6 Makanan Tradisional Paling Populer di Indonesia

Gado-gado Masakan Tradisional Indonesia
instagram.com/resepjajananpasar/

Maraknya restoran-restoran cepat saji yang menyajikan makanan-makanan modern, di Hal tersebut ternyata tidak serta merta bisa menggeser kesukaan warga masyarakat Indonesia akan makanan tradisional. Selain kaya akan daerah-daerah wisata, Indonesia juga memiliki banyak sekali jenis masakan-masakan tradisional dari suatu daerah tertentu.

Bahkan saat ini para wisatawan asing pun sangat menyukai berbagai masakan tradisional khas Indonesia. Namun ada beberapa masakan tradisional di Indonesia yang sangat populer bagi masyarakat. Berikut adalah masakan tradisional paling populer di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Makanan Tradisional Paling Populer

1. Gudeg

Gudeg Makanan Tradisional Yogyakarta
instagram.com/laurasblackpepper/

Gudeg adalah masakan khas Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah yang bahan utamanya tebuat dari buah nagka muda yang dimasak menggunakan santan kelapa disertai perpaduan bumbu rempah lainnya.

Pada umumnya gudeg ini berwarna coklat yang biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan dengan masakan tersebut. Rasanya pun khas dan dsangat nikmat.

Saat ini Gudeg sendiri juga merupakan istilah yang melekat dengan kota yogyakarta. Seringkali orang-orang menyebut kota yogyakarta sebagai kota gudeg.

2. Rawon

Masakan Tradisional Rawon
instagram.com/irmadesmayanti/

Jika anda berkunjung daerah jawa timur maka masakan ini sangat identik dengan daerah tersebut, jika yogyakarta sangat identik dengan gudegnya maka jawa timur juga memiliki masakan tradisionalnya sendiri yaitu Rawon.

Rawon adalah makanan tradisional berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Citarasa yang dimiliki sangat khas sehingga banyak orang yang suka dengan masakan ini.

3. Rendang

Rendang Enak
instagram.com/sukmawati_rs/

Jika anda suka masakan padang pasti tidak asing dengan menu ini. Rendang adalah masakan daging yang berasal dari daerah mingangkabau. Masakan ini dilakukan melalui proses memasak dengan suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka bumbu-bumbu rempah dan santan.

Proses memasak masakan ini memakan waktu yang lama, sampai berjam-jam sampai yang tertinggal hanya beberapa potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak.

Masakan rendang ini saat ini tidak hanya populer di Indonesia saja, saat ini masakan rendang sudah populer di kalangan wisatawan asing.

Baca Juga :

4. Sate

Sate Bisa itemukan dimana-mana
instagram.com/food0ki/

Makanan ini berupa daging yang dipotog kecil-kecil dan di tusuk menggunakan potongan bambu seukuran lidi dan kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu.

Di Indonesia daging yang digunakan dalam membuat sate adalah daging ayam, daging kambing, dan daging sapi.

Bumbu-bumbu yang di gunakan saat mengolah masakan ini sangat bervariasi sehingga menu yang di berikan juga beraneka ragam.

5. Soto

Soto Banyak disukai Banyak Orang
instagram.com/ichasavitry/

Masakan ini merupakan makanan tradisional Indonesia yang mirip seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang seringkali digunakan dalam memasak masakan ini adalah daging sapi dan daging ayam.

Namun soto memiliki jenis yang berbeda-beda dengan bumbu-bumbu yang berbeda juga, Bahkan masakan soto juga identik dengan daerah tertentu, seperti Soto Kudus, Soto Lamongan, Soto Betawi, Soto Boyolali, Soto Klaten dan masih banyak lagi. Lain daerah lain lagi rasanya.

6. Gado-gado

Gado-gado Masakan Tradisional Indonesia
instagram.com/resepjajananpasar/

Masakan tradisional ini seringkali disebut saladnya Indonesia, ya karena bahan utama dari masakan ini adalah sayuran hijau.

Gado-gado merupakan masakan tradisional yang berasal dari indonesia yang berbahan sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang yang dihaluskan disertai dengan irisan telur dam kentang rebus.

Masakan ini sangat di gemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan tertentu.

Itulah beberapa makanan tradisional yang paling populer di Indonesia. Selamat menikmati.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.