CTRL F di android

Bagaimana Cara Mengisi Tautan KTP Pada Formulir Lamaran Kerja?

Lowongan pekerjaan yang dibuka secara online ternyata tidak semuanya memperbolehkan kita untuk mengupload langsung file – file penting berupa KTP dan sebagainya. Mereka malah meminta kita untuk mengisikan tautan / link yang bisa menuju ke file kita.

Contoh kasusnya seperti pada lowongan pekerjaan di Peruri Indonesia pada periode Agustus 2020 ini. Ternyata banyak orang yang bingung tentang cara mengisi tautan KTP dan tautan file lainnya.

Baca Juga : Panduan Melamar Kerja Ke Peruri (Untuk SMA/SMK dan D3) 2020

Nah disini kami akan mencoba menjelaskan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Cara Mudah Mengisi Tautan KTP Pada Formulir Lamaran Kerja Online

Cara Mudah Mengisi Tautan KTP Pada Formulir Lamaran Kerja Online

Sebelumnya anda harus paham dengan apa yang dimaksud dengan tautan. Jadi tautan adalah sebuah alamat dalam dunia online yang mengantarkan kita untuk menuju ke sesuatu (bisa berupa website, gambar, video dan sebagainya) yang sudah di upload ke dunia online.

Contohnya :
Ketika anda mengklik https://www.pencarinafkah.com maka anda akan menuju ke website kami. Yang artinya tautan tersebut adalah alamat website kami.

Jadi jika kasusnya yang diminta adalah tautan KTP maka anda perlu membuat sebuah alamat online yang jika di klik bisa menuju atau melihat KTP yang sudah anda upload.

Meskipun begitu anda tidak bisa sembarang main upload dimana saja. Karena apa? Jika anda asal upload file penting (KTP misalnya) ke sosial media meskipun anda bisa menghasilkan tautan yang benar tapi resikonya akan sangat besar karena di sosial media bisa dilihat oleh sembarang orang.

Padahal KTP itu sangat penting, dan KTP bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jadi tempat yang lebih aman untuk mengupload sebuah file penting adalah di Google Drive. Sebab jika anda mengupload di Google Drive maka orang lain tidak akan bisa melihat file anda kecuali anda memberikan sendiri tautan dari file yang sudah anda upload tersebut.

Baca Juga :

Cara Mengupload File di Google Drive

Sebelumnya siapkan dulu foto atau scan dari file yang ingin menghasilkan tautan. Kemudian rapihkan / crop jika memang itu perlu dilakukan. Dan pastikan agar tulisan dalam file tersebut jelas dan bisa dibaca.

Jika sudah baru kita akan upload ke Google Drive. Cara uploadnya seperti berikut :

  • Silahkan kunjungi https://drive.google.com/
  • Pastikan anda bisa login
  • Kemudian cari dan klik tombol ‘+ Baru’
  • Pilih Upload File
  • Kemudian pilih file – file yang sudah disiapkan sebelumnya
  • Upload
  • Tunggu sampai selesai terupload
  • Jika sudah selesai, ambil tautan dari file tersebut.
    • Jika menggunakan laptop bisa dengan cara klik kanan pada file, kemudian pilih ‘Dapatkan link yang bisa dibagikan’.
    • Jika anda menggunakan smartphone bisa dengan cara klik pada titik tiga kemudian pilih ‘Salin link’.
  • Dengan begini tautan file sudah selesai disalin atau berhasil didapatkan.

Selanjutnya tinggal kita paste / tempel link tersebut ke formulir lamaran kerja online yang ingin anda isi sebelumnya. Ingat ya, setiap file itu mempunyai tautan yang berbeda meskipun dalam Google Drive yang sama.

Jadi misalkan anda diminta untuk mengisi tautan KTP dan tautan SKHUN maka anda perlu membuat dua tautan atau perlu mengupload dua file tersebut ke akun Google Drive anda dengan cara yang sudah kami jabarkan diatas.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.