayapria, 25 tahun, lulusan S1 Sastra Indonesia, Universitas Kancana, tahun 2020 dengan IPK 3,9.

Berikut data pribadi saya:

Nama : Asep Saepulah
Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 8 Oktober 1995
Pendidikan Terakhir : S1
Alamat : Jl. Pasirkaliki. 78a
Telepon (HP) : 08566655544
Status : Belum Menikah

Saat ini, saya dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani. Saya juga aktif berorganisasi, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup, serta siap bekerja secara mandiri maupun tim.

Berikut dokumen yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi ijazah S1 dilegalisir
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan
  5. Pas foto terbaru
  6. Fotokopi SKCK
    Demikianlah surat permohonan pekerjaan ini. Sekali lagi, besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya

Asep Saepulah

Buat Sebaik Mungkin Surat Lamaran Pekerjaan

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan terlihat sangat mudah untuk dilakukan. Namun di dalamnya ada poin penting yang harus anda terapkan dengan baik. Kesalahan penulisan satu huruf saja akan menambah nilai buruk bagi HRD. Maka dari itu, anda harus menulis sebenar mungkin. Bila perlu, ganti surat lamaran pekerjaan yang baru ketika anda melakukan kesalahan dalam menulis.

Selain itu, penulisan tanda baca juga harus diperhatikan. Hal ini akan membuat HRD kurang nyaman bilamana tulisan yang anda buat sulit untuk dipahami. Beberapa penerapan tanda baca yang harus anda pahami seperti penempatan titik, koma, dan lain-lain. Sebisa mungkin anda harus membuatnya serapi mungkin supaya HRD menyukainya. Dengan begitu, kesempatan untuk lolosakan semakin besar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai surat lamaran pekerjaan. Bagi anda yang ingin melamar sebuah pekerjaan bisa melihat beberapa contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *