ternak love bird

Peluang Usaha Ternak Love Bird di Kalangan Masyarakat

Love Bird atau lebih dikenal dengan sebutan burung kicau ini sempat trend di kalangan masyarakat, bahkan anak muda dan orang dewasa seringkali memilihara burung ini karena memiliki kicauan yang indah.

Selain di pelihara, burung ini seringkali dijadikan kompetisi dengan pemilik burung love bird lainnya.

Anda bisa melihat kompetisi di beberapa daerah yang memang memiliki komunitas love bird.

Berbicara mengenai peluang usaha dari ternak love bird terbilang cukup menjanjikan, namun ada banyak hal yang perlu anda persiapkan sebelum memulai bisnis love bird mulai dari kandang, bibit unggul, pemilihan jenis pakan dan perawatan.

Tidak mudah memang merawat burung satu ini, jika anda salah langkah saja maka burung bisa stres dan sulit untuk berkicau, hal ini seringkali terjadi pada peternak burung pemula.

Peminat dari burung Love bird ini sangatlah banyak mulai dari kalangan pebisnis hingga masyarakat biasa, kecintaan terhadap seorang burung love bird menjadikan kegiatan ini layaknya sebuah hoby.

Bahkan banyak orang yang rela mengeluarkan uang cukup besar hanya untuk bisa memiliki love bird dengan kicauan yang indah.

Cara beternak Love bird ini bisa dikatakan gampang-gampang susah, butuh pengetahuan dan pengalaman dari cara hidup burung hingga jenis pakan yang boleh diberikan.

Mengingat perawatannya yang cukup susah, wajar kalau burung ini harganya cukup mahal.

bahkan untuk seorang burung love bird yang selalu memenangkan sebuah lomba atau kompetisi berkali-kali bisa diharhai hingga puluhan dan ratusan juta rupiah.

Dalam menjalankan usaha love bird ini dibutuhkan dana yang tidak sedikit, minimal 10 – 40 juta harus anda miliki.

Maka dari pada itu, cukup pertimbangkan secara matang jika anda ingin membangun peternakan love bird. Mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Analisa dan peluang usaha ternak love bird

Peluang Usaha Ternak Love Bird

Salah satu peluang usaha yang menurut kami sangat menjanjikan, mengingat tidak semua orang bisa memelihara dan membudidayakan love bird.

Butuh pengetahuan dan pengalaman agar anda bisa sukses menjalankan peternakan love bird ini.

Harga dari burung love bird yang siap jual itu bisa mencapai jutaan rupiah yang berarti untuk per ekornya saja anda bisa kembali modal dan untung besar.

Pelaku Usaha Love Bird

Mengenai pelaku usaha love bird ini bisa dilakukan oleh siapa saja dengan ketentuan lokasi rumah jauh dari keramaian, karena burung ini sulit sekali untuk tidur jika kondisi terlalu ramai.

Burung ini juga mudah stress jika diperlukan tidak baik atau mungkin perawatan yang salah.

Konsumen Usaha Ternak Lovebird

Anda tidak perlu kesulitan untuk mencari konsumen, anda bisa menemukan konsumen via online, bergabunglah dengan grup atau kumunitas love bird.

Disana anda bisa menawarkan love bird yang siap jual.

Pasanglah dengan harga yang mungkin bisa sedikit kompetitif dengan kualitas burung yang bagus.

Bahan Baku Usaha Ternak Love Bird

Mengenai bahan baku apa saja yang perlu disiapkan itu cukup banyak, hampir mirip dengan ternak ayam.

Pertama anda harus menyiapkan bibit unggul love bird atau indukan yang berkualitas, kemudian pakan berupa kroto atau pakan burung yang sudah jadi, buah apel merah juga bisa, kemudian sediakan juga vitamin, vaksin dan minuman.

Jangan lupa untuk obat-obatan juga perlu disiapkan.

Kekurangan Ternak Love Bird

Setelah membahas peluang usaha budidaya love bird rasanya akan kurang kalau belum membahas kekurangannya.

Burung di kalangan masyarakat itu sifatnya musiman, termasuk love bird. Jadi saat bukan musim love bird harga burung ini akan jatuh drastis.

Tips untuk mengatasi kekurangan tersebut adalah anda tetap ternak seperti biasa dan di jual jika harga pasaran sudah normal.

Baca Juga :

Nah itulah analisa dan peluang usaha ternak love bird, butuh modal besar jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Mulailah dari yang paling kecil dahulu. Terimakasih.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.