15 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa Yang Sukses

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa
Sumber: https://www.pexels.com/

Apakah Anda sedang mencari ide usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang sukses? Mungkin kebanyakan orang berfikir kalau berada di desa maka potensi usaha yang bisa dikerjakan ibu rumah tangga tidak banyak. Sebenarnya tidak juga, ada banyak peluang lain yang tidak kalah menjanjikan.

Sebagai ibu rumah tangga yang ingin membantu ekonomi keluarga maka tidak ada salahnya untuk mencoba usaha sampingan. Meskipun Anda tinggal di desa, Anda harus bisa menemukan usaha sampingan apa yang cocok untuk ibu rumah tangga yang tinggal di desa.

Bacaan Lainnya

Inspirasi Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa

Ibu bisa mengambil banyak peran dalam hidupnya. Dia dapat menjadi ibu, istri, teman, dan juga usahawan. Jadi, bukan suatu hal yang mengherankan kalau ibu rumah tangga bisa mengembangkan bisnis walaupun berada di desa. Berikut adalah beberapa pilihan usaha sampingan rumah tangga di desa yang dapat dicoba.

Usaha Yang Bisa Dilakukan di Rumah

Usaha Yang Bisa Dilakukan di Rumah Oleh Ibu Rumah Tangga
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/

Ibu rumah tangga yang memiliki anak kecil akan menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah. Selain berbenah, memasak dan mengurus anak, ibu rumah tangga tetap bisa berdikari yang menghasilkan uang. Ada beberapa usaha sampingan yang bisa Anda lakukan tanpa meninggalkan rumah.

1. Membuat Aneka Macam Kue

Membuat kue sesuai pesanan adalah usaha cemilan untuk ibu rumah tangga yang bisa Anda lakukan meski tinggal di desa. Anda dapat membuat kue basah untuk hari raya atau ketika ada tetangga yang mengadakan hajatan. Kalau ingin lebih serius bisa juga membuat kue kering, menaruhnya pada kemasan dan memasarkannya sebagai usaha UMKM.

2. Jual Lauk Pauk

Membuat makanan untuk menu sarapan, makan siang atau makan malam bisa menjadi bisnis rumahan. Anda bisa membuat usaha sampingan ibu rumah tangga di desa dengan membuat warung nasi lengkap dan lauk-pauknya. Cara lain bisa menerima pesanan atau membantu tetangga pada saat mereka melakukan hajatan. Ada banyak cara untuk berjualan lauk-pauk sebagai penghasilan sampingan.

3. Menu Sarapan

Anda ibu rumah tangga yang hanya memiliki waktu luang dari subuh sampai pagi hari? Bisa membuka warung makan untuk makan pagi saja. Anda bisa menjual gorengan, nasi uduk, nasi kuning dan pelengkapnya. Jadi, persiapan tidak terlalu lama dan yang dijual bisa sekaligus untuk makan Anda sekeluarga. Tinggal menyesuaikan kira-kira berapa porsi yang ingin Anda buat tiap harinya.

Jika Anda pernah tinggal di desa mungkin Anda pernah melihat penjual sarapan yang selalu berjualan di waktu pagi hari saja. Sebenarnya dengan adanya penjual sarapan ini ada banyak warga yang tidak sempat masak untuk tetap sarapan pagi sebelum beraktivitas.

4. Warung Kopi

Peluang usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang dapat Anda coba di depan rumah sendiri adalah warung kopi. Bisa juga Anda lengkapi dengan menu ringan seperti gorengan atau makanan berat seperti nasi uduk. Anda bisa memilih waktu buka baik hanya di pagi hari atau hanya sampai sore hari saja. Memilih buka warung kopi dari siang sampai malam juga bisa jadi pilihan mengingat banyak warga desa yang suka nongkrong atau suka ronda pada malam hari.

5. Kue Bolu

Secara umum memang menu kue bolu baik dalam bentuk kue ulang tahun, kue-kue kecil, dan roti bukan cemilan yang umum Anda dapati di pedesaan. Oleh karena itu, jenis makanan ini bisa jadi peluang untuk dikembangkan. Anda tinggal menyesuaikan antara selera pasar dan jenis kue bolu apa saja yang bisa Anda buat.

6. Usaha Catering

Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa selanjutnya adalah membuka usaha katering. Mulanya cobalah untuk memasak sendiri dalam jumlah sedikit, kalau sudah banyak pelanggan, Anda bisa mencari pegawai dan membuat usaha katering yang menangani pesanan yang beragam. Mulai dari acara hajatan besar sampai kumpul kecil-kecilan, semua bisa Anda tangani sesuai dengan kapasitas dan kesibukan Anda sebegai sang ibu rumah tangga sehari-hari.

7. Snack Unik

Usaha kuliner beragam dari yang tradisional, modern sampai perpaduan diantaranya. Anda bisa membuat kreasi menu menarik sehingga membuat orang ingin membeli. Bakso keju, seblak, ramen, burger adalah beberapa snack cemilan yang murah meriah dan berpotensi untuk dikembangkan. Kalau Anda punya ide yang original bahkan bisa dijadikan usaha waralaba.

Jika Anda termasuk orang yang gemar bermain sosial media, pastinya kerap juga menemukan iklan snack unik yang sedang dipromosikan. Nah apabila Anda juga menjual snack maka Anda juga bisa melakukan promosi melalui sosial media. Banyak orang yang sukses karena melakukan promosi dari sosial media meski hanya berjualan snack saja.

Usaha Ibu Rumah Tangga Berjualan Barang

Jualan Pakaian Sebagai Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga di Desa
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/

Anda tidak jago masak? Masih banyak bisnis ibu rumah tangga di desa yang menjanjikan lainnya untuk Anda coba. Bagaimana kalau menjual barang? Bisa dengan sistem cicil atau membeli kalau sudah ada pesanan. Cara memulai bisnis sampingan berbentuk barang tergantung dengan besar kecilnya modal.

8. Jual Aksesoris

Berjualan aksesoris sangat cocok bagi ibu rumah tangga di desa yang menyukai perhiasan. Yang dijual bisa berupa perhiasan mahal dan membelinya dengan cara arisan atau dicicil. Bisa juga menjual perhiasan yang tidak terlalu mahal dan membuka toko di rumah. Pilihan lain adalah membuat perhiasan sesuai pesanan atau pre-order.

9. Jualan Pakaian

Mendapatkan baju – baju terkini di pedesaan tentu tidaklah mudah, ini adalah peluang berjualan yang cocok dilakukan ibu rumah tangga. Anda bisa memakai modal dan membeli baju dalam jumlah banyak dan menjualnya lagi di desa. Kalau ingin berjualan tanpa modal, bisa dengan menjadi reseller dan membeli dari supplier yang memiliki toko online. Itu adalah cara terbaru berbelanja dalam era digital seperti sekarang.

10. Peralatan Rumah Tangga

Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa lain adalah perabotan rumah tangga. Hal seperti televisi, kipas angin, kompor dan lain sebagainya adalah peralatan yang bisa di jual ke ibu – ibu lainnya. Anda bisa membeli dalam jumlah besar dan membuat toko, atau melakukan dropshipping dan hanya membeli hanya ketika ada pesanan dan pihak supplier tinggal mengirim langsung ke konsumen.

Budidaya

Budidaya Juga bisa Menjadi Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/

Usaha yang paling cocok dikembangkan di desa adalah memanfaatkan area luas di desa. Jadi, bisnis yang memerlukan tempat luas adalah pilihan bisnis yang tepat dengan area desa. Sebagai ibu rumah tangga pastinya banyak yang menyukai kegiatan budidaya ini apalagi kalau bisa menjadi usaha sampingan.

11. Beternak Ayam, Bebek atau Angsa

Baik untuk unggas yang diambil telur atau dagingnya, usaha beternak paling cocok dilakukan di desa. Selain hanya perlu lahan luas saja, menjalani usaha ini terbilang santai dan tidak akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Yang perlu dipikirkan adalah bagaimana menjualnya, bisa langsung ke tukang di pasar atau menjadi supplier untuk warung dan rumah makan.

Tapi Anda juga harus mempertimbangkan apakah peternakan Anda ini akan mengganggu tetanga atau tidak. Selain itu meskipun di desa, Anda juga harus mempersiapkan keamanan untuk usaha peternakan tesebut agar tidak mengalami rugi karena kemalingan.

12. Menanam Sayuran

Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa lainnya adalah menanam berbagai sayuran seperti kangkung, bayam, kacang panjang, jagung dan lain sebagainya. Anda bisa menjualnya ke pasar, tukang sayur atau tetangga sekitar. Semakin besar lahan yang Anda kelola maka makin luas pangsa pasarnya.

13. Bisnis Olahan

Menjual pakaian tentu akan lebih mahal dari pada menjual kain. Oleh karena itu, bisnis yang mengolah dari tanaman atau unggas adalah bisnis rumahan yang sangat potensial. Anda dapat membuat bakso, aci, kerupuk dari bahan-bahan tradisional yang mudah ditemukan di desa. Usaha Anda akan berkembang dengan pesat dan sukses jika konsisten menjalankannya.

Menawarkan Jasa Keahlian

Usaha Sampingan dari Keahlian
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/

Contoh usaha kecil-kecilan di rumah adalah mengandalkan keterampilan diri. Anda bisa membuat baju, melatih olah raga, mengajari masak bagi siapa saja yang menginginkannya. Jadi, bukan hanya sebagai penghasilan tapi juga mencerdaskan masyarakat sekitar.

14. Jasa Menjahit

Ibu rumah tangga yang bisa menjahit dapat membuka usaha kecil-kecilan dan menerima jahitan dari orang-orang sekitar desa. Anda bisa mengasah kemampuan diri sekaligus menjadikannya sebagai penghasilan sampingan. Lakukanlah sesuai dengan kemampuan dan tidak menghalangi aktivitas Anda sebagai ibu dan istri.

15. Jasa Merias

Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa bisa dengan mengandalkan kemampuan merias diri. Keterampilan ingin bermanfaat untuk menerima pesanan make up pernikahan, wisuda atau sekedar merias cantik pelanggan. Kalau Anda belajar banyak teknis merias tentu rasa percaya diri semakin tinggi dan berani mengambil job-job yang lebih variatif.

Baca Juga:

Demikianlah beberapa pilihan usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang potensial untuk sukses. Walau berada di desa, bukan berarti Anda tidak dapat membuka usaha sendiri. Dengan demikian ibu rumah tangga dapat melakukan hal yang disukainya dan menghasilkan tanpa mengganggu kesibukannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.