5 Rekomendasi Masakan Manado Paling Diminati

Nasi Kuning Manado

Jika kita berbicara mengenai Provinsi Sulawesi Utara maka tidak akan lepas dengan Daerah yang bernama Kota Manado. Manado merupakan Ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara dan merupakan salah satu kota menarik oleh wisatawan lokal, Kota Manado ini juga seringkali mempunyai wisatawan asing karena memiliki tempat-tempat wisata yang indah.

Selain memiliki tempat wisata yang menarik Kota Manado juga memiliki cita rasa masakan khas yang bisa anda cicipi kapanpun ketika anda berkunjung ke Ibukota Sulawesi Utara ini. Berikut rekomendasi Masakan Manado yang bisa anda nikmati.

Bacaan Lainnya

Rekomendasi Masakan Manado

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi masakan Manado yang bisa anda cicipi saat berkunjung ke Manado atau anda bisa belajar cara membuatnya kemudian mempraktekkan sendiri di rumah.

Ikan Cakalang FUFU

Masakan Khas Manado Ikan Cakalang Fufu

Dari nama menunya tentunya anda sudah tau bahwa menu tersebut merupakan menu olahan Ikan yang bernama Ikan Cakalang. Dan kata FUFU di atas berarti pengasapan. Karena proses pengolahan ikan tersebut melalui tahapan pengasapan maka menu Ikan Cakalang tersebut begitu familiar dengan sebutan Ikan Cakalang FUFU.

Sebelum dimakan Ikan Cakalang FUFU harus di goreng atau dipanaskan terlebih dahulu. Jika Ikan Cakalang FUFU sudah siap, anda bisa memakannya dengan nasi dan sambal minahasa dabu-dabu.

Tinutuan

Bubur Khas Manado

Makanan yang bernama Tinutuan juga merupakan menu masakan manado yang paling diminati, Dari bentuknya masakan ini mirip dengan bubur dan Tinutuan merupakan bubur khas manado.

Tinutuan terbuat dari campuran berbagai sayuran hijau dan tidak mengandung daging, dan ditambahi labu kuning. Tinutuan sendiri merupakan hidangan khusus sarapan orang manado pada pagi hari.

Ikan Woku Belanga

Ikan Woku Belanga

Selain Ikan Cakalang Fufu kota manado juga memiliki menu masakan ikan lainnya. Ya, namanya adalah Ikan Woku Belanga. Nama Woku diambil dari nama daun woka yaitu sejenis daun lontar yang bisa dipakai untuk bungkus nasi.

Woku merupakan pengolahan ikan menggunakan campuran rempah dan bumbu khas kota manado. Dengan menggunakan bumbu yang pas maka akan menghasilkan cita rasa yang nikmat. Perpaduan bumbu dan rempah dengan ikan segar yang benar merupakan kunci dari kenikmatan menu masakan tersebut.

Nasi Kuning Khas Manado

Nasi Kuning Manado

Saat anda berkunjung ke kota manado sangat tidak afdol jika tidak mencicipi menu nasi kuning manado. Memang jika dilihat dari teksturnya sama seperti nasi kuning pada umumnya. Akan tetapi nasi kuning manado sendiri sudah menjadi ciri khas dari kota manado sendiri.

Menu nasi kuning pada umumnya sering kita temui pada acara-acara tertentu. Tetapi di kota manado anda bisa menikmati menu tersebut kapan saja tanpa harus menunggu ada acara tertentu. Dan pada penyajiannya pun berbeda dengan nasi kuning pada umumnya.

Di kota manado jika anda mau membungkus nasi kuning untuk di bawa pulang bungkus yang di gunakan menggunakan daun lontar ditambah lagi lauk yang digunakan menggunakan ikan cakalang, tentunya akan semakin menambah kenikmatan dari masakan tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Desain Promosi Produk Online dengan Mudah dan Gratis

Pisang Goreng dan Sambal Roa

Pisang Goreng Sambel Roa

Jika mendengar kata pisang goreng biasanya disajikan dengan rasa manis dan sedikit gurih namun hal tersebut berbeda denga Pisang Goreng khas manado. Bagi warga Sulawesi utara, penyajian menu pisang goreng harus ditambah dengan menggunakan sambal roa atau sambal yang terbuat dari ikan asap roa, cabai rawit dan bawang merah.

Pisang yang digunakan dalam menu ini menggunakan pisang goroho yaitu jenis pisang yang sering ditemui di daerah Sulawesi. Menu Pisang Goreng Sambal Roaini sangat pas disajikan untuk cemilan sore hari.

Itulah rekomendasi masakan manado yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.