cara membuat cv lamaran kerja

Cara Membuat CV Lamaran Kerja Agar Diterima

CV lamaran kerja adalah bagian penting dari proses administrasi untuk mendaftar kerja. Performa dari calon pekerja pertama kali dilihat dari CV yang dibuatnya. Bila CV lamaran kerja yang dibuat menarik calon pemberi kerja atau pihak yang diminta untuk melakukan seleksi kerja, barulah performa penampilan dan bicara menjadi penting.

Jadi sebelum membuat lamaran kerja, pelajarilah dengan seksama cara membuat CV lamaran kerja.

Sebuah CV untuk lamaran kerja tidak perlu dibuat panjang dan detail, lebih penting singkat dan padat sehingga bisa dibaca dengan cepat. Tampilan CV yang menarik juga menjadi salah satu point agar CV dilihat dan dibaca oleh pihak penyeleksi.

Baca Juga : Cara Membuat CV Menarik Menggunakan Android

Beberapa Tips Cara Membuat CV Lamaran Kerja :

cara membuat cv lamaran kerja
Sumber : https://www.theladders.com/wp-content/uploads/resume-190916.jpg

#Detail Diri

Detail diri adalah yang pertama kali ditampilkan di dalam sebuah CV. Beberapa hal yang harus diisi dalam detail adalah :

Alamat domisili saat ini

Alamat domisili penting karena seringkali pihak pemberi kerja memikirkan jarak antara tempat kerja dan rumah pekerjanya.

Alamat KTP

Pada beberapa perusahaan, terutama perusahaan yang berdomisili di dekat pemukiman penduduk, mengutamakan karyawan produksinya agar diisi oleh penduduk setempat. Biasanya hal ini menjadi kesepakatan antar perusahaan dan pimpinan desa setempat.

No HP dan Email

Saat ini sudah jarang ada panggilan kerja melalui surat menyurat kertas. Panggilan kerja untuk perusahaan besar biasanya melalui email.

Sedangkan untuk perusahaan yang relatif masih kecil dan karyawan belum banyak, cukup dengan whatsapp. Jadi pastikan nomor telepon adalah nomor yang bisa dikontak dengan whatsapp.

Baca Juga : 6 Cara dan Tips Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Tempat Tanggal Lahir

Detail ini perlu diisi karena dalam syarat-syarat kerja di perusahaan, seringkali disebut usia maksimal pekerja yang dicari. Kecuali pekerjaan freelance online, tidak membutuhkan tanggal lahir dan syarat usia.

#Pendidikan

Pendidikan tidak perlu ditulis semua jenjang pendidikan yang perlu dilalui. Cukup pendidikan terakhir saja. Apabila ada training atau kursus yang relevan dengan posisi pekerjaan yang dilamar, bisa disertakan di detail pendidikan.

#Keahlian

Bagian ini penting karena perusahaan membutuhkan seorang karyawan karena memiliki keahlian tertentu. Sebagai pembuktian keahlian, bisa disertakan portofolio atau sertifikasi yang relevan dengan keahliannya.

Yang terpenting adalah tidak berbohong dengan keahlian yang dimiliki. Tidak jujur atau berbohong atas keahlian yang dimiliki mengakibatkan hal yang fatal karena pada tes keahlian kerja minta untuk dipraktekkan.

Atau bila tidak ada tes keahlian kerja, karyawan akan dipekerjakan dengan status kontrak terlebih dahulu untuk diamati keahliannya.

Keahlian bisa dipelajari di luar bangku sekolah. Jadi asah terus keahlian di saat ada kesempatan.

#Pengalaman Kerja

Untuk pengalaman kerja, apabila ada pengalaman kerja yang berhubungan dengan posisi yang dilamar, sebaiknya ditulis pengalaman tersebut saja. Akan tetapi bila tidak ada, pengalaman kerja lain bisa ditulis.

Pengalaman kerja juga cukup ditulis singkat dan jelas.

  • Job title, misalnya “operator packaging” dan
  • job description, misalnya “memantau mesin packaging dan quality produk di mesin packaging”, yang singkat dan jelas, tidak perlu keterangan yang panjang.

Untuk yang belum memiliki pengalaman kerja, bisa diisi dengan job training yang pernah diikuti atau pengalaman organisasi saat masih di sekolah atau kuliah. Hal ini akan menjadi nilai lebih saat melamar pekerjaan.


Cover Letter atau Surat Lamaran Kerja

Di saat sudah melampirkan CV atau resume untuk melamar kerja, ketika membuat surat lamaran kerja tidak perlu lagi menerangkan panjang lebar pengalaman kerja sebelumnya.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Sudah Terbukti Di Panggil Oleh Beberapa Perusahaan Besar

Sebaliknya, dalam surat lamaran kerja ditulis rencana kerja yang bisa dilakukan saat nantinya jadi bekerja di perusahaan yang dilamar. Sedikit pengalaman kerja yang relevan bisa ditulis di surat lamaran ini, tetapi tidak mendominasi isi surat lamaran kerjanya.

Semoga sukses dipanggil kerja !!!!

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.