Closeup image of office phone on a table

Cara Mengecek Pemilik Nomer Telepon, Penipu Atau Bukan?

Sekarang ini mengecek siapa sebenarnya pemilik nomer telepon yang tidak kita simpan sangatlah penting mengingat banyaknya penipu online baik itu dibidang jual beli online maupun penipuan dalam mencari pekerjaan atau penipuan lainnya.

Jadi setelah anda mendapatkan kabar baik misalkan dipanggil oleh sebuah perusahaan namun nomer telepon yang menghubungi anda terlihat meragukan, anda perlu mengecek siapa pemilik nomer tersebut.

Dalam dunia jual beli online pun demikian, sebelum anda bertransaksi kepada orang yang membuat anda ragu alangkah baiknya anda mengecek identitas orang tersebut dengan nomer telepon yang digunakan.

Bahkan cara ini bisa mencegah kita untuk menjadi korban modus penipuan yang mengatasnamakan keluarga atau lembaga lainnya.

Intinya anda bisa mengintip siapa sebenarnya pemilik nomer telepon yang menghubungi anda. Apakah dia itu penipu atau bukan?

Cara Mengecek Pemilik Nomer Telepon

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan namun kami hanya akan memberikan dua cara saja yang bisa anda lakukan secara gratis dan cara ini perlu anda lakukan secara online.

Mengecek Pemilik Nomer Telepon Menggunakan Truecaller

Mengetahui Pemilik Nomer Telepon

Mungkin sebagian kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Truecaller. Jadi dengan menggunakan Truecaller ini kita bisa melihat siapa nama dari nomer telepon yang menghubungi anda meskipun anda tidak pernah menyimpan nomer tersebut sebelumnya.

Cara Menggunakan Truecaller

  • Silahkan download aplikasi Truecaller di Google Play Store / App Store atau bisa langsung mengunjungi https://www.truecaller.com/
  • Login menggunakan email
  • Setting menjadi negara Indonesia atau +62
  • Tuliskan nomer telepon yang ingin anda lihat nama pemiliknya
  • Kemudian silahkan klik tombol ‘search’
  • Tunggu hasilnya dan anda akan melihat pemilik dari nomer tersebut

Kalau identitas yang muncul dari nomer tersebut adalah nama penipu maka bisa dipastikan anda sedang menjadi target untuk dijadikan korban penipuan.

Nomer Penipu

Kelemahan dari Truecaller adalah :

Bagi kami kelemahan dari Truecaller adalah yang muncul cuma satu nama saja. Jadi kalau penipu bisa mengubah namanya menjadi nama orang lain maka kita pun tidak akan tahu kalau dia adalah penipu.

Dan untuk mengatasi kelemahan ini kami menyarankan sebuah aplikasi yang mirip dengan Truecaller, yaitu Getcontact.

Cara Mengecek Pemilik Nomer Telepon Menggunakan Getcontact

Melihat Pemilik Nomer Telepon

Getcontact menurut kami lebih bisa menghasilkan banyak nama hanya dari sebuah nomer telepon seseorang. Jadi kita bisa tahu apakah nomer telepon yang menghubungi anda itu adalah penipu atau mantan penipu atau bukan.

Cara Menggunakan Getcontact

  • Unduh aplikasi Getcontact
  • Buka aplikasi Getcontact
  • Kemudian ikuti saja persetujuan yang diminta
  • Buat akun dengan mendaftarkan nomer telepon anda
  • Langsung saja tuliskan nomer telepon yang ingin anda lihat identitasnya pada kolom pencarian
  • Jangan lupa untuk menyetel ke negara Indonesia atau +62
  • Klik tombol cari dan tunggu sebentar untuk dimunculkan hasilnya

Hanya dengan satu nomer telepon hasilnya bisa lebih dari satu nama jadi dengan ini anda bisa menilai pemilik nomer telepon tersebut apakah bisa dipercaya atau tidak.

Setelah kami mencoba mengecek identitas nomer telepon perusahaan menggunakan aplikasi Getcontant maka hasilnya sebagai berikut :

Mengecek Nomer Telepon Perusahaan

Jika yang muncul dominan mencantumkan nama perusahaan maka tidak diragukan lagi itu adalah nomer dari perusahaan. Jadi kalau anda melamar kerja melalui online dan mendapatkan panggilan baik melalui telepon / SMS / WhatsApps, dari pada penasaran lebih baik anda mengintip identitas pengirim pesan tersebut menggunakan aplikasi Getcontact.

Dan kalau setelah dicek tapi yang muncul ada nama penipu, itu berarti ada orang yang pernah tertipu atau mengetahui bahwa pemilik nomer tersebut adalah penipu.

Mengecek Nomer Telepon Penipu

Ketika anda sudah tahu bahwa dia adalah penipu maka jangan sekali – kali semakin tertipu dengannya. Kalau bisa ingatkan teman yang lain juga.

Baca Juga : 8 Ciri-Ciri Panggilan Kerja Penipuan Yang Memakan Banyak Korban

Kelemahan dari Getcontact adalah :

Setelah kelemahan Truecaller bisa ditutupi dengan kelebihan dari Getcontact maka hal sebaliknya pun terjadi. Kelemahan Getcontact menurut kami adalah anda harus mendownload aplikasinya ke perangkat anda.

Jadi fitur Getcontact tidak bisa diakses menggunakan website seperti Truecaller.

Sayangnya kedua aplikasi ini tidak akan terlalu berpengaruh jika penipu menggunakan nomer telepon yang baru dan selalu gonta – ganti nomer telepon. Karena jika penipu selalu ganti nomer telepon maka riwayat data yang dikumpulkan oleh Truecaller dan Getcontact akan sangat kurang.

Baca Juga :

Jadi anda harus lebih berhati – hati lagi jika ingin berbelanja di sosial media karena kemungkinan masih banyak penipu yang berkeliaran dan dalam mencari pekerjaan online pun juga demikian.

Bahkan kalau perlu setiap anda ingin melakukan transaksi online dengan orang baru hal wajib yang harus anda lakukan adalah mengecek identitas pemilik nomer telepon tersebut.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.