Peluang Usaha Ternak Kambing

Analisa dan Peluang Usaha Ternak Kambing Yang Menjanjikan

Kambing merupakan salah jenis hewan ternak yang banyak digandrungi oleh masyarakat, mereka beranggapan bahwa beternak kambing bisa membawa keuntungan yang besar, terlebih lagi untuk umat Muslim sebagai Mayoritas di Indonesia selalu merayakan hari raya idul fitri dan idul adha yang tentunya Kambing menjadi salah satu kebutuhan yang biasanya harus tersedia.

Pada hari raya Qurban, banyak orang mencari Kambing untuk dijadikan qurban di Masjid, tentunya hal ini juga berdampak terhadap meningkatnya penjualan harga kambing di kalangan para peternak.

Nah, pada kesempatan yang indah ini kami ingin berbagi informasi menarik kepada anda semua mengenai analisa dan peluang usaha ternak kambing yang menurut banyak orang cukup menjanjikan.

Meskipun untuk merawat kambing itu bisa dikatakan gampang-gampang susah, tetapi sudah banyak yang membuktikan bahwa ternak kambing sangat menjanjikan. Mari kita simak informasinya dibawah ini.

Analisa dan Modal Untuk Ternak Kambing

Peluang Usaha Ternak Kambing

Sebelum anda memutuskan untuk membuat peternakan kambing, ada baiknya anda perhitungan dengan benar mengenai modal dan berbagai hal yang nantinya berpengaruh terhadap kelancaran usaha anda.

Kami hanya sebatas memberikan informasi umum yang kami dapatkan dari beberapa peternak kambing yang sudah pernah melaluinya, baik dari modal yang harus di keluarkan, target konsumen, cara pemasaran, lokasi peternakan, menyikapi harga dan lain sebagainya.

Perhitungan modal harga ini harus dilakukan secara rinci agar anda tidak tekor dikemudian hari, terkadang banyak dari kita yang memulai melakukan usaha namun tidak dipikirkan secara matang-matang dan hanya sekedar ngikut orang yang sudah pernah sukses sebelumnya.

Ada baiknya anda pahami dengan terliti seperti apa cara ternak dan peluang usaha kambing ini.

Berikut adalah perhitungan biaya yang bisa anda siapkan untuk modal membangun peternakan kambing sendiri.

  • Bibit kambing sebanyak 10 ekor biasanya di beri harga Rp. 2.000.000
  • Pembuatan kandang kambing dan peralatan tambahan Rp. 3.000.000
  • Jenis pakan tumbuhan hijau Rp. 540.000
  • Pemberian pakan tambahan Rp. 1.080.000

Total pengeluaran untuk model estimasinya Rp. 6.620.000

Perkiraan Keuntungan dari Hasil Panen

Perhitungan keuntungan ini berdasarkan beberapa data yang kami dapatkan dari seorang peternak kambing yang sudah sukses tentunya :

  • Harga penjualan kambing dengan berat ideal Rp. 1.300.000 x 10 : Rp. 13.000.000
  • Keuntungan Rp. 13.000.000 – Rp. 6.620.000 : Rp. 6.380.000

Target Konsumen

Mengenai target konsumen sendiri, kami memperkirakan kalau hampir semua masyarakat membutuhkan hewan ternak ini untuk beberapa acara hajatan.

Kambing itu bukan jenis hewan ternak yang mudah untuk laku karena melihat dari segi harganya sendiri sudah cukup mahal. Kalau anda ingin mendapatkan keuntungan yang cepat mungkin bisa beralih ke peternakan ayam potong, kalau kambing memang harus sabar menunggu.

Target konsumen untuk penjualan kambing ini bisa masyarakat sekitar atau orang dari luar daerah.

Baca Juga :

Strategi Pemasaran

Bagi kami sendiri saat ini untuk memasarkan suatu produk atau hewan ternak bukan lagi melalui cara konvensional seperti dari mulut ke mulut, tetapi memanfaatkan sosial media yang sedang trend dan booming dari tahun ke tahun.

Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti IG, Facebook atau situs blog untuk berjualan kambing. Lebih tertarget dan bisa dilhat banyak orang.

Baik sampai disini dulu informasi dari kami mengenai analisa dan peluang usaha untuk membuka peternakan kambing, semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.