modus pencurian mobil

Kenali 7 Modus Pembegalan Mobil Yang Sering Dilakukan

Belakangan ini modus pembegalan mobil sudah semakin merajalela. Teruntuk anda pengendara mobil wajib tahu apa saja trik yang sering digunakan untuk merampas mobil orang lain.

Pasti berat deh rasanya kehilangan mobil apalagi kalau mobinya dibeli dengan perjuangan menabung berbulan -bulan.

Agar anda tidak menjadi korban selanjutnya dan tidak kehilangan mobil anda perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap ciri – ciri modus seperti itu.

Baca Juga :

Modus Pembegalan Mobil Yang Sering Dilakukan

Perlu anda ketahui bahwa modus pembegalan pasti mempunyai berbagai cara dan mungkin yang kami sebutkan ini belum semuanya terbongkar. Jadi tetap berhati – hatilah.

tenang saat modus pembegalan mobil

1. Modus Melempar Telur Ke Kaca Mobil

Modus pembegalan dengan cara melemparkan telur ke kaca mobil oleh kelompok pengendara bermotor biasanya dilakukan saat jalanan mulai sepi.

Tujuan pelaku melemparkan telur ke kaca mobil bagian depan adalah untuk menutupi pandangan dari pengemudi mobil serta berharap pengemudi berhenti untuk membersihkan kotoran akibat cairan telur.

Dan jika anda berhenti lalu turun dari mobil secara sembarangan bisa – bisa anda akan terkena pembegalan.

Ada baiknya cairan telur ini tidak dibersihkan menggunakan wiper dan washer penyemprot air karena bisa berakibat malah semakin menutupi kaca bagian depan dimana cairan telur akan berubah warna menjadi putih setelah terkena sapuan wiper.

Cara terbaik untuk menghadapi situasi seperti ini jika masih ada sedikit ruang untuk melihat jalan adalah dengan tetap membiarkan cairan telur untuk sementara waktu sambil terus mejalankan mobil dan menjaga kecepatan diangka sedang.

Sambil mengemudi anda juga perlu mencari tempat untuk berhenti yang aman lalu sebelum turun dari mobil untuk membersihkan kaca akibat cairan telur yang menganggu pandangan, pastikan tidak ada orang mencurigakan yang mengikuti anda atau disekitar anda.

Baca Juga : Seva Mobil Bekas – Tempat Yang Pas Untuk Jual Beli Mobil Bekas

2. Modus Ban Kempes

Pernah kejadian perampokan mobil dengan modus memberitahu kalau ban mobil kempes.

Setelah pengemudi turun untuk mengecek kondisi ban yang dibilang kempes tadi langsung saja pelaku membawa kabur mobil.

Inilah pentingnya mengecek kondisi ban mobil sebelum melakukan perjalanan karena jika anda rutin melakukan pengecekan sebelum pergi anda tidak akan mudah tertipu oleh modus seperti ini.

Dan kalau pun benar ban mobil anda terasa kempes, jangan langsung berhenti begitu saja pastikan dulu apakah tempat berhenti anda tersebut aman atau minimal di depan tempat untuk menambah angin biar sekalian diisi kalau memang kempes.

3. Modus Kucing Terlindas Mobil

Mungkin terdengar konyol, tetapi beneran ada modus seperti ini. Jadi pelaku mengejar mobil dengan membawa kucing mati dan berharap pengemudi mobil berhenti lalu pelaku membegal mobil yang sudah mereka kejar.

Untuk menghindari modus pembegalan mobil yang seperti ini sebenarnya mudah jika anda memang merasa tidak menabrak kucing maka abaikan saja yang ngejar mobil sambil membawa kucing mati.

Kalau pun anda beneran menabrak kucing umumnya orang lain yang tidak mau menguburkan hanya akan meminggirkan mayat kucing ke tepi jalan bukan malah dibawa kemana – mana. Tapi sebaiknya anda bertanggung jawab.

Baca Juga : Pasaran Harga Kucing Anggora, Persia, Himalaya di Indonesia

4. Modus Meneriaki Mobil Berasap

Jika pada poin nomer 3 pembegal menggunakan kucing untuk modus melakukan aksinya kini ada juga modus yang meneriaki bahwa mobil berasap.

Tentu saja tujuannya adalah agar anda panik sehingga langsung berhenti lalu turun untuk mengecek keadaan mobil padahal inilah yang diinginkan oleh kelompok begal tersebut.

Jika anda beneran berhenti dan turun dari mobil setelah diteriaki mobil berasap pasti komplotan begal tersebut akan langsung menghampiri anda.

Kalaupun memang ingin melihat keadaan mobil apakah beneran berasap maka anda perlu berhenti ditempat yang aman seperti kantor polisi misalnya.

5. Modus Menabrak Mobil

Untuk kasus sengaja menabrak/tertabrak mobil ada dua versi yaitu dari depan dan dari belakang.

Contoh kasus yang dari depan :

Ada pengendara motor yang sengaja menabrak/tertabrak mobil lalu begitu pengemudi mobil membuka kaca atau keluar dari pintu saat itulah komplotan pembegal ini akan menyerbu korban untuk merampas mobil.

Contoh kasus dari belakang :

Ada beberapa pengendara motor dibelakang mobil dan satu pengendara motor di depan mobil. Tugas pengendara mobil yang di depan adalah berhenti mendadak agar mobil otomatis akan ngerem mendadak.

Setelah itu pengendara mobil yang belakang dengan sengaja menabrak mobil anda seperti seolah – olah tidak sempat mengerem.

Jika pengemudi turun dan meladeni mereka sudah dipastikan pembegalan mobil bisa terjadi sebab ini sudah direncanakan dan dikerjakan secara kelompok.

Tips untuk mengatasi dua kejadian diatas adalah dengan cara membunyikan klakson tanpa henti agar mengundang perhatian lingkungan sekitar kejadian.

5. Modus Menyerang Mobil

Sebelum menyerang mobil pastinya pelaku membutuhkan satu kejadian agar bisa menyerang mobil.

Contoh kejadian yang dimaksud bisa seperti ini :

Sebelum menyerang mobil pelaku berpura – pura terserempet mobil sampai jatuh dari motor begitu bangun langsung menyerang mobil secara membabi buta.

Tapi ada juga pelaku yang tanpa sebab langsung memukul bagian mobil, kaca misalnya.

Tujuan mereka adalah memancing pengemudi mobil untuk turun agar bisa merampok barang berharga atau mobil.

Tips jika mengalami kejadian seperti ini adalah :

  • Tetap stay di dalam mobil jangan sampai membuka kaca atau bahkan turun.
  • Bunyikan klakson panjang dan berulang – ulang untuk menarik perhatian orang sekitar.
  • Melipir ke tempat yang ramai, minimal ada polisi atau security.

6. Modus Meracuni Pengemudi

Jika kami sudah memberikan contoh modus pembegalan yang dilakukan dari luar mobil kali ini kami akan memberikan contoh modus pembegalan mobil yang pernah terjadi dari dalam.

Korban dengan modus ini biasanya adalah sopir ojek online atau taksi.

Berawal dari pelaku meminta korban untuk mengantarkan ke sebuah tempat setelah itu pelaku menawarkan makanan yang sudah diberi racun kepada pengemudi.

Jadi berhati – hatilah jika ada orang asing yang tiba menawarkan makanan kepada anda.

Jika kasusnya adalah memberi racun lewat makanan maka hal ini bisa dihindari dengan cukup tidak menerima tawaran makan.

Namun kalau kasusnya langsung ditodong di dalam mobil ini yang lebih gawat.

7. Modus Pecah Kaca Mobil

Modus memecahkan kaca mobil ini biasa dilakukan saat di parkiran, tujuannya bukan untuk mencuri mobil melainkan mengambil barang – barang yang ada di dalam mobil.

Oleh sebab itu saat parkir di tempat umum sebaiknya mobil jangan diparkirkan di tempat yang sepi.

Tips untuk menghadapi modus pecah kaca adalah :

  1. Buka kaca mobil sekitar setengah sampai satu sentimeter sebagai sirkulasi udara saat siang hari. Dengan adanya sirkulasi udara pecah kaca akan sedikit lebih sulit dilakukan dari pada menutup rapat kaca tanpa memberi ruang untuk sirkulasi udara.
  2. Cara yang lebih meyakinkan untuk menghadapi modus pencurian lewat pecah kaca adalah dengan menggunakan kaca film. Usahakan pilih kaca film yang sulit terlihat dari luar serta tidak menganggu visibilitas.
  3. Pasangi alarm pada mobil anda guna menambah keamanan dari modus pecah kaca atau modus pencurian mobil.
  4. Simpanlah barang berharga anda di tempat yang aman, jangan tergeletak di mobil sebab mayoritas modus pecah kaca bertujuan untuk mencuri barang yang berada di dalam mobil.

Ada baiknya juga anda memasang GPS pada mobil sehingga jika memang terjadi modus pembegalan yang berhasil membawa mobil, anda bisa melacak kembali mobil tersebut.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.