Pola Hidup Sehat di Bulan Ramadhan

5 Pola Hidup Sehat yang Harus Dilakukan di Bulan Ramadhan

Puasa di bulan ramadhan selalu menjadi alasan sebagian orang untuk bermalas-malasan dan tidak peduli dengan hidup sehat.

Padahal, puasa sendiri mempunyai manfaat kesehatan pagi tubuh. Rugi jika Anda sendiri tidak mengimbanginya dengan pola hidup sehat.

Lantas, pola hidup sehat seperti apa sih yang harus dilakukan?

Pola Hidup Sehat di Bulan Ramadhan

Pola Hidup Sehat di Bulan Ramadhan

1. Pola Makan

Ketika Anda menjalankan puasa, tubuh akan kekurangan banyak nutrisi. Karena itu, Anda harus menjaga asupan nutrisi ketika sahur dan berbuka. Di dalam makanan Anda, wajib terdapat tiga komposisi makanan, yakni Karbohidrat, Protein, dan Serat. Jika memungkinkan makanlah satu buah apa saja untuk vitamin.

2. Pola Tidur

Perhatikan pola tidur Anda, begadang boleh tetapi setidaknya Anda tidur idealnya 6 – 8 jam per hari. Tahukah Anda, bahwa ketika dalam kondisi tidur inilah tubuh Anda melakukan recovery atau memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak karena aktivitas harian Anda.

Itulah kenapa dengan pola makan sehat dan pola tidur yang teratur menjadi kunci yang sangat penting dalam hidup sehat.

3. Olahraga

Puasa kok olahraga? eits.. siapa bilang ketika puasa tidak boleh berolahraga? Boleh kok.

Lakukan olahraga 30 menit atau 15 menit sebelum berbuka. Pilih olahraga yang ringan saja. Seperti jogging, sepedaan, badminton, atau angkat beban jika biasa melakukannya.

Olahraga dibulan puasa merupakan kesempatan besar untuk Anda yang mau menurunkan berat badan.

Baca juga: Tips Diet Saat Puasa, Terbukti Berat Badan Berhasil..

4. Ibadah

Ibadah juga merupakan salah satu menjaga pola hidup sehat dari sisi mental dan spiritual. Ketika Anda beribadah akan meciptakan ketenangan batin.

5. Berbagi

Di kondisi negara yang sedang mengalami wabah virus corona, banyak dari kalangan masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Jadi ini kesempatan Anda untuk bisa berbagi dan menolong sesama. Dengan berbagi Anda akan belajar memiliki kerendahan hati.

Dengan kerendahan hati, Anda akan selalu bersyukur dan bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang sekitar.

Itulah tips menjalankan pola hidup yang sehat walau sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Kontributor pencarinafkah.com. Blogger asal Klaten - Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.