Buah Tinggi Vitamin C

7 Buah Tinggi Vitamin C, Selain Jeruk

Di masa pandemi virus covid-19, imunitas menjadi kunci penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Karena pertahanan utama tubuh adalah sistem imun itu sendiri. Untuk menjaga sistem imun tetap sehat, Anda bisa melakukannya dengan berolahraga dan mengkonsumsi supplemen vitamin C.

Vitamin C menjadi penting dalam meningkatkan imunitas tubuh karena memiliki manfaat beragam seperti meningkatkan daya tahan tubuh, membantu penyerapan zat besi, hingga menghasilkan kolagen.

Tahukah Anda bahwa vitamin C juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah-buahan. Tetapi, selain Jeruk, ada beberapa buah yang sebenarnya mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Apa sajakah buah tinggi vitamin C itu?

Baca juga: Sayur-sayuran Tinggi Vitamin C

Buah Tinggi Vitamin C, Selain Jeruk

Buah Tinggi Vitamin C

1. Kiwi

Satu buah Kiwi mengandung sekitar 60-75 mg vitamin C. Buah ini memiliki kandungan kalium yang tinggi, kalori yang rendah, dan serat sehingga cocok untuk menu program diet.

2. Jambu Biji

Kandungan vitamin C dalam satu Jambu Biji rata-rata mengandung 125 mg vitamin C. Selain vitamin C, Jambu Biji juga kaya akan antioksidan likopen dan serat yang sangat baik untuk kesehatan.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

3. Pepaya

Di dalam setengah buah Pepaya mengandung vitamin C sekitar 90-100 mg. Selain vitamin C, kandungan antioksidan dan antiradang dalam buah Pepaya dapat membantu mencegah kerusakaan otak.

4. Nanas

Buah tinggi vitamin C selanjutnya adalah Nanas. Nanas mengandung vitamin C sekitar 75 mg. Selain itu, Nanas juga diperkaya dengan serat, folat, kalium dan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang dan jantung.

5. Stroberi

Dalam 150 gram Stroberi mengandung sekitar 90 mg vitamin C. Selain itu, Flavonoid yang merupakan senyawa bioaktif di dalam Stroberi dipercaya bisa memperbaiki suasana hati dan meningkatkan daya ingat.

6. Sirsak

Sirsak mengandung beragam nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan niacin (yang dapat menurunkan risiko kanker dan mencegah penumpukan kolestrol). Untuk jumlah vitamin C dalam 100 gram Sirsak mengandung sekitar 30 mg.

7. Mangga

Mangga selain mengandung vitamin A yang secara ilmiah terbukti dapat meningkatkan kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh, juga mengandung vitamin C sebesar 75 mg dalam satu Mangga.

Itulah 7 buah tinggi vitamin C yang bisa Anda konsumsi sebagai alternatif pengganti Jeruk. Jaga daya tahan tubuh Anda dengan mengkonsumsi buah vitamin C yang cukup setiap hari.

Kontributor pencarinafkah.com. Blogger asal Klaten - Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.