Apa Itu PCB Dalam Jual Beli Facebook?

Jual Beli

Saat Anda menyimak grup jual beli di Facebook mungkin Anda akan menjumpai istilah atau singkatan PCB. Nah PCB dalam jual beli itu sebenarnya adalah singkatan dari Pantau Cocok Bayar. Meskipun hampir sama dengan COD namun singkatan ini berbeda dengan makna dari COD.

Sayangnya masih banyak orang yang menganggap COD itu sama dengan PCB. Padahal sistem PCB tidak akan bisa Anda temukan di marketplace karena Anda harus memantau barang secara langsung baru kemudian membayar barang tersebut jika terjadi kecocokan atau setuju.

Bacaan Lainnya

Sedangkan jika COD dalam jual bei online itu Anda sebagai pembeli harus membayar transaksi terebih dahulu sebelum menerima atau membuka paket dari kurir. Dan jika barang tidak sesuai maka Anda harus menghubungi pihak penjual, bukan dikembalikan lagi ke kurir.

Baca Juga : Cara COD Shopee, Untuk Penjual dan Pembeli

Apa Itu PCB Dalam Jual Beli

Apa Itu PCB Dalam Jual Beli Facebook?

Jadi PCB dalam jual beli itu adalah Anda melakukan kesepakatan dengan penjual / pembeli untuk bertemu di lokasi yang sesuai kesepakatan. Biar lebih aman kami sarankan lokasi ditentukan oleh penjual atau di tempat yang sama-sama aman untuk kedua belah pihak.

Setelah penjual dan pembeli bertemu, kemudian pembeli memantau barang dari penjual secara langsung. Pada kesempatan ini pembeli harus memanfaatkan momen untuk mengecek barang dengan hati-hati dan teliti.

Dan penjual harus menjelaskan barang dengan kondisi yang sebenar-benarnya atas barang tersebut agar transaksi jual beli menggunakan sistem Pantau Cocok Bayar nyaman untuk terus digunakan.

Setelah pembeli dan penjual melakukan kesepakatan maka pembeli bisa membayar transaksi tersebut. Pembayaran sistem PCB biasanya menggunakan uang cash. Tapi jika semuanya tidak gaptek maka boeh menggunakan pembayaran transfer.

Namun akan lebih aman jika sistem PCB ini menggunakan metode pembayaran dengan uang cash.

Jika Anda melakukan transaksi menggunakan PCB untuk barang-barang mahal atau berharga kami sarankan Anda menggunakan kwitansi sebagai bukti dari transaksi yang Anda lakukan.

Baca Juga : Pentingnya Kwitansi Pembelian Motor Dan Mobil Bekas

Keuntungan Sistem PCB (Pantau Cocok Bayar)

Berdasarkan pendapat kami pribadi, sistem Pantau Cocok Bayar ini mempunyai keuntungan tersendiri seperti menambah kenalan atau teman jika Anda melakukan transaksi untuk hobi yang sama.

Contohnya jika Anda menerapkan PCB untuk jual beli ikan cupang maka Anda bisa mendapatkan kenalan yang satu frekuensi dengan Anda. Mungkin Anda bisa mendapatkan ilmu tentang jenis ikan cupang plakat atau mendapatkan tips untuk mengatasi kenapa ikan cupang tidak mau makan, dan sebagainya.

Yang pasti sistem PCB ini sangat disukai oleh banyak orang karena mereka bisa melihat secara langsung barang yang akan dibeli. Karena dengan PCB Anda bisa melihat secara langsung apakah barang tersebut sesuai dengan penjelasan dalam iklan atau tidak.

Sangat berbeda dengan jual beli online yang hanya menampilkan barang melalui foto / gambar dengan sedikit penjelasan.

Nah itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan mengenai arti PCB (Pantau Cocok Bayar) dalam jual beli Facebook. Semoga dengan artikel yang singkat ini Anda dapat memahami apa itu PCB dalam jual beli.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.