Tips Memulai Berinvestasi bagi Pemula

Sumber: https://www.pexels.com/

Ada banyak orang yang mendadak kaya karena berhasil mengelola investasi. Sebut saja Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss, Michael Saylor, Tim Draper, dan Brian Amstrong. Mereka mencoba berinvestasi pada aset kripto dan akhirnya menjadi miliarder. Seperti diketahui, aset kripto mengalami pertumbuhan yang sangat fenomenal dalam satu tahun terakhir.

Semua orang bisa sukses walaupun memulai dari titik nol. Namun, yang lebih penting adalah ia memiliki modal dan mengetahui metode yang tepat. Kabar baiknya, untuk memulai berinvestasi pun tidak sesulit dulu. Kini app investasi terpercaya Pluang.com yang bisa dimanfaatkan. Nah, untuk membantu kamu menjajaki kemungkinan sebagai investor pemula, berikut saya bagikan beberapa tips sederhana dan praktis.

Bacaan Lainnya
Sumber: https://www.pexels.com/

1. Tentukan Tujuan Berinvestasi

Ingat, tujuan itu sangat penting, ya, guys! Apa pun hal yang kamu kerjakan, harus didasari oleh tujuan yang tepat. Tujuan ibarat mercusuar yang menjadi penunjuk arah. Dengan berpatokan pada tujuan, kamu dapat mengambil keputusan dan langkah-langkah yang tepat.

Hal itu juga berlaku terhadap investasi. Jika tujuan berinvestasi perlu diwujudkan dalam jangka pendek, pilihlah jenis investasi yang bisa menguntungkan dalam waktu cepat. Sebaliknya, pilihlah investasi jangka panjang jika tujuan tersebut merupakan kebutuhan jangka panjang.

2. Kenali Profil Risiko

Dalam dunia investasi, ada yang disebut profil risiko. Sederhananya, ini adalah karakteristik seseorang ketika mengelola sebuah produk investasi. Ada 3 tipe investor berdasarkan profil risikonya, yaitu konservatif, moderat, dan agresif.

Tipe konservatif adalah orang-orang yang takut berspekulasi. Mereka cenderung memilih jenis investasi yang berisiko rendah. Namun, imbal hasil yang didapat juga kecil. Tipe moderat adalah orang-orang yang lebih berani dari tipe konservatif, tetapi tidak memiliki ambisi yang terlalu besar untuk mengejar keuntungan.

Sementara itu, tipe agresif adalah mereka yang sangat berani dan siap mengambil risiko apa pun demi mendapatkan return yang besar. Nah, dari ketiga tipe ini, mana yang menggambarkan karaktermu? Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan itu.

3. Tentukan Sumber Dana

Poin yang ketiga ini juga tak kalah penting. Banyak orang yang sangat antusias untuk berinvestasi tanpa mempertimbangkan sumber dananya. Bahkan, ada yang bela-belain meminjam uang dari orang demi bisa membeli Bitcoin, misalnya. Ketika hasil investasi tidak sesuai dengan yang diharapkan, akhirnya malah menjadi berutang.

Akan tetapi, sekarang kamu tidak perlu khawatir. Aplikasi Pluang memungkinkan kamu berinvestasi dengan modal yang sangat kecil. Meskipun demikian, kamu tetap perlu melakukan analisis mendalam sebelum menggelontorkan dana yang lebih besar untuk investasi.

4. Lakukan Diversifikasi Investasi

Dalam investasi, ada pula yang disebut diversifikasi. Ini merupakan tindakan menyebar portofolio ke berbagai aset investasi. Tujuannya untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi. Ibarat menyimpan telur, kamu tidak boleh meletakkannya dalam satu keranjang. Dengan demikian, jika terjadi hal yang tidak diinginkan, telur itu tidak pecah semua.

Diversifikasi investasi bisa dilakukan dengan membagi dana investasi pada berbagai aset dengan tingkat risiko yang berbeda-beda. Sebagai contoh, kamu bisa membeli aset kripto, reksadana pasar uang, emas, dan sebagainya. Jadi, jika aset kripto tidak stabil atau malah menurun nilainya, kamu tidak terlalu rugi.

5. Pilih Aset Investasi yang Diawasi OJK

Tren investasi juga menimbulkan maraknya penipuan. Oknum yang tidak bertanggung jawab memberikan penawaran yang menggiurkan demi menggaet minat masyarakat. Karena kurangnya edukasi, tidak sedikit yang tergoda dan akhirnya mengalami kerugian.

Sebagai pemula, jangan mudah terbujuk oleh iming-iming investasi yang terlalu fantastis. Sebaiknya, pilihlah platform atau lembaga investasi yang telah terdaftar di OJK sebagai tanda legalitasnya. Aset kamu dijamin lebih aman.

Setelah mengetahui hal-hal mendasar seputar investasi, kamu pun bisa langsung memulai berinvestasi. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengunduh aplikasi Pluang di ponsel kamu. Lakukan pendaftaran dan verifikasi untuk mulai bertransaksi.

Baca Juga:

Jika masih belum puas dengan aneka pilihan aset yang tersedia, kamu juga bisa membeli produk Micro E-mini NASDAQ 100 Index Futures yang berisi 100 perusahaan non-keuangan terbaik di Amerika Serikat. Produk terbaru di Pluang ini memberikan kesempatan bagi para investor untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.
Nah, apakah kamu siap untuk mengikuti jejak para miliarder? Jangan ditunda, sekarang saatnya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.