Cara COD Shopee, Untuk Penjual dan Pembeli

Cash on Delivery

Sebagai marketplace yang besar di Indonesia Shopee sekarang sudah meyediakan fitur COD yang semakin memudahkan masyarakat untuk belanja online. Belanja dengan cara COD Shopee sebenarnya mempunyai pengaruh yang sangat besar.

Sebab tidak semua orang menggunakan m-banking atau kartu kredit / debit online yang digunakan untuk transfer pembayaran belanja online.

Bacaan Lainnya

Dengan adanya Shopee Bayar di Tempat (COD) pembeli yang tidak menggunakan m-banking atau yang tidak mempunyai kartu ATM sampai yang rumahnya pelosok sekarang semua kendala tersebut sudah teratasi.

Belanja dengan cara COD di Shopee juga meminimalisir adanya penipuan dalam jual beli secara online dan membuat masyarakat semakin percaya dengan belanja online.

Oleh sebab itu setelah Shopee sudah bisa COD atau Bayar di Tempat maka kami pun juga merekomendasikan layanan ini untuk digunakan. Baik anda sebagai penjual atau pun pembeli.

Baca Juga : Cara Mudah Login Shopee Bagi Yang Lupa Kata Sandi

Jika layanan Shopee Bayar di Tempat sangat disukai oleh masyarakat maka para penjual juga harus tahu cara COD di Shopee supaya penjualan bisa terus meningkat.

Cara Mengaktifkan COD Shopee – Bayar di Tempat Untuk Penjual

Sebagai penjual di marketplace Shopee yang ingin tokonya menggunakan pembayaran COD maka anda perlu mengaktifkannya secara manual. Layanan ini bisa digunakan oleh siapa saja bahkan penjual yang baru mempunyai toko di Shopee.

Cara mengaktifkan layanan pembayaran COD Shopee untuk penjual sangat mudah sekali. Bisa diaktifkan lewat laptop/PC atau aplikasi.

Cara Mengaktifkan COD Lewat Laptop/PC

Kalau anda sering mengakses Shopee menggunakan Laptop/PC berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan pembayaran COD di Shopee untuk penjual :

  • Masuk ke shopee.co.id
  • Login
  • Masuk ke Akun Jual
  • Pilih Pengiriman > Pengaturan Pengiriman
  • Aktifkan pengiriman J&T Express dan konfirmasi
  • Klik tanda anak panah kecil yang ada disamping kanan tombol untuk mengaktifkan J&T Express.
  • Hijaukan tombol Aktifkan COD. Seperti pada gambar di bawah ini :
Cara COD Shopee untuk Penjual

Jika sudah selesai maka selamat toko anda sekarang sudah berhasil mengaktifkan fitur COD.

Cara Mengaktifkan COD Lewat Aplikasi

Pada saat artikel ini ditulis aplikasi Shopee sudah diunduh lebih dari 6,5 juta kali sehingga kami yakin pengguna aplikasi Shopee di Indonesia sangat banyak.

Berikut ini adalah langkah-langkah mengaktifkan fitur COD untuk penjual melalui aplikasi :

  • Buka aplikasi Shopee yang sudah anda miliki
  • Kemudian pilih Saya > Toko Saya
  • Pilih Jasa Kirim Saya
  • Hijau kan atau On kan untuk jasa kirim J&T Express
  • Hijau kan atau On kan pilihan Aktifkan COD di bawah tulisan J&T Express
  • Simpan.
Mengaktifkan COD Shopee di Aplikasi Penjual

Dengan begini toko anda di Shopee sudah bisa menerima pesanan untuk pembayaran COD.

J&T Express adalah jasa pengiriman Bayar di Tempat (COD) yang sudah menjangkau seluruh wilayah Indonesia jika di Shopee.

Kelebihan COD Untuk Penjual

Dengan mengaktifkan fitur COD pada toko anda di Shopee maka penjualan bisa meningkat karena menyediakan banyak jalan kepada pembeli dalam berbelanja online.

Tidak ada biaya lain yang harus dikeluarkan sehingga kita tidak akan rugi ongkos kirim meskipun barang tidak jadi dibayar/dibeli oleh pemesan.

Kekurangan COD Untuk Penjual

Sementara kekurangan layanan Shopee Bayar di Tempat untuk penjual adalah mempunyai resiko barang yang sudah dikirimdan tidak jadi dibayarkan oleh pembeli atau istilahnya tidak jadi dibeli padahal sudah dikirim.

Mengakibatkan penjual bisa rugi waktu packing dan waktu kirim karena produk cuma bolak-balik saja lalu yang pasti juga rugi biaya packing karena kemungkinan bisa rusak dalam perjalanan bolak-balik tersebut.

Cara Belanja di Shopee COD Untuk Pembeli [Bayar di Tempat]

Salah satu syarat belanja di Shopee agar bisa COD atau Bayar di Tempat adalah anda membeli produk dari toko yang sudah mengaktifkan fitur / layanan COD.

Sekarang pertanyaanya adalah bagaimana caranya menemukan barang yang bisa dibayar secara COD di Shopee?

Baca Juga : Cara Belanja Agar Pembayaran Menggunakan ShopeePay

Cara Melihat Barang Yang Menggunakan Metode Pembayaran COD :

1. Lihat Detail Barang

Cara Belanja COD Shopee

Sebelum dimasukkan kedalam keranjang pastikan barang yang anda ingin beli sudah ada keterangan COD (Bayar di Tempat).

2. Ketik COD di Kolom Pencarian

Pencarian untuk barang Bayar di Tempat

Jika ingin melihat-lihat barang yang bisa dibeli dengan COD anda bisa mengetikkan “cod” pada kolom pencarian kemudian klik di menu COD Bayar Di Tempat seperti pada gambar diatas.

3. Manfaatkan Tab COD

Filter Pencarian Barang

Saat ingin mencari sesuatu misalkan headset maka bisa dituliskan pada kolom pencarian kemudian pilih tab COD yang terletak di bawah kata “Terlaris” untuk mendapatkan hasil headset yang bisa dibayar di tempat atau Cash on Delivery.

Cara Melakukan Pembelian Menggunakan Shopee Bayar di Tempat (COD)

Begitu sudah mendapatkan yang ingin dibeli, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan pemesanan. Untuk langkah-langkah pemesanan bisa anda simak pada panduan berikut.

  • Pilih barang yang akan dibeli dan terdapat keterangan COD atau Bayar di Tempat
  • Beli Sekarang
  • Checkout
  • Pastikan alamat penerima sudah benar.
  • Pilih dan gunakan opsi pengiriman J&T Express atau yang lain asalkan sudah didukung COD atau Bayar di Tempat.
  • Pilih metode pembayaran Bayar di Tempat (COD) Cash on Delivery
  • Masukkan voucher gratis ongkir, cashback atau promo yang lain jika punya.
  • Buat Pesanan

Tunggu sampai pesanan sampai di rumah dengan estimasi pengiriman sesuai pada informasi yang tertera saat anda memilih jasa pengiriman.

Pembayaran COD Shopee

Setelah menjelaskan penjualan dan pembelian COD Shopee rasanya akan kurang kalau tidak memberikan penjelasan mengenai pembayarannya sekalian.

Pembayaran Untuk Pembeli

Jadi setelah pembeli melakukan pemesanan menggunakan metode Bayar di Tempat (COD) maka pembeli akan melakukan pembayaran pada saat akan menerima paket dari kurir secara cash.

Baru paket boleh dibuka oleh pembeli. Pembeli tidak bisa mengajukan pengembalian langsung kepada kurir apabila sudah membuka paket.

Pengembalian paket apabila tidak sesuai dengan pesanan harus sesuai aturan yang berlaku di Shopee.

Pembayaran Untuk Penjual

Setelah pembeli melakukan pembayaran kepada kurir, penjual tidak perlu menagih uangnya kepada kurir atau jasa pengiriman karena secara otomatis uang penjualan akan masuk dan saldo yang anda miliki akan bertambah.

Penjual hanya akan menerima uang berdasarkan harga barang yang berhasil dibeli. Karena biaya ongkir memang untuk jasa pengiriman.

Baca Juga : Cara Transfer Saldo ShopeePay ke Rekening, Gratis!

Begitulah informasi mengenai layanan Shopee Bayar di Tempat (COD) dari kami. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada anda. Terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.