Group of construction workers with flag

5 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMK Jurusan Listrik Selain di PLN

Lulusan SMK dengan jurusan listrik sebenarnya bisa bekerja dimana saja akan tetapi akan sangat disayangkan jika ilmu yang didapatkan tidak dimanfaatkan untuk bekerja sesuai jurusan.

Memang akan lebih nyaman kalau kita bekerja sesuai dengan jurusan yang kita ambil pada waktu sekolah, setidaknya kita sudah mempunyai pengalaman atau ilmu dasar terhadap bidang tersebut.

Terlebih lagi kalau anda memang menyukai jurusan yang sudah anda pilih di sekolah. Jadi kalau anda adalah lulusan jurusan listrik akan sayang sekali kalau anda tidak melamar pekerjaan yang sesuai dengan jurusan anda.

Berikut ini ada beberapa jenis pekerjaan yang sesuai dengan jurusan listrik.

5 Jenis Pekerjaan Untuk SMK Jurusan Listrik

Perlu diketahui bahwa dengan mengambil jurusan listrik bukan berarti anda harus bekerja di PLN. Memang tidak ada salahnya bekerja di PLN, justru itu adalah hal yang bagus.

Baca Juga : Panduan Melamar Lewat Rekrutmen PLN

Akan tetapi tidak semua orang bisa bekerja di PLN. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh beberapa jenis pekerjaan yang cocok bagi lulusan SMK jurusan listrik agar semangat dalam mencari pekerjaan.

Jenis Pekerjaan Untuk Lulusan SMA Jurusan Listrik

1. Teknisi Listrik

Jenis pekerjaan yang paling cocok untuk lulusan SMK jurusan listrik tentu saja adalah teknisi listrik. Perlu anda ketahui bahwa banyak perusahaan yang kerap membuka lowongan untuk posisi ini.

Untuk itu jika anda sekarang masih sekolah maka kami sarankan agar belajar dengan baik terutama dalam hal menggambar dan merangkai kelistrikan yang diajarkan di sekolah.

Sebab hal itu akan menjadi bekal anda saat bekerja di perusahaan nantinya.

2. Teknisi Service

Jika anda merasa mampu atau terbiasa untuk memperbaiki barang yang sesuai dengan bidang anda maka hal ini bisa dijadikan sebuah profesi.

Anda bisa menjadi teknisi service baik hanya sebagai pekerjaan sampingan atau fulltime.

Teknisi service jika terus dikembangkan bukan tidak mungkin nantinya anda bisa punya kantor sendiri.

Baca Juga : Selain Bikin Aman, MCB Box Juga Membuat Tampilan Instalasi Rumah Menjadi Lebih Mewah

3. Mechanical Engineer

Jika anda perhatikan pada beberapa lowongan pekerjaan posisi Mechanical Engineer juga sering dibutuhkan oleh perusahaan.

Mechanical Engineer adalah jenis pekerjaan yang bertanggung jawab untuk merancang, membangun, kemudian menginstal, dan memelihara segala jenis mesin mekanik, alat dan komponen yang ada di sebuah perusahaan.

Jika anda pernah bekerja di sebuah perusahaan yang terdapat sebuah mesin mekanik, kemudian mesin tersebut mengalami kendala maka orang yang akan mengatasi kendala tersebut adalah orang mesin atau orang listrik.

4. Teknisi Fire Alarm dan Hydrant

Pada umumnya hal yang perlu dilakukan dalam pekerjaan ini meliputi penanganan trouble shooting pada fire alarm dan hydrant. Jadi pengalaman dalam bidang yang sama akan menjadi keunggulan tersendiri.

Dan yang paling penting jenis pekerjaan ini masih membutuhkan tenaga kerja dari lulusan SMK dengan jurusan listrik.

5. Pengusaha di Bidang Listrik

Jika mempunyai modal lebih serta pengetahuan yang cukup anda bisa mencoba untuk membuka usaha di bidang jurusan listrik. Anda bisa berjualan barang atau jasa.

Akan tetapi ini adalah pilihan yang cukup sulit karena tidak semua orang bisa menjadi pengusaha dan setiap usaha mempunyai resikonya masing-masing.

Nah itu adalah jenis pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK jurusan listrik yang ingin langsung bekerja. Sebenarnya tidak hanya itu saja pekerjaan yang bisa didapatkan.

Baca Juga : 6 Pekerjaan Untuk Lulusan SMA Dengan Gaji Gede

Pada realitanya banyak juga lulusan SMK dengan jurusan listrik yang menjadi operator produksi di perusahaan. Meskipun pekerjaan yang didapatkan tidak sesuai dengan jurusan, sebenarnya hal itu bukan masalah asalkan pekerjaan tersebut adalah pekerjaan yang halal.

Jadi jangan pernah malu untuk menjalani pekerjaan apa saja, selama pekerjaan tersebut halal dan membuat anda nyaman maka itu adalah pekerjaan yang baik.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.