Sayur Tinggi Vitamin C

9 Sayur Tinggi Vitamin C, Baik untuk Kekebalan Tubuh

Sayuran yang dikenal sebagai sumber serat yang baik untuk tubuh, ternyata menyimpan segudang manfaat dan gizi yang baik bagi tubuh. Salah satunya kandungan vitamin C yang tinggi dalam sayur, sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit, infeksi virus dan meningkatkan imunitas tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Sehingga memerlukan sumber dari luar tubuh untuk mencukupi kebutuhan vitamin C.

Selain dari buah, vitamin C juga bisa didapatkan dari sayur-sayuran yang mengandung tinggi vitamin C. Apa saja sayur tinggi vitamin C tersebut?

Baca juga: Buah-buahan Tinggi Vitamin C, Selain Jeruk

Sayur Tinggi Vitamin C untuk Kekebalan Tubuh

Sayur Tinggi Vitamin C

1. Brokoli

Dalam 100 gram brokoli mengandung sekitar 89,2 mg vitamin C. Terdapat juga vitamin lain yakni vitamin A dan K, asam folat, protein, lemak, kalium, dan magnesium.

2. Bayam

Dalam 100 gram Bayam mengandung sekitar 30 mg vitamin C. Selain itu terdapat jenis vitamin lain seperti vitamin A, Vitamin B kompleks, Vitamin K, dan vitamin E. Bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan.

3. Paprika Merah

Secangkir Paprika Merah cincang mengandung vitamin C sebesar 190 mg. Paprika Merah mempunyai manfaat menjaga kesehatan mata, menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah anemia dan berpotensi menurunkan risiko osteoporosis.

4. Kubis

Dalam 100 gram Kubis mengandung 36,6 mg vitamin C. Manfaat kubis antara lain untuk kesehatan jantung, melancarkan sistem pencernaan, mencegah kanker, dan menurunkan tekanan darah.

5. Kembang Kol

Sekilas memang mirip, namun Kembang Kol berbeda dengan Brokoli. Dalam 100 gram Kembang Kol mengandung sekitar 48,2 mg vitamin C. Terdapat juga nutrisi lain seperti Kalsium, Magnesium, Zat Besi, dan Vitamin B6.

6. Wortel

Wortel selain dikenal karena vitamin A yang baik untuk mata. Wortel juga mempunyai kandungan vitamin C. Dalam 100 gram Wortel terdapat 5,9 mg vitamin C.

7. Lobak Putih

Lobak Putih termasuk salah satu sayur tinggi vitamin C. Kandungan vitamin C dalam 100 gram Lobak Putih sebesar 14,8 mg. Lobak Putih mempunyai manfaat untuk meredakan sakit tenggorokan, mencegah resiko penyakit Kanker, dan menjaga kesehatan jantung.

8. Selada

Selada yang biasa dijadikan lalapan, salad, dan gado-gado, ternyata memiliki kandungan vitamin C sekitar 9,2 mg dalam 100 gram Selada. Mengonsumsi Selada mempunyai manfaat baik untuk jantung, kesehatan kulit, mata, dan mengatasi insomnia.

9. Kangkung

Kangkung merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair. Dalam 100 gram Kangkung mengandung vitamin C sebesar 55 mg. Kangkung mempunyai manfaat membantu menurunkan kolestrol, membantu mengatasi sembelit, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Itulah 9 sayur tinggi vitamin C yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh Anda. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C yang cukup setiap hari.

Kontributor pencarinafkah.com. Blogger asal Klaten - Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.