Tips Diet Saat Puasa

Tips Diet Saat Puasa, Terbukti Berat Badan Berhasil Turun 10 Kg

Tidak terasa saat ini sudah masuk bulan Ramadhan, umat muslim semuanya menjalankan ibadah puasa. Banyak orang yang memanfaatkan puasa Ramadhan untuk menjalankan diet sehat dan lebih ketat. Namun Faktanya, niat ingin diet, justru banyak orang yang berpuasa mengalami kenaikan berat badan. Mengapa hal ini bisa terjadi? 

Karena ketika mereka berbuka langsung mengkonsumsi karbohidrat secara langsung.

Banyak orang yang mengeluhkan karena saat bulan Ramadhan berat badan mereka justru naik. Salah satu yang membuat berat badan naik ini karena terlalu banyak saat berbuka puasa. Lantas, bagaimana tips diet saat puasa yang benar dan efektif ?

Tentunya banyak orang yang penasaran ingin tahu cara yang tepat agar program diet ketika bulan puasa bisa berhasil.

Tips Diet Saat Puasa

Tips Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan yang Aman dan Benar

Tips diet sehat saat puasa ramadhan itu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan program diet seperti yang anda lakukan ketika di luar bulan Ramadhan. Apabila anda memang benar-benar ingin menjalankan program diet ketika bulan puasa, maka anda harus memperhatikan semua asupan makanan.

Jadi tips diet saat puasa ini anda harus memperhatikan keseimbangan asupan makanan mulai dari protein, karbohidrat, lemak yang dikonsumsi setiap hari. Tentunya ini tidak hanya dilakukan ketika anda berbuka puasa saja, jadi ketika sahur pun anda juga harus memperhatikan keseimbangan asupan makan.

Jangan sampai anda merusak momen kebersamaan dan keindahan ketika berbuka puasa dan sahur. Agar momen berbuka puasa anda tidak sampai berantakan maka silahkan simak mengenai beberapa tips diet saat puasa yang bisa anda lakukan untuk mengontrol berat badan. Penasaran? Berikut ini penjelasannya untuk anda.

1. Mengurangi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula

Setelah anda seharian menahan makan dan minum tentunya tubuh anda akan terasa lemas dan kurang bertenaga. Maka dari itu banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang manis-manis. Ketika sahur pun juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan makan dan minum agar di siang hari tidak mengalami kelelahan yang berarti.

Namun bagi anda yang sedang menjalankan program diet maka tips diet saat puasa yang tepat adalah tidak mengkonsumsi terlalu banyak berbagai makanan dan minuman yang manis.Terlebih ketika buka puasa jangan terlalu banyak makanan dan minuman yang terlalu manis. Karena kalau berlebihan bisa menyebabkan anda cepat gemuk.

Mengapa sampai demikian? Karena ketika anda berpuasa, produksi insulin akan mengalami defisiensi. Kita ketahui bersama kalau insulin ini sebenarnya berfungsi untuk merubah gula menjadi energi. Jadi saat kurangnya insulin maka gula ini akan menjadi lemak dalam tubuh.

2. Menghindari berbuka dengan aneka gorengan

Kita ketahui bersama kalau aneka gorengan ini memang sangat menggugah selera saat berbuka puasa. Tips diet saat puasa yang tepat adalah mengurangi atau bahkan tidak disarankan ketika anda sedang menjalankan diet sehat. Jadi dalam gorengan ini banyak mengandung lemak jenuh sehingga ini bisa menyebabkan anda cepat gemuk.

Menu diet saat puasa turun 10 kg bisa mengganti gorengan dengan berbagai makanan yang tidak mengandung lemak tak jenuh. Menu ini seperti kacang-kacangan, ikan, dan berbagai macam buah-buahan. Selain itu berbagai menu makanan ini lebih sehat dan tidak membuat anda bertambah gemuk.

Baca Juga :

3. Mengkonsumsi berbagai makanan yang banyak mengandung serat dan protein

Tips diet saat puasa selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memperbanyak asupan makanan yang kaya akan serat dan protein. Jadi apabila anda menjalankan program diet maka lebih baik memperbanyak makan makanan yang mengandung serat dan protein. Hal ini bertujuan agar perut anda akan terasa kenyang dalam durasi yang lebih lama.

Sehingga ketika sudah masuk waktu berbuka sudah tiba, anda tidak akan kalap untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Mengingat kita berpuasa itu melatih untuk bisa menahan segala sesuatu yang berlebihan.

4. Makan secara perlahan

Tips diet saat puasa selanjutnya adalah menerapkan makan secara perlahan. Jadi selain anda mengkonsumsi makanan secukupnya saja, anda juga harus makan secara perlahan. Lebih baik sebelum menjalankan shalat tarawih anda mengkonsumsi makanan ringan. Kemudian setelah sholat tarawih anda bisa mengkonsumsi makanan utama.

Diet saat puasa ini sebenarnya sangat baik dan tepat sekali. Mengingat apabila anda bisa melakukan diet puasa dengan benar maka idaman memiliki berat badan ideal akan segera terwujud. Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika diet dengan puasa ramadhan. Apa sajakah itu :

  1. Metabolisme dalam tubuh akan lebih meningkat
  2. Tubuh anda akan membakar lemak lebih banyak dan cepat
  3. Jumlah kalori yang masuk dalam tubuh akan lebih sedikit
  4. Mampu meningkatkan hormon pertumbuhan

Jadi itulah hal-hal mengenai beberapa tips diet saat puasa yang dijamin bisa berhasil turun 10 kg. Tentunya anda bisa menjalankan semua langkah-langkah diatas dengan benar. Sehingga keinginan menjalankan program diet selama bulan puasa bisa terwujud dan berhasil.

Jasa Artikel Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.