gatal

Terkena Gatal di Perantauan? Perhatikan Kebiasaan Anda

Gatal pada kulit adalah sesuatu yang sangat menganggu dan nyebelin bahkan kalau tidak segera ditangani dengan benar, bisa – bisa malah menjadi semakin parah.

Jika sebelumnya anda jarang terkena gatal kemudian setelah merantau anda merasa sering gatal – gatal, mungkin ada yang kurang tepat dari kebiasaan anda.

Beberapa orang memang mengalami rasa gatal – gatal setelah mereka mencoba tinggal sendiri. Dikarenakan mereka jauh dari orang tua yang biasa merawat kebersihan isi rumah.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang mungkin jarang anda sadari yang bisa membuat anda mengalami gatal – gatal.

Kebiasaan Yang Menjadi Penyebab Terkena Gatal

gatal

#Jarang Mandi

Idealnya seseorang itu mandi 2 kali dalam sehari, namun terkadang memang ada seseorang yang malas mandi sehingga orang tersebut jarang sekali untuk mandi.

Perlu untuk anda ketahui kebiasaan jarang mandi ini mempunyai beberapa dampak buruk dimana salah satunya adalah bisa mengakibatkan gatal pada tubuh.

Jadi meskipun anda benar – benar sibuk usahakan untuk selalu memperhatikan kebersihan tubuh anda dengan cara mandi secara teratur dan bersih.

#Tidak Menggunakan Sabun Pribadi

Kebiasaan ini biasanya dilakukan oleh anak kost yang baru pertama kali merantau atau orang yang sedang liburan dimana mereka mempunyai kebiasaan mandi dengan meminjam sabun milik orang lain.

Mandi dengan menggunakan sabun milik orang lain sebenarnya tidak terlalu masalah jika sabun yang digunakan adalah sabun cair. Tapi kalau anda menggunakan sabun batang milik orang lain resiko tertular gatal bisa saja terjadi.

Untuk itulah untuk urusan mandi anda perlu mempunyai sabun sendiri dan usahakan yang cair untuk menghindari penularan penyakit kulit.

#Jarang Menganti Pakaian

Meskipun sudah sering mandi tapi kalau anda jarang ganti pakaian maka masih ada kemungkinan untuk terkena gatal.

Dan kebiasaan seperti ini masih banyak dilakukan oleh orang – orang yang sedang merantau apalagi untuk mereka yang malas untuk mencuci pakaian.

Sebab jika anda jarang mengganti pakaian, keringat dan bakteri yang berkumpul di pakaian yang sudah dipakai sebelumnya bisa mengakibatkan rasa gatal pada tubuh.

#Makan Sembarangan

Jika di rumah biasanya anda mendapatkan makanan yang berkualitas dari orang tua maka setelah merantau anda akan merasakan makan di tempat umum.

Dan saat itulah anda tidak boleh memilih makanan yang sembarangan begitu saja sebab jika anda salah pilih makanan bisa – bisa malah mengakibatkan gatal pada tubuh.

Salah satu makanan yang dipercaya mampu membuat gatal adalah udang. Namun alergi seseorang terhadap makanan mungkin berbeda – beda.

Baca Juga :

#Tidak Pernah Membersihkan Tempat Tidur

Tempat tidur yang tidak pernah dibersihkan bisa saja mengakibatkan gatal pada tubuh karena ada tungau kasur tanpa anda sadari pada kasur yang anda gunakan untuk tidur.

Tungau kasur bisa mengakibatkan beberapa penyakit dan salah satunya adalah gatal. Untuk itulah selain membersihkan tubuh anda juga perlu memperhatikan tempat tidur anda.

Paling tidak seminggu sekali anda perlu mengganti sprei dan sarung bantal agar tidak ada tungau kasur yang bisa menjadi penyebab gatal.

#Kelamaan Mandi Dengan Air Hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat memang menenangkan pikiran tapi kalau kelamaan berendam menggunakan air hangat malah bisa mengakibatkan kulit kering yang dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit.

Meskipun rasa lelah hilang setelah mandi menggunakan air hangat tapi kalau berendam terlalu lama menggunakan air hangat beresiko mengalami kekeringan pada kulit.

#Mandi Dengan Air Kotor

Mandi adalah kegiatan membersihkan diri yang baik untuk dilakukan setiap hari tapi kalau menggunakan air yang kotor bisa – bisa malah tubuh anda terkena gatal – gatal setelah mandi.

Jika air di kost atau di rumah sedang kotor sebaiknya jangan nekat mandi dengan air tersebut. Carilah air bersih untuk mandi agar tidak terkena penyakit kulit dan gatal.

Memang terkadang penyebab terkena gatal hanya karena hal – hal sepele dimana masih banyak orang yang mengabaikannya. Namun kalau kita tidak malas menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan pastinya kita bisa terhindar dari gatal – gatal.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.