Modal Bisnis Angkringan Tidak Perlu Besar, Berikut Tipsnya

Modal Usaha Angkringan
Sumber: https://www.instagram.com/angkringan.lovers/

Modal bisnis angkringan yang minimal tidak jadi halangan untuk dapat memulai usaha. Bahkan memulai dengan modal kecil adalah keuntungan jadi Anda tidak terlalu mempertaruhkan terlalu banyak uang dan bisa mulai bisnis secara perlahan-lahan. Dengan semangat dan kedisiplinan, bisnis angkringan yang Anda jalani bisa menjadi peluang untuk meraup keuntungan.

Memanfaatkan Modal Bisnis Angkringan Yang Kecil Agar Bisa Mulai Usaha

Modal Bisnis Angkringan

Memulai usaha dengan modal kecil berarti perlu cermat untuk memanfaatkan potensi yang ada. Minimalisir pengeluaran dan lebih kreatif dalam menjalani usaha sehingga tetap bisa menarik perhatian konsumen walau tidak dengan modal besar. Berikut adalah tips memaksimalkan modal bisnis angkringan yang terbatas.

Bacaan Lainnya

1. Pilih Lokasi Strategis

Lokasi yang dekat dengan pangsa pasar adalah pilihan terbaik untuk usaha yang baru mulai. Dengan demikian modal yang kecil sekalipun bisa berputar dengan cepat dan membuat usaha Anda bisa berjalan sesuai dengan harapan. Area yang ramai dilalui oleh transportasi, dekat perumahan atau kantor adalah beberapa opsi yang bisa dipertimbangkan.

Semakin potensial suatu wilayah untuk menjalani bisnis angkringan pemula tentu berpengaruh dengan harga sewa yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, memulai bisnis seperti ini perlu benar-benar mempertimbangkan masak-masak karena pindah lokasi bukanlah hal yang mudah,

2. Kalkulasikan Pengeluaran Dengan Seksama

Modal bisnis angkringan dapat dialokasikan dengan cerdas bisa melakukan kalkulasi dengan seksama. Prioritaskan pengeluaran yang paling penting seperti sewa tempat dan bahan jualan dan minimalisasi biaya penunjang yang tidak terlalu penting. Anda bisa mengambil beberapa peran sekaligus untuk bus memulai usaha jenis ini.

Anda bisa memakai pembukuan online atau offline sehingga keluar-masuknya uang bisa diperkirakan dan dijaga agar tidak keluar uang terlalu banyak. Mengurus keuangan tentu tidak mudah tapi bukan berarti tidak mungkin, coba lakukan secara seksama.

3. Kerjasama Dengan Pihak Lain

Ada paguyuban angkringan di tempat Anda berada yang tentu bisa jadi komunitas yang ingin Anda datangi. Lakukan kerjasama dengan mereka sehingga tiap penjual ada rasa kebersamaan dan saling bantu. Anda juga perlu membina hubungan baik dengan aparat setempat, penyewa lahan dan bahkan para pelanggan.

Dengan demikian rencana bisnis angkringan Anda tidak akan diganggu dan bisa sewaktu-waktu meminta bantuan bila diperlukan. Membuat usaha apapun perlu mengetahui jenis klien dan juga produsen agar bisa membina hubungan baik dengan mereka.

4. Sediakan Menu Unik

Makanan atau minuman angkringan memang menunya itu-itu saja. Tetap saja, Anda harus mencoba untuk tampil beda dari tempat lain yang menjual menu yang sejenis. Bisa dengan membuat sedikit modifikasi, cara penyajian, atau tambahan yang unik. Dengan demikian sesuatu yang beda bisa menjadi keunggulan dari angkringan Anda.

Modal bisnis angkringan bukan hanya untuk sewa bangunan atau membayar pegawai saja. Anda dapat menggunakannya untuk bereksperimen dan membuat menu baru. Dengan demikian akan selalu ada yang menarik perhatian dan membuat pelanggan akan selalu kembali mencicipi menu yang baru.

5. Meminimalisir Pengeluaran

Modal besar atau kecil tentu perlu diperhitungkan dengan seksama. Hanya saja dengan dana yang terbatas, pengusaha akan dituntut untuk lebih bijak dalam membuat anggaran dan khususnya pengeluaran. Pertimbangkan masa-masak sebelum membeli sesuatu.

Kalau ada alat masak yang bisa dipakai tanpa harus membeli baru, atau peralatan yang seadanya, coba membangun usaha angkringan dengan kreatif. Membuat tempat makan gaya lesehan bisa mengurangi biaya perabotan, menu seperti nasi kucing atau bubur kacang hijau tentu akan lebih hemat bahan dari pada menu komplit yang perlu waktu dibuat dan juga lebih mahal.

6. Menu dan Harga

Menu merakyat dijual dengan harga murah meriah dan tentu menarik perhatian banyak orang. Hal ini berarti Anda harus memperhatikan waktu yang dibutuhkan untuk memasak cepat tapi tetap enak. Pikirkan juga bagaimana dapat memotong waktu masak sehingga pelanggan tidak terlalu lama menunggu.

Bisnis angkringan sangat mengandalkan kualitas dan kecepatan. Jadi, jangan korbankan salah satunya karena dapat membuat pembeli mempertimbangkan ulang keputusannya untuk makan – minum di tempat Anda. Layani semua dengan baik dengan membuat menu dan harga yang pantas.

7. Menjaga Kebersihan

Usaha angkringan gaul paling sering ditemukan di pinggir jalan yang mudah diakses. Penting ketika membuka usaha kuliner di area yang perlu bongkar pasang adalah menjaga kebersihan. Mulai dari makanan dan minuman yang disajikan, pegawai sampai kenyamanan tempat. Semua perlu dipastikan dalam kondisi bersih dan rapi.

Anda dapat memakai modal bisnis angkringan untuk menu atau sewa tempat, tapi perlu juga untuk kebersihan. Seringkali biaya sewa juga termasuk harga kebersihan. Jadi, yang Anda perlu lakukan adalah kebiasaan bebersih pada semua pegawai dan juga tukang masaknya.

8. Kemasan

Perhatikan piring, mangkuk atau kotak yang Anda gunakan baik untuk makanan yang dimakan di tempat atau dibawa pulang. Anda bisa sekaligus berpromosi bila membuat kemasan menarik baik pada kantong plastik atau kotak karton sebagai kemasan makanan yang dibawa pulang.

Anda dapat mengalokasikan modal bisnis angkringan untuk membuat logo atau tulisan pada kemasannya. Secara tidak langsung ini adalah bagian dari marketing yang tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Coba untuk menyisihkan modal usaha untuk mensosialisasikan merk dan juga usaha angkringan yang sedang Anda jalani.

9. Melayani Dengan Ramah

Modal tiap usaha selain berbentuk uang adalah ramah-tamah. Anda perlu menjalin hubungan dengan konsumen sehingga mereka akan selalu kembali ketempat Anda. Coba untuk mengingat nama-nama pelanggan tetap dan siapa mereka terlebih dahulu. Cari ini akan membuat siapapun nyaman dan tertarik berlama-lama di angkringan mu.

Komplain atau permintaan pelanggan perlu dilaksanakan dengan baik. Walau Anda merasa tidak salah atau ada kesalah pahaman, tangani semua dengan senyuman dan tanpa emosi. Jadi, Anda dapat menangani krisis dengan baik dan mendukung dari dalam perusahaan.

10. Manfaatkan Sosial Media

Tempat nongkrong tidak selalu di cafe atau restoran. Di Angkringan yang nyaman dan keren juga bisa. Manfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram dan Tik Tok agar orang-orang mengetahui usaha Anda. Jadi, promosi yang dilakukan bukan hanya pada warga setempat tapi lebih jauh lagi.

Orang bisa datang jauh-jauh dari kota lain hanya karena mendengar atau membaca tentang angkringan yang terkenal karena menunya yang enak atau atmosfernya yang nyaman. Memanfaatkan media bahkan bisa dilakukan secara gratis tanpa harus beriklan atau menyewa jasa influencer.

Baca Juga:

Itulah tips memakai modal bisnis angkringan secara optimal untuk memastikan usaha yang dirintis bisa sukses dan berkelanjutan. Angkringan adalah pilihan terjangkau baik untuk sekedar nongkrong sekaligus makan – minum.

Perhatikan bahasa di atas ketika Anda akan membuka bisnis angkringan sendiri. Peluang usaha ini sangat prospek untuk bisa dikembangkan bahkan sampai membuka cabang-cabang, asalkan dijalani dengan serius, tentu bisnis angkringan dapat sukses.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.