MCB Box 8 Module untuk 8 MCB

Selain Bikin Aman, MCB Box Juga Membuat Tampilan Instalasi Rumah Menjadi Lebih Mewah


MCB Box adalah kotak panel listrik tempat dimana MCB di pasang / install. Secara fungsinya, MCB Box memberikan tempat supaya MCB mudah dipasang, serta melindungi MCB dari debu ataupun kelembapan.

Ngomong-ngomong soal fungsi MCB, bagi anda yang belum paham akan hal tersebut berikut ini adalah beberapa fungsi dari MCB yang perlu untuk anda ketahui.

Fungsi MCB

Miniature Cirkuit Breaker atau yang lebih dikenal dengan MCB ini adalah sebuah komponen instalasi listrik yang mempunyai beberapa peran penting.

Beberapa peran penting atau fungsi dari MCB adalah :

1. Proteksi Hubung Singkat

Salah satu peran penting dari MCB adalah sebagai proteksi saat terjadi hubung singkat atau korsleting . Inilah alasan kenapa saat terjadi korsleting toggle switch pada MCB berubah secara otomatis.

2. Proteksi Beban Lebih

Masih banyak masyarakat yang tidak mengerti soal penggunaan listrik, jadi pengennya semua nyolok ke stop kontak secara bersamaan. Padahal hal ini bisa mengakibatkan overload dan dampak terburuk dari overload adalah kebakaran.

Untungnya ada MCB yang mempunyai fungsi untuk memutuskan arus listrik secara otomatis saat terjadi beban lebih atau overload saat bimetal pada MCB mulai panas akibat penggunaan arus listrik yang semakin besar.

3. Pemutus Arus Listrik

MCB bisa digunakan sebagai pemutus dan pengubung arus listrik yang terkesan hampir mirip seperti sebuah saklar, bedanya MCB mempunyai fungsi pelindung hubung singkat dan beban lebih.

Jadi MCB adalah komponen yang jauh lebih penting ketimbang saklar maka dari itu jangan pernah mencoba mengganti MCB dengan sebuah saklar biasa.Bahkan kalau bisa kita wajib melindungi MCB supaya tidak mudah rusak.

Untuk melindungi MCB supaya tidak rusak dan tetap berfungsi secara semestinya maka kita perlu sebuah komponen yang bernama MCB Box.

Fungsi MCB Box

MCB Box merupakan sebuah komponen yang berfungsi sebagai rumah dari MCB sehingga MCB akan aman terhadap gangguan yang berasal dari luar yang tidak diinginkan dan bisa terjadi kapan saja, seperti gangguan akibat hewan merayap atau bahkan gangguan akibat dimainkan oleh anak-anak yang bisa menyebabkan tersetrum.

Dengan menggunakan MCB Box, maka hal-hal semacam itu bisa dihindari,dan resiko kesetrum ataupun potensi kecelakaan juga menjadi lebih sedikit.

MCB Box juga mempunyai berbagai model yang bisa di sesuaikan dengan desain interior rumah.

Jenis MCB Box

1. MCB Box 4 Module

MCB Box 4 Module untuk 4 MCB
MCB Box 4 module bisa digunakan untuk rumah MCB dengan kapasitas maksimal 4 MCB.

2. MCB Box 8 Module

MCB Box 8 Module untuk 8 MCB
MCB Box 8 modul bisa digunakan untuk rumah MCB dengan kapasitas hingga 8 MCB.

3. MCB Box 12 Module

MCB Box 12 Module untuk 12 MCB
MCB Box 12 module bisa digunakan untuk rumah MCB hingga 12 MCB sekaligus.

Dalam pemilihan jenis MCB Box sesuaikan saja dengan jumlah MCB yang digunakan agar saat ditempelkan di tembok bisa terlihat lebih rapi dan pas.

Jika dilihat, MCB yang menggunakan MCB Box terkesan lebih rapi, elegan, dan mewah dari pada MCB yang masih telanjang tanpa adanya rumah atau pelindung MCB.

Baca Juga :

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.